Sukses

Viral Video Cinta Ditolak 3 Kali tapi Jodoh di Pelaminan

Seorang pria Malaysia menceritakan kisah cintanya ditolak tiga kali namun akhirnya bersatu dengan wanita pujaan hatinya itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pepatah kalau jodoh tak akan kemana seolah dibuktikan seorang pria asal Malaysia yang akhirnya bisa mempersunting wanita pujaan hatinya pada 28 Oktober 2022 lalu. Namun sebelum sampai pelaminan cintanya sempat ditolak hingga tiga kali.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah video viral di TikTok yang kini sudah ditonton hampir 300 ribu kali. Guru yang akrab disapa Akmal itu menceritakan bagaimana kisah ia dan istrinya bertemu.

Muhamad Zulakmal Zaidi (26) pertama kali bertemu dengan Nurul Aisyah Ahmad Kamal (25) bertemu pada 2015 silam saat sama-sama berstatus mahasiswa di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Selagor, Malaysia.

"Istri saya adalah junior ketika saya belajar di fakultas pendidikan UiTM Shah Alam. Saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Setelah mengenal satu sama lain selama dua bulan, saya mencoba untuk mengaku. Saat itu, dia menolak, dia mengatakan itu terlalu lebih awal.," beber Akmal.

Tetapi lama-kelamaan ia tetap dekat, lantaran Akmal adalah seorang mentor, sementara wanita yang kini sudah jadi istrinya itu banyak bertanya kepadanya tentang masalah belajar hingga selalu kontak setiap hari. "Tapi kedua kalinya aku mengaku, itu masih alasan yang sama. Dia bilang dia belum siap. Dia juga memiliki hati yang dekat dengan orang lain," ceritanya.

Di tahun yang sama, Akmal mengaku untuk ketiga kalinya. "Dia masih suka dan sayang sama orang lain," kenang Akmal bercerita lebih lanjut tentang tahun pertama perkenalan mereka.

"Setelah cinta ditolak tiga kali, saya putus asa... cuma anggap saya teman dan pendengar masalah," ungkap Akmal dalam video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Menyerah

Meski cintanya ditolak hingga tiga kali, Akmal yang berasal dari Terengganu tetap bersahabat dengan wanita tersebut, dan menjadi pendengar setia hingga menyelesaikan studinya di UiTM. Akmal mengingat kejadian tak terduga terjadi saat mereka makan malam bersama, sehingga menjadi titik awal menuju hubungan yang lebih serius di tahun 2016.

Selama ujian akhir semester, dia sedih tentang hubungannya dengan seorang pria, jadi saya mengejutkannya dengan mengajaknya makan malam. "Saya mengatur meja, saya membeli dua mawar, membuat pizza dan makanan penutup. Saya meminta penjaga toko untuk menulis sesuatu di piring makanan penutup, menulis kalimat yang mengatakan semua yang terbaik untuk masa depannya," ungkapnya.

Tapi ada kesalahan, penjaga toko menulis selamat peringatan ulang tahun pertama, mereka berdua terkejut ketika makanan penutup dibawa ke meja. "lalu staf datang, katanya salah tulis, tapi dia menangis sambil tersenyum, karena mendapat bunga dan kejutan dari saya. lalu dia mengatakan bahwa dia sebenarnya menyukai saya ketika kami pertama kali bertemu," katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Titik Balik

Selanjutnya di momen tersebut, wanita yang kini jadi istrinya itu juga mengambil ponselnya dan menulis sesuatu di notepad. "Dia bilang aku pria terhormat setelah ayahnya. Dia tidak pernah mendapat bunga atau diajak makan malam hanya untuk membuatnya bahagia," lanjutnya.

Jadi sejak itu mereka pun pacaran dari tahun 2016 sampai 2020. Pasangan ini sempat putus tapi berbaikan lagi akhir tahun 2020.

Mengomentari video viral di TikTok, Akmal menyebut banyak warganet yang meninggalkan pesan ucapan selamat, tak terkecuali yang meminta tips romantisme setelah sukses bersatul meski cinta ditolak tiga kali. "Saya sebenarnya ingin menunjukkan persahabatan saya dengan teman-teman saya di video pernikahan. Saya ingin menyimpan momen di mana teman laki-laki saya juga menangis saat upacara," kata Akmal.

"Alhamdulillah saya bersyukur melihat komentar-komentar tersebut, banyak yang mendoakan saya walaupun tidak saling kenal," ungkapnya lagi.

Mengenai Akmal, ia merupakan guru mata pelajaran Sejarah. Tapi ia juga aktif membuat pertunjukan sebagai pemain biola sejak 2016. Menurut Akmal ia sering menerima undangan untuk mengisi pertunjukan dalam berbagai acara dan menjadikannya pekerjaan sampingan. 

4 dari 4 halaman

Menyikapi Cinta Ditolak

Ditolak merupakan kejadian yang tak mengenakan dan membuat suasana hati sulit. Hal itu bisa membuat Anda sedih, terluka, terkejut, bahkan marah. 

Umumnya kejadian ditolak jarang terasa menyenangkan. Apalagi yang ditolak itu urusannya dengan cinta.

Jadi bagaimana orang menghadapinya? Fakta berikut ini membagikan beberapa alat dan strategi untuk membantu Anda mempersiapkan diri, mengatasi, dan pulih dari penolakan.  Seperti dikutip dari kanal Citiizen melalui laman teenhealthsource, Minggu, 11 Januari 2022 berikut cara menyikapi jika cinta ditolak.

1. Luangkan waktu sendiri

Sebaiknya luangkan waktu sejenak dari seseorang yang sudah menolak Anda. Apabila itu menyakitkan atau jika merasa marah, ini bisa sangat penting agar tidak melakukan atau mengatakan sesuatu yang akan Anda sesali. Menyakiti mereka kembali mungkin terasa memuaskan saat ini, tetapi itu tidak akan membantu dalam jangka panjang.

2. Rasakan semua emosi

Tak ada cara yang tepat untuk merasakan ketika Anda telah ditolak. Beberapa orang merasa kecewa, sedih, marah, dan lain-lain.

Semua emosi itu valid. Ingat, merawat perasaan adalah tanggung jawab Anda. Tidak apa-apa untuk membutuhkan dukungan, tetapi pertimbangkan orang lain yang dapat Anda kunjungi alih-alih membuat orang yang menolak Anda berurusan dengan perasaan Anda.

3. Berada di lingkungan mendukung

Berada di sekitar orang-orang yang membuat Anda merasa baik dan peduli dengan Anda bisa sangat membantu. Hanya karena seseorang telah menolak Anda, bukan berarti tidak banyak orang lain yang menerima dirimu lagi. 

4. Jaga Diri

Anda sering membutuhkan istirahat untuk menyembuhkan rasa sakit fisik. Hal yang sama dapat dikatakan tentang rasa sakit karena penolakan, jadi manjakan diri Anda. Beberapa orang suka berolahraga, atau es krim, atau menonton film favorit mereka lakukan apa yang membuat Anda merasa lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.