Sukses

BTS Jadi Soal Ujian Bahasa Inggris di Sekolah, ARMY Tersenyum Senang

Liputan6.com, Jakarta - BTS kembali mencuri perhatian. Bukan karya atau program baru yang akan diikuti para member, melainkan cerita mereka dijadikan soal ujian Bahasa Inggris di sebuah sekolah di Malaysia.

Seorang ARMY membagikan rekaman gambar lembaran soal ujian itu lewat akun Twitternya, @@snowstar3012, pada 10 November 2022. "Soalan exam #trialspm 2022 kertas BI. Soalan pasal #BTS gaisss," cuitnya.

Dari lembar soal yang dibagikan, terlihat setidaknya tujuh pertanyaan diajukan seputar sejarah dan prestasi grup idol asal Korea Selatan tersebut. Tertulis pula di lembar soal tentang arahan untuk membaca artikel secara hati-hati agar bisa menjawab soal pilihan ganda itu dengan benar.

"Haku takyah baca paragraph dah. Jawab terus soalan. Jawab dgn girang HAHAHAHA (aku tak perlu baca artikel. Semua soal langsung dijawab. Jawab dengan senang hahahaha)," sambung ARMY Malaysia itu.

Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah soal berapa banyak penghargaan yang diraih BTS dalam artikel tersebut. Kemudian, mereka juga meminta siswa untuk memilih hal yang bukan capaian BTS selama berkarir sejak debut pada 2013 lalu.

Unggahan itu sontak viral di media sosial. Seorang warganet menduga guru Bahasa Inggris yang membuat soal ujian sebagai salah satu penggemar BTS. Ada pula yang mengeluhkan mengapa soal-soal seperti itu tak muncul saat ia masih bersekolah. 

"ARMY mesti bisa jawab benar walau menjawab sambil tidur. Kamu sangat beruntung. Semoga dimudahkan dalam menjawab semua soal SPM," tulis warganet berbeda, dikutip dari laman mStar, Jumat, 11 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Putuskan Ikut Wamil

Pada Senin sore, 17 Oktober 2022, Big Hit secara resmi mengumumkan bahwa para anggota BTS akan mengikuti wajib militer sesuai dengan rencana masing-masing. Grup beranggotakan tujuh orang itu bertekad menunaikan tugas negara.

"Kami mengumumkan hari ini bahwa para anggota BTS saat ini sedang bergerak maju dengan rencana untuk memenuhi wajib militer mereka," kata pihak manajemen dikutip dari Soompi.

"Setelah konser untuk mendukung upaya Busan menjadi tuan rumah World Expo 2030, dan saat setiap anggota memulai aktivitas solo, ini waktu yang tepat untuk para anggota BTS menjalani wajib militer," imbuhnya.

Dijelaskan oleh Big Hit, selama hampir 10 tahun debut, Jungkook dkk telah meraih kesuksesan yang besar di domestik maupun internasional. BTS juga terus menerus memecahkan rekor melalui karyanya. Kini, saatnya mereka menunaikan kewajiban sebagai warga negara Korea Selatan.

"Jin akan memulai proses wajib militernya segera setelah jadwal perilisan album solonya selesai pada akhir Oktober. Ia akan mengikuti prosedur pendaftaran pemerintah Korea (Selatan)," papar Big Hit.

3 dari 4 halaman

Musim Dingin

Jin BTS mengumumkan akan mengikuti wamil di musim dingin. Para ARMY pun terharu mengingat anggota tertua BTS itu diketahui tidak kuat berada di cuaca dingin.

"Aku awalnya berencana untuk mendaftar wamil pada Juni. Tapi, demi ARMY, aku menunggu hingga Oktober. Aku tidak ingin tampil dengan air mata ARMY. Maka, pengumuman pendaftaran wamil ditunda hingga selesai konser di Busan," ungkap Jin di siaran langsung pada 28 Oktober 2022.

Jin sempat bimbang antara memprioritaskan penggemar atau menjalankan tugas negara. Ia bisa saja memilih berangkat di musim panas karena lebih tahan di cuaca terik, daripada di cuaca dingin. Tapi bila itu yang dipilihnya, Jin tidak akan bisa tampil di hadapan penggemar saat konser di Busan pada 15 Oktober 2022.

Akhirnya, ia memilih memprioritaskan penggemarnya. Padahal, selama di konser tersebut, Jin mengaku penampilannya kurang maksimal karena 'sakit tenggorokan. Belakangan, ARMY mengetahui bahwa sakit tenggorokan yang dimaksud Jin adalah epiglotitis.

"Aku terjangkit epiglotitis beberapa waktu lalu. Maka dari itu, mohon maaf aku tidak bisa banyak berbicara kali ini," ujar Jin dalam video behind the scene pemotretan “The Astronaut”, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

 

4 dari 4 halaman

Debut Solo

Sebagai persembahan terakhir bagi ARMY sebelum ia fokus wamil, Jin meluncurkan single 'The Astronaut' beberapa waktu lalu. Lagu itu ditulis bersama oleh Coldplay dan anggota band juga dikreditkan untuk vokal latar, gitar, dan keyboard. Ia bahkan tampil bersama dengan grup asal Inggris itu di Argentina.

Stadium River Plate yang berkapasitas 70.074 orang menjadi saksi pertama kalinya lagu Jin dan Coldplay dibawakan.  Akun Twitter resmi BTS beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa Jin dan vokalis Coldplay Chris Martin akan berkolaborasi dalam lagu terbaru Jin. 

Pengumuman terbaru yang dirilis pada Kamis, 10 Oktober 2022, mengumumkan bahwa band rock asal Inggris ini akan tampil di tur dunia Music Of The Spheres bersama Jin BTS. Konser tersebut dilaksanakan pada 28 Oktober 2022 di Buenos Aires. Menurut Big Hit Entertainment, konser tersebut tidak akan disiarkan langsung secara online, tetapi video penampilan Jin diunggah pada 29 Oktober 2022 pukul 3 sore (KST) di Bangtan TV.

Sebelum ini, Coldplay juga telah berkolaborasi dengan BTS untuk lagu hits berjudul My Universe. Mereka juga sempat membawakannya secara langsung di konser Permission To Dance BTS di Los Angeles pada 2021 lalu. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS