Sukses

Harapan Baru untuk Mengatasi Krisis Iklim di Konferensi COP27 Mesir

Konferensi Perubahan Iklim COP27 akan digelar 6 November--18 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Perubahan Iklim dengan nama resmi Conference of the Parties (COP) ke-27 akan digelar 6 November--18 November 2022. Janji untuk melakukan yang lebih baik hingga masalah besar lingkungan kemungkinan akan dibahas dalam negosiasi penting.

Setiap tahun perwakilan dari tiap negara berkumpul untuk membahas aksi perubahan iklim untuk COP. Menyusul COP26 di Glasgow tahun lalu, COP ke-27 akan diselenggarakan di Mesir.

Konferensi Perubahan Iklim PBB telah diadakan sejak 1995. KTT dua minggu ini merupakan ruang penting bagi para pemimpin dunia, politisi, pakar, dan banyak orang lainnya untuk membahas iklim krisis di tingkat global.

Konferensi tahunan menyatukan orang-orang yang menandatangani Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) - sebuah perjanjian lingkungan internasional yang menangani perubahan iklim - 30 tahun yang lalu.

Setiap negara anggota PBB adalah penandatangan UNFCCC, serta Palestina, Kepulauan Cook, dan Niue. Secara efektif setiap bangsa, negara, atau negara bagian di dunia terlibat, memberikan total 197 penandatangan.

Lalu apa yang bisa kita harapkan di COP27? "Pekerjaan ke depan sangat besar. Sama besarnya dengan dampak iklim yang kita lihat di seluruh dunia," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pertemuan pra-COP baru-baru ini dikutip dari euronews, Minggu, (6/11/2022).

"Sepertiga dari Pakistan banjir. Musim panas terpanas di Eropa dalam 500 tahun. Filipina terpukul, seluruh Kuba padam," tulisnya.

Ia menambahkan bahwa di AS, Badai Ian telah menyampaikan pengingat brutal bahwa tidak ada negara dan ekonomi yang kebal dari krisis iklim. Gencarnya bencana iklim pada 2022 hanya menyisakan sedikit ruang bernapas bagi masyarakat internasional untuk merespons.

Seperti yang ditunjukkan oleh laporan terbaru dari Panel antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB, waktu terus berjalan semakin berbahaya menuju ambang batas 1,5C dari pemanasan global. "COP27 sangat penting – tetapi jalan kita masih panjang," tambah Guterres.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahasan COP27

Para pemimpin dunia akan menangani beberapa masalah paling berat seputar iklim termasuk keuangan, dekarbonisasi, adaptasi, dan pertanian. Di minggu kedua, topik besar termasuk gender, air dan keanekaragaman hayati akan menjadi sorotan.

Ikhtisar kalender diterbitkan oleh PBB pada bulan Agustus di sini, dengan informasi lebih lanjut tentang jadwal tematik tersedia di situs Kepresidenan COP27. COP26 di Glasgow tidak memberikan kesepakatan akhir hingga Sabtu 13 November.

Mesir menjadi tuan rumah COP tahun ini, tepatnya berlangsung di kota resor Laut Merah Sharm El-Sheikh. Kali ini adalah COP pertama di Afrika sejak COP22 diadakan di Maroko pada 2016.

Diharapkan COP ini akan menjadi fokus dan lokasi 'COP Afrika' karena negara-negara Afrika menghadapi beberapa dampak terburuk dari perubahan iklim. Ada dua lokasi utama untuk acara ini yaitu Zona Biru dan Zona Hijau. 

Pertama adalah tempat negosiasi resmi berlangsung, mempertemukan para delegasi dan pengamat melalui diskusi, pameran, dan kegiatan budaya. Ruang yang dikelola PBB ini berbasis di Pusat Konvensi Internasional Sharm El-Sheikh (SHICC), tepat di sebelah selatan pusat kota. Di seberang jalan adalah Zona Hijau, yang dijalankan oleh pemerintah Mesir dan terbuka untuk umum.

Situs tersebut mengatakan itu akan menjadi platform "inklusif". Tempat komunitas bisnis, pemuda, masyarakat sipil dan Pribumi, akademisi, seniman, dan komunitas mode dari seluruh dunia dapat mengekspresikan diri dan suara mereka akan didengar.

 

3 dari 4 halaman

Tuan Rumah

Pertanyaan tentang suara siapa yang akan didengar akan menjadi pertanyaan yang sangat kontroversial tahun ini. Tugas tuan rumah COP dirotasi sekitar lima kelompok regional PBB. Negara-negara kelompok Afrika memutuskan di antara mereka sendiri siapa yang akan melangkah maju.

Marrakech Maroko telah menjadi tuan rumah dua kali, serta Kenya dan Afrika Selatan semua di enam negara terkaya di benua itu berdasarkan PDB. Sekretariat UNFCCC melakukan misi pencarian fakta untuk memeriksa Mesir memiliki sumber daya untuk mengadakan acara sebesar itu.

Kepresidenan Mesir terbilang kontroversial karena catatan buruknya tentang hak asasi manusia. Sejak merebut kekuasaan pada 2013, pemerintah Presiden Abdel Fattah el-Sisi telah mengawasi tindakan keras yang meluas terhadap perbedaan pendapat.

Setidaknya 65 ribu tahanan politik saat ini berada di balik jeruji besi, Jaringan Informasi Hak Asasi Manusia Arab memperkirakan. Human Rights Watch menyatakan bahwa ribuan orang, termasuk anak-anak, telah diadili dalam persidangan massal, dalam proses yang tidak adil yang tidak memiliki kemiripan paling sederhana dengan proses hukum.

 

4 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Hadir?

Sementara itu tahun lalu Amnesty International menempatkan Mesir sebagai negara terburuk ketiga berdasarkan jumlah eksekusi. Karena alasan inilah beberapa juru kampanye keadilan iklim, termasuk penulis Naomi Klein, menyebutnya sebagai "Carceral Climate Summit".

Klein adalah salah satu dari lusinan aktivis lingkungan dan politisi terkemuka, bersama Bill McKibben dan anggota parlemen Inggris Caroline Lucas, yang menyatakan kekhawatiran mereka dalam sebuah surat awal tahun ini. "Kami sangat prihatin bahwa (konferensi yang sukses) tidak akan mungkin terjadi karena tindakan represif pemerintah Mesir,” tulis para penandatangan.

Memang, tampaknya pada titik ini konferensi akan digunakan untuk menutupi pelanggaran hak asasi manusia di negara ini. Sekitar 90 kepala negara sejauh ini telah mengkonfirmasi kehadiran mereka di COP27, kata seorang pejabat senior Mesir awal bulan ini.

Perwakilan khusus untuk kepresidenan COP27 Wael Aboulmagd tidak memberikan nama spesifik, tetapi diharapkan para pemimpin dunia dan perwakilan dari lebih dari 190 negara akan menghadiri KTT tersebut. Puluhan ribu negosiator, anggota pers dan organisasi pengamat akan turun ke Sharm El-Sheikh juga. Presiden AS Biden dilaporkan hadir bersama utusan iklim John Kerry, meskipun konferensi itu diadakan di tengah pemilihan paruh waktu AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.