Sukses

Potret Basboi Rapper Indonesia Mejeng di Toko Converse Polandia

Basboi mengumumkan keterlibatannya dalam kampanye koleksi musim dingin Converse pada Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Wajah Basboi, rapper Indonesia, terpasang di salah satu outlet Converse di Polandia. Hal itu dipamerkannya di akun Instagram pribadinya pada Jumat, 18 November 2022.

"Gapapa dikatain “rapper baru” dari pada dikatain rapper second mint condition (rapper lama). Lagian benar adanya kok saya ini rapper baru. Baru naik fotonya di toko-toko @converse di Warsaw, Polandia 🤪🤪. Kota dan negara lain nyusul yacc 😘😘😘," tulisnya di kolom keterangan.

Dalam foto tersebut, rapper bernama asli Baskara Rizqullah itu mengenakan kaus putih yang dilapisi kemeja bermotif, sweater rajut, dan jaket korduroi warna cokelat. Ia memadukannya dengan wash jeans panjang dan beanie berwarna fuschia. Tak lupa, sepatu kets putih melengkapi penampilannya yang sudah berwarna-warni.

Basboi sebelumnya terlibat dalam sesi pemotretan untuk koleksi musim dingin brand apparel asal Amerika Serikat itu. Lewat sebuah unggahan, Basboi menjelaskan pemotretan itu berlangsung di Paris sekitar Juni 2022. Ia tak sendiri, penyanyi R&B asal Kanada, Jon Vinyl ikut serta dalam sesi tersebut.

"Saat ini juga saya jadi bagian dari campaign worldwide untuk koleksi winter @converse . Sejak hari ini wajah saya ada di seluruh toko @converse hampir di seluruh dunia. Seluruh foto dan video di ambil di Paris oleh @converse . Just put my city on the map. A global one. Anak daerah jangan pernah gentar. Gas terus," tulisnya pada 25 Oktober 2022.

Dalam video kampanye, pria asal Kecamatan Sunggal, Medan itu juga sempat menjelaskan tentang musik yang dibuatnya. Ia mengaku lagu yang diciptakannya didasarkan pada cerita hidupnya sendiri. "Aku percaya ketika aku menuliskan cerita hidupnya yang sejujurnya, itu juga akan menggema (di pendengar)," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Basboi

Dilansir dari sejumlah sumber, Basboi lahir pada 13 Agustus 1997 yang mengawali karirnya sejak 2015. Ia merilis debut mini album berjudul Fresh Graduate pada Maret 2019. Kemudian pada Juni 2021, ia merilis album debutnya yang berjudul Adulting For Dummies.

Dikutip dari Fimela.com, ada 10 lagu di dalam album tersebut. Bismillah menjadi single andalan yang dibuatnya berkolaborasi dengan Kamga untuk membuat komposisi menarik bernuansa gospel. Single tersebut menceritakan realitas kehidupan masa kini yang cocok didengarkan kapan saja.

Basboi mengenal rap dan hip hop sejak kecil, sekitar 2005 hingga 2009, karena skena musik itu tumbuh subur di kota asalnya. Ia memulai karirnya sebagai rapper dengan bantuan seorang produser musik jazz/funk bernama Panji Wisnu. 

Sebelum menjadi rapper solo, ia lebih dulu bermusik dalam format band, terutama saat berkuliah di Unpad Jatinangor. Genre yang dibawakan bermuara pada musik rock, seperti punk, hardcore, dan rock alternatif, yang dipengaruhi musik band Red Hot Chili Peppers. Ia bahkan belajar nge-rap dengan menirukan gaya vokalis RHCP bernyanyi. Belakangan, ia memutuskan hijrah ke Jakarta untuk meluaskan karirnya karena komunitas rap dan hip hop di Jakarta dinilai punya basis yang lebih kuat.

3 dari 4 halaman

Film Seri

Di sisi lain, Converse meluncurkan kampanye multi-platform terbaru dengan menggandeng lebih darii 20 tokoh muda kreatif. Berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 15 November 2022, mereka yang terlibat saling berbagi visi artistik melalui 20 film pendek yang masing-masing berdurasi enam detik.

Tyler, The Creator terlibat dalam produksi musik eksekutif untuk kampanye berjudul 'Create Now. Create Next' itu. Tyler adalah rapper asal Amerika Serikat yang memenangkan Grammy untuk kategori album rap terbaik 2022. Ia bertugas menyusun playlist yang berisi 10 lagu dari kampanye tersebut dengan irama beragam, dari hip hop hingga K-pop.

"Kampanye ini bertujuan mendefinisi ulang kegiatan berkreasi bersama selain juga berfungsi sebagai media bagi mereka yang terlibat untuk dapat menunjukkan kepada banyak orang," demikian pernyataan resmi Converse.

Para pekerja kreatif yang terlibat ditantang untuk menyampaikan kisah dan mengekspresikan gairan mereka selama enam detik saja. Elemen-elemen itu lalu dijahit kembali agar penonton dapat merayakan kreativitas yang sudah mereka kenal dengan yang baru saja mereka temukan.

 

4 dari 4 halaman

Daftar yang Terlibat

Kampanye itu resmi diluncurkan pada 6 Oktober 2022 di berbagar platform media sosial dalam tayangan video berdurasi 6, 15, dan 20 detik, serta versi yang lebih panjang. Daftar mereka yang terlibat sebagai berikut:

·   Vince Staples - musisi dan aktor dari Long Beach, California 

·   Turnstile - band punk hardcore yang berbasis di Baltimore, Maryland 

·   A1 x J1 - Duo hip hop duo Inggris dari Coventry (A1) dan Gravesend, Kent (J1) 

·   Honey Dijon - DJ, produser, dan musisi elektronik asal Berlin 

·   Nyota Parker - musisi rapper, vokalis, dan penulis lagu dari Cape Town, South Africa yang sekarang tinggal di New York 

·   Indigo De Souza - penyanyi dan penulis lagu dari Asheville, North Carolina 

·   Lil Cherry - seniman dari Seoul, Miami, dan New York, terkenal kerap mendorong batasan-batasan K-pop dan hip hop 

·   Tom Yeti - musisi, seniman, dan pebisnis kreatif dari Hong Kong dan Shanghai 

·   Shai Gilgeous-Alexander - Pemain bola basket dari Kanada yang saat ini bermain untuk tim Oklahoma City Thunder 

·   Sage Elsesser - seniman, pemain papan luncur, produser rekaman, dan model yang lahir di Los Angeles dan saat ini tinggal di Brooklyn 

·   Milton Martinez - pemain papan luncur dan seorang ayah dari Argentina, tinggal di Oceanside, California 

·   Engy Saint-Ange - seniman dari Paris 

·   Serwah Attafuah - seniman multidisiplin dan musisi yang berbasis di Western Sydney, Australia 

·   Navinder Nangla - artis polymath dari Leeds yang kini tinggal di Northhamptonshire 

·   Reggieknow - pengarah gaya figur aksi, ilustrator, dan sutradara anime dari Chicago 

·   Thabang Ramphisa - aktor, penari, dan koreografer dari Johannesburg, Afrika Selatan 

·   Usha Jey - seniman dan koreografer dari Paris 

·   MC Tchelinho - seniman, penari, dan penyanyi dari Rio de Janeiro, Brasil 

·   Prince Gyasi - seniman dan fotografer dari Accra, Ghana 

·   Aidan Cullen - seniman, fotografer, dan pembuat film yang berbasis di Los Angeles 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.