Sukses

Kisah 5 Sekawan Datangi Pesta Halloween di Itaewon, Hanya Seorang yang Selamat

Tragedi pesta Halloween di Itaewon telah merenggut nyawa 156 orang pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi pesta Halloween di Itaewon pada Sabtu, 29 Oktober 2022, menyisakan duka mendalam bagi keluarga para korban tewas. Rumah duka Seoul kini dipenuhi dengan jenazah anak-anak muda dan orangtua mereka yang patah hati.

Dikutip dari BBC, Rabu, 2 November 2022, di dalam salah satu ruangan, ada tubuh putra mereka, James Sim yang berusia 28 tahun. Di kamar sebelah adalah teman James, Yoon dan di rumah duka di seberang kota terletak ada pacar James.

Mereka pergi ke Itaewon bersama pada Sabtu malam dengan dua teman lainnya untuk merayakan Halloween. James telah mengatur malam itu. "Dia selalu menjadi penyelenggara, karena dia suka keluar malam bersama teman-temannya," kata ibunya.

James adalah salah satu dari 156 orang yang tewas dalam kerumunan massa berjejer di gang sempit menjadi sangat penuh sesak saat pesta Halloween. Tanda pertama ada yang tidak beres datang ketika orangtuanya, bangun untuk menemukan tempat tidur putra mereka kosong.

Ayah James meminta teman-temannya untuk meneleponnya. Polisi menjawab. Saat mereka terjebak dalam tragedi maut, dua dari teman-teman berhasil mencari jalan mereka melalui kerumunan dan naik ke beberapa pagar di tepi gang.

James, pacarnya, dan Yoon tidak bisa keluar. James suka berolahraga, dan menghabiskan sebagian besar waktu luangnya di gym, mengangkat beban untuk menambah berat badan, kata ibunya. Dia tidak bisa mengerti bagaimana ini tidak menyelamatkannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang James

Ayahnya mengatakan hubungan James dan pacarnya semakin serius. Mereka akan segera menikah jika selamat dari tragedi itu. Dia bekerja sebagai tukang ledeng, pekerjaan yang dia lakukan dengan rajin, tetapi hobinya adalah bermain ski dan berselancar.

Mata ibunya berkerut dengan kedipan kegembiraan saat menceritakan apa yang putranya sukai, tetapi ayahnya dekat dan air mata jatuh. "James adalah kakak laki-laki terbaik," kenangnya. "Bagaimana putra bungsu saya akan bertahan tanpa dia?"

Di ruangan di sebelah kuilnya, duduk sederet teman sekolah lamanya. Park Ju-sung telah mengenalnya paling lama, sejak mereka berusia delapan tahun.

"Saya adalah anak yang pemalu," kata Ju-sung, "James adalah satu-satunya teman saya. Dia mengundang saya ke segala hal dan mendorong saya untuk mengikuti taekwondo bersamanya. Dia membantu saya menjadi lebih terbuka."

Teman James, Yoon, yang kuilnya ada di kamar sebelah, sudah dewasa di atas usia 28 tahun dan bekerja nyaman di perusahaannya sendiri. Dia suka menjelajah. Di malam hari, dia biasa pergi ke bar sendirian dan mencoba berbicara dengan orang asing agar bisa belajar bahasa asing, kata Jung-su, yang mengatakan dia mengagumi kepercayaan dirinya.

3 dari 4 halaman

Pesta Halloween Pertama Sejak Pandemi

Dikutip dari CNN, Senin, 31 Oktober 2022, gang-gang sempit Itaewon, distrik kehidupan malam yang diterangi lampu neon di ibu kota Korea Selatan, Seoul, sibuk dengan pengunjung pesta dan turis pada akhir pekan lalu. Sekarang ini adalah lokasi salah satu bencana terburuk di negara itu.

Pada Sabtu malam, 29 Oktober 2022, puluhan ribu orang membanjiri daerah di pusat kota Seoul untuk merayakan Halloween. Tetapi kepanikan meletus ketika kerumunan membludak, dengan beberapa saksi mengatakan mereka menjadi sulit untuk bernapas dan tidak mungkin untuk bergerak.

Itaewon telah lama menjadi tempat populer untuk merayakan Halloween, terutama karena liburan ini menjadi lebih populer di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bahkan terbang ke Seoul dari negara lain di wilayah tersebut untuk perayaan tersebut. Tetapi selama dua tahun terakhir, perayaan ditiadakan karena pembatasan pandemi pada kerumunan dan aturan mengenakan masker.

Sabtu malam menandai Halloween pertama sejak negara itu mencabut pembatasan ini. Hotel dan acara bertiket di lingkungan itu telah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, dan diharapkan banyak orang.

4 dari 4 halaman

Panggilan Darurat

Video dan foto yang diunggah ke media sosial menunjukkan orang-orang berdesakan, berdiri di jalan sempit. Kerumunan tidak biasa untuk daerah itu, atau bagi penduduk Seoul. Seorang saksi mata mengatakan butuh beberapa waktu bagi orang untuk menyadari ada sesuatu yang salah, dengan teriakan panik orang-orang bersaing dengan musik yang menggelegar dari klub dan bar di sekitarnya.

Setelah panggilan darurat pertama datang sekitar pukul 22.24 waktu setempat, pihak berwenang bergegas ke tempat kejadian, tetapi banyaknya orang membuat sulit untuk menjangkau mereka yang membutuhkan bantuan. Video yang di media sosial menunjukkan orang-orang melakukan kompresi pada pengunjung pesta lainnya yang tergeletak di tanah saat mereka menunggu bantuan medis.

Ribuan orang dalam kostum Halloween turut membantu di tengah kondisi kekacauan yang meluas. Seorang saksi menggambarkan melihat seorang petugas polisi berteriak selama bencana, tetapi beberapa orang yang bersuka ria mengira dia sebagai pengunjung pesta lainnya. 

Korbannya kebanyakan berusia remaja dan awal 20-an, kata pihak berwenang. Di antara para korban, ada puluhan warga negara asing, menurut pihak berwenang, dengan korban dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, China, Iran, Thailand, Sri Lanka, Jepang, Australia, Norwegia, Prancis, Rusia, Austria, Vietnam, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.