Sukses

Jangan Asal Pilih! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Sabun Mandi

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang dijadikan acuan dalam memilih sabun mandi, seperti wangi, kemasan menarik hingga harga terjangkau. Padahal setiap orang memiliki jenis kulit badan yang berbeda-beda. Inilah yang membuat kamu harus memilih sabun mandi yang sesuai dengan kondisi kulit. Bila salah pakai, kulit badan akan terasa kering, gatal, dan mudah iritasi.

Sabun mandi adalah salah satu produk kebersihan tubuh yang harus dijaga. Karena kebutuhan mandi ini bersentuhan dengan kulit, sehingga pemilihan sabun mandi sangat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Untuk membantu kamu menerapkan cara merawat tubuh dengan sabun mandi, berikut adalah tipsnya.

1. Kenali Jenis Kulit

Pahami karakteristik dan jenis kulit kamu agar bisa mengetahui kebutuhannya. Tipe kulit normal misalnya, memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit. Inilah yang menyebabkan kulit normal dapat terhindar dari masalah kulit.

Selain itu, ada jenis kulit berminyak. Ciri-ciri kulit berminyak seperti pori-pori kulit yang besar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo, dan mudah berjerawat. Produksi minyak yang banyak tersebut memudahkan kotoran menempel dan bisa menimbulkan masalah seperti bau badan, dan menyebabkan kulit harus lebih sering dibersihkan.

Sedangkan pada jenis kulit kering, memiliki kadar sebum atau minyak yang rendah. Biasanya, ciri kulit kering yaitu sering terlihat kusam. Lalu, pada permukaan kulit akan terlihat adanya sisik halus dan mudah untuk dikelupas.

Namun, dari beberapa jenis kulit tersebut, ada salah satu jenis kulit yang sangat perlu perhatian khusus sebelum memilih sabun mandi, yaitu jenis kulit sensitif, butuh penanganan dan perawatan khusus agar tidak mudah terkena iritasi.

2. Ketahui Jenis Sabun

Setelah mengetahui jenis kulit, kamu perlu mengetahui berbagai jenis pilihan sabun mandi yang tersedia. Jenis yang bisa kamu pilih adalah foaming gels, bath oils, moisturizing bath bars, bubble bath, bath sponge, exfoliating soap, dan antibacterial wash. kamu bisa membaca label produk dan menyesuaikannya dengan jenis kulit. Perhatikan pula kualitas dan kandungan yang ada di dalamnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tips Memilih Sabun Mandi

3. Perhatikan Kandungan Pewangi

Sabun mandi tidak akan menarik jika bukan karena wanginya yang menyegarkan. Nggak  heran jika banyak produk sabun mandi menawarkan wangi-wangian, mulai dari buah, bunga, dan lain sebagainya yang tahan lama. Meski demikian, wangi saja tak cukup kamu jadikan sebagai patokan dalam memilih produk.

Pastikan juga kamu memperhatikan manfaat dan kandungannya. Untuk kulit sensitif, tentunya perlu lebih berhati-hati saat memilih body wash yang memiliki kandungan pewangi. Sebaiknya pilih kandungan alami untuk mengurangi resiko alergi pada kulit sensitif.

4. Pilih Bahan Alami

Sabun mandi adalah produk perawatan tubuh yang paling sering kamu gunakan setiap harinya. Sebaiknya rawatlah tubuh dengan memilih sabun mandi yang mengandung bahan alami dan bebas bahan kimia berbahaya. Hindari produk dengan kandungan parabens yang memiliki efek kurang baik untuk kulit. Perhatikan kandungan yang ada di dalamnya dan pastikan body wash yang kamu pilih menggunakan komposisi eco-friendly, biodegradable, dan nonhazardous.

Memilih produk perawatan tubuh berupa body cleanser ternyata nggak hanya harus memperhatikan aromanya saja. Sebagai upaya untuk melindungi kesehatan kulit, gunakanlah produk kesehatan dengan perlindungan total care yang mampu membasmi berbagai kuman dan bakteri dalam tubuh. Salah satunya yang mengandung Charcoal & Mint yang membantu melawan masalah kulit seperti gatal-gatal, kemerahan pada kulit hingga mampu membersihkan kuman dan partikel polusi yang dapat menutup pori-pori kulit secara menyeluruh.

Yuk, teliti sebelum membeli sabun mandi dan terapkan cara merawat tubuh terbaik setiap harinya!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.