Sukses

Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Keramas, Bisa Bikin Rambut Rusak!

Rambut paling rentan patah saat kondisi basah dan banyak kesalahan umum lainnya yang dapat memperparah kerusakan rambutmu, termasuk ketika keramas.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara keramas atau mencuci rambut yang benar seringkali luput dari perhatian. Padahal hal, tersebut bisa membuat perbedaan yang signifikan. Ketika seseorang melakukan kesalahan umum saat membilas rambut, ada dampak yang harus ditanggung.

Seperti diketahui, rambut paling rentan patah saat kondisi basah dan banyak kesalahan umum lainnya yang dapat memperparah kerusakan rambutmu, termasuk saat keramas. Mungkin terlihat sepele, namun jika kesalahan keramas tetap kamu lakukan jangan harap bisa mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau.

Dilansir dari The Health Site, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari saat keramas atau mencuci rambut. 

1. Terlalu Sering Keramas

Sampo dapat membersihkan rambut dan kamu mungkin tergoda untuk mencuci rambut setiap hari, tetapi disarankan kamu tidak melakukannya. Kelebihan sampo dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan rambut. Karena itu kamu bisa mencuci rambut tidak menggunakan sampo, melainkan hanya membilas dengan air saja.

2. Mencuci Rambut dengan Air Panas

Mencuci rambut dengan air panas dapat membuat kulit kepala dan rambut kamu kering. Selain itu, air panas juga bisa melemahkan akar rambut. Tipsnya, kamu bisa mencuci rambut dengan air hangat. Suhu air hangat memungkinkan produk perawatan rambut seperti masker rambut atau kondisioner dapat menyebabkan penyerapan yang lebih baik. Namun proses terbaik dalam mencuci rambut adalah terlebih dulu mencuci rambut dengan air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

3. Menggosok Rambut dengan Handuk Sampai Kering

Kondisi rambut paling rapuh adalah saat basah. Menggosok rambut basah dengan handuk hingga kering bisa merusak rambut. Lebih baik dan lebih sehat jika kamu membiarkan rambut sampai mengering. Kamu juga bisa menggunakan handuk yang tidak kasar. Namun pastikan kamu mengeringkan dengan lembut.

4. Terlalu Sering Mengganti Produk Rambut

Rambut tidak mudah untuk menyesuaikan formula yang terkandung pada produk rambut. Lebih disarankan jika kamu hanya menggunakan satu rangkaian sampo dan kondisioner yang cocok dengan kondisi, tipe, dan kebutuhan rambut kamu.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini