Sukses

Sosok Erika Choperena, Istri Antoine Griezmann yang Jarang Terekspos

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan para personel tim nasional (timnas) di Piala Dunia Qatar 2022 tentu tidak lepas dari dukungan orang terdekat, dalam hal ini istri maupun kekasih mereka. Salah satunya adalah Erika Choperena, istri dari Antoine Griezmann yang merupakan penyerang timnas Prancis.

Bentuk dukungan ini diperlihatkan Choperena melalui unggahan di akun Instagram-nya. Di sana, ia tampak memberi semangat sembari memperlihatkan potret dua buah hati mereka memakai seragam timnas Prancis.

Terlepas dari itu, Erika Choperena sebenarnya merupakan sosok yang tidak terlalu sering terekspos. Melansir The Sun, Minggu (27/11/2022), perempuan berdarah Spanyol yang tidak selalu datang langsung mendukung suaminya itu memang lebih memilih tidak menonjolkan diri dan menghindari paparazzi.

Berkenalan lebih dekat dengannya, Choperena  adalah psikolog anak yang memenuhi syarat setelah menyelesaikan studinya di San Sebastian, Spanyol. Ia sempat punya blog kecantikan populer bernama Cordialmente Erika, tapi itu dinonaktifkan setelah hubungannya dengan Griezmann dipublikasikan.

Semula, para penggemar bahkan tidak dapat menemukannya di Instagram. Soal pertemuan mereka, diceritakan bahwa Griezmann meninggalkan rumahnya di Prancis untuk mengejar mimpinya jadi pesepakbola di Spanyol pada usia 13 tahun.

Tidak lama setelah menandatangani kontrak pertamanya dengan Real Sociedad, bintang sepak bola itu bertemu dengan Choperena. Dalam otobiografinya, Griezmann mengaku mengejar Choperena sebelum ia akhirnya setuju berkencan.

Pasangan itu akhirnya menikah dalam upacara tertutup di Toledo di Palacio de Galiana abad ke-11. Choperena melahirkan anak pertama mereka pada April 2016, bernama Mia Griezmann, disusul anak kedua, Amaro, tiga tahun kemudian. Awal tahun ini, pasangan itu dikaruniai anak ketiga yang lahir di tanggal yang sama dan diberi nama Alba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Antoine Griezmann

Dalam sebuah wawancara, Antoine Griezmann mengatakan betapa penting keluarganya berbicara dalam bahasa Spanyol dan Prancis, merepresentasi bahasa ibu dari pasangan itu. Sementara, dalam karier profesionalnya, pesepak bola kelahiran 21 Maret 1991 ini dikenal bermain sebagai penyerang tengah atau gelandang serang, lapor Sports Lumo.

Karier senior Griezmann dimulai dengan bermain untuk Real Sociedad pada 2009, di mana ia bermain dalam 180 pertandingan dan mencetak 46 gol. Pada 2014, Griezmann pergi ke Atletico Madrid dan bermain di sana selama lima tahun sebelum menandatangani kontrak dengan Barcelona.

Ia tercatat tampil luar biasa untuk tim asuhan Diego Simeone dengan 133 gol dalam 257 penampilan. Barcelona membayar klausul pelepasan Griezmann sebesar 120 juta euro dan mengumumkannya sebagai pemain Barcelona pada 12 Juli 2019.

Ia memenangkan gelar pertamanya dalam seragam Barcelona ketika mencetak gol indah dalam kemenangan 4-0 atas Athletic Bilbao di Copa del Rey Final 2021. Griezmann mencetak 35 gol untuk Barcelona dalam 102 penampilan dan kembali ke Atletico Madrid.

3 dari 4 halaman

Aset Penting

Terlepas dari karier klub yang cemerlang di Liga Spanyol, Antoine Griezmann merupakan aset penting bagi timnas Prancis. Ia tercatat telah memainkan lebih dari 100 pertandingan dan mencetak 42 gol untuk negaranya.

Di Euro 2016, Griezmann adalah pemenang Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak turnamen. Di Final Piala Dunia 2018 yang dimenangkan Prancis setelah mengalahkan Kroasia, Griezmann juga sedang dalam performa terbaiknya.

Ia dinobatkan sebagai Man of the Match dan memiliki hak istimewa untuk memegang Piala Dunia di usia yang begitu muda. Perjalanan mereka di Piala Dunia Qatar 2022 pun tampaknya tidak kalah cemerlang.

Melansir The Athletic, Prancis mengalahkan Denmark berkat dua gol Kylian Mbappe kemarin, Sabtu, 26 November 2022. Kemenangan ini membuat mereka jadi tim pertama yang meraih tempat di babak 16 besar.

Andreas Christensen menyamakan kedudukan tujuh menit setelah gol pembuka Mbappe, tapi sentuhan klinis bintang Prancis itu kembali terlihat saat ia melepaskan umpan silang Griezmann melewati Kasper Schmeichel untuk gol penentu kemenangan.

4 dari 4 halaman

Penampilan di Piala Dunia 2022

Setelah mencetak empat gol selama kemenangan Prancis pada 2018 dan satu melawan Australia, Mbappe sekarang memiliki tujuh gol dalam sembilan penampilan Piala Dunia, lapor Al Jazeera.

Didier Deschamps sekarang memiliki kemewahan memimpin timnya ke pertandingan grup terakhir mereka melawan Tunisia, mengetahui hasil imbang akan menjamin mereka posisi teratas. Bahkan, kekalahan tidak mencegah mereka untuk finis pertama.

Setelah bangkit kembali untuk mengalahkan Australia 4-1 dalam pertandingan pembuka mereka di Qatar, Prancis lebih banyak membuang waktu di depan gawang pada kesempatan ini. Tapi, setidaknya mereka tidak kalah melawan lawan yang telah menyebabkan masalah bagi mereka sebelumnya.

Mereka jadi juara bertahan ketika kekalahan dari Denmark membuat mereka tersingkir dari Piala Dunia 2002, sementara kedua tim bermain imbang tanpa gol pada 2018. Baru-baru ini, tim asuhan Kasper Hjulmand mengalahkan Prancis di kandang dan tandang di UEFA Nations League 2022, meski Deschamps tampaknya telah memetik pelajaran dari dua pertemuan tersebut.

Deschamps mengganti tiga dari empat beknya, dengan Theo Hernandez di bek kiri menggantikan kakak laki-lakinya yang cedera, Lucas, dan Raphael Varane masuk untuk pertandingan pertamanya dalam lebih dari sebulan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS