Sukses

10 Menu Camilan Sehat Tantri Kotak, Pas untuk Diet dan Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Tantri Syalindri, vokalis Band Kotak, berhasil menurunkan berat badan sebanyak 24 kilogram (kg). Usaha wanita yang lebih dikenal dengan nama Tantri Kotak ini untuk menurunkan berat badan sempat viral beberapa waktu lalu karena ia membagikan informasi tersebut di media sosial.

Awalnya, ia mengaku pernah memiliki berat badan berlebih, terutama setelah melahirkan dan menjadi seorang ibu.  Saat itu, ia belum begitu perhatian soal pola makan, sehingga masih cenderung sembarangan mengkonsumsi makanan apa saja yang menurutnya lezat.

Ketika ia merasa berat badannya sudah naik terlalu banyak, ibu dua anak ini pun memilih berdiet sesuai anjuran dokter ahli gizi. Selain diet, menurut Tantri, penting pula untuk melengkapinya dengan olahraga sehingga hasilnya lebih maksimal.

Diet ini dijalani Tantri dengan mengonsumsi aneka makanan utuh yang berasal dari alam. "Tapi secara garis besar, mulai saat ini habit jajan sembarangan kita kurangin dan ganti dengan masak di rumah, yang jauh lebih sehat!" jelas Tantri di akun Instagram pribadinya.

Walaupun sedang diet, Tantri mengaku masih sering ngemil. Dengan mengonsumsi camilan yang sehat dan dengan porsi sewajarnya saat diet, dipercaya lebih baik dibandingkan membiarkan perut jadi sangat lapar.

Apa saja camilan yang biasa disantap Tantri saat sedang menjalani diet? Dilansir dari akun Instagram miliknya dan sejumlah sumber lainnya, berikut 10 camilan sehat yang dikonsumsi Tantri Kotak saat menjalani diet ala Tantri Kotak, BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Rabu (23/11).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Kacang-kacangan

Tantri mengaku tak punya pantangan ngemil kacang-kacangan saat sedang menjalankan diet karena kacang merupakan makanan utuh. Dilansir dari webmd.com, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kacang mengandung serat dan protein, sehingga bisa bikin seseorang kenyang lebih lama dan berat badan tetap stabil bahkan bisa turun.

2. Sayur dan Salad

Jika di waktu-waktu tertentu di luar jam makannya tapi ia merasa lapar, Tantri biasanya akan mengonsumsi aneka jenis sayur maupun salad. Salad sayur tak hanya rendah kalori, tapi juga kaya akan air, serat, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan."Nah di antara jam makan itu kalau laper ya aku makanin/cemilin sayur," jelas Tantri di Instagram storiesnya.

3. Manisan mangga

Tantri juga kerap menyantap aneka manisan buah, salah satunya mangga. Dilansir dari healthline.com, satu buah mangga tetap aman dikonsumsi saat diet walaupun disebut-sebut punya kalori yang tinggi. Agar dapat mengonsumsinya, bisa atur porsi mangga biar tidak melebihi kebutuhan kalori harian saat diet.

Yang perlu Anda waspadai adalah menghindari mengonsumsinya sebagai shake atau smoothie. Karena komposisi nutrisinya yang kaya, mangga tidak hanya aman, tapi juga disarankan untuk pengidap diabetes dan obesitas.

3 dari 4 halaman

4. Buah-buahan

Selain sayur, Tantri juga sering makan aneka jenis buah yang ada di rumah saat ia ingin ngemil. Salah satunya adalah buah punya kalori yang rendah dan serat yang tinggi buat bantu diet penurunan berat badan. Buah juga bisa jadi pengganti lebih sehat saat ingin makan aneka kue dan camilan manis yang tinggi gula.

5. Smoothies

Smoothies sering jadi menu sarapan atau sekadar jadi camilan sore hari buat Tantri Kotak. Mengonsumsi smoothies terbukti bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Bahkan, smoothies bisa memberi manfaat lain untuk tubuh seperti energi, kondisi kulit lebih bagus, pencernaan sehat, dan lain sebagainya.

6. Roti gandum

Selama diet, Tantri memang menghindari olahan tepung seperti roti. Sebagai gantinya, ia kerap memilih roti gandum. Roti gandum ini jauh lebih sehat dibanding roti putih karena punya nutrisi karbohidrat kompleks yang mengenyangkan. Dengan mengonsumsi roti gandum, wanita berusia 33 tahun ini bisa mencegah nafsu makan berlebih.

7. Biji-bijian

Makanan utuh lainnya yang kerap jadi camilan Tantri adalah biji-bijian. Contoh biji-bijian yang bisa jadi camilan lezat adalah chia seed, kuaci, flax seeds, dan masih banyak lagi.Biji-bijian mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega-3, serat, vitamin, mineral, dan protein yang bisa bantu seimbangkan hormon dan menurunkan berat badan secara alami.

4 dari 4 halaman

8. Tahu

Tantri juga tidak pantang makan tahu goreng. Ia tetap bisa mengonsumsi tahu yang digoreng asalkan dimasak dengan air fryer maupun minyak yang bebas lemak jenuh.

"Makanannya ya harus sehat! Real food, bukan makanan olahan pabrik. Sebisa mungkin makan masakan sendiri karena kita tahu bagaimana pengolahan dan bahannya," tutur istri dari Arda Naff ini.  Tahu bisa jadi camilan sehat yang mengenyangkan karena makanan ini rendah kalori serta tinggi protein dan karbohidrat.

9. Jagung

Tantri juga kerap mengonsumsi jagung tak hanya sebagai pengganti nasi, tapi juga camilan sehari-hari. Jagung bagus buat diet karena kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Bahkan, jagung juga bisa bikin pencernaan lebih lancar.

10. Ubi

Ubi, baik dipanggang maupun dikukus, juga sering jadi camilan Tantri Kotak. Ubi kaya akan serat, rendah kalori, kaya akan air, dan kadar glikemiknya rendah. Makanan ini tak hanya bagus dikonsumsi buat mereka yang sedang diet, tapi juga penderita diabetes, obesitas, dan masih banyak lagi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS