Sukses

Beda dengan Pangeran William, Tugas Pangeran Harry Belum Jelas di Penobatan Raja Charles III

Pangeran William mengambil "peran aktif" dalam penobatan Raja Charles III, tetapi peran Pangeran Harry masih belum jelas, sumber mengklaim.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William disebut akan mengambil "peran aktif" dalam penobatan Raja Charles III, tetapi peran Pangeran Harry masih belum jelas, sumber mengklaim. Charles akan dinobatkan sebagai Raja bersama istrinya Camilla pada 6 Mei 2023 dengan acara yang dinamai Operation Golden Orb.

Dikutip dari The Sun, Senin, 24 Oktober 2022, penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey London akan berlangsung hampir 70 tahun setelah upacara penobatan ibunya, Ratu Elizabeth II pada 1953. Sementara Raja dipahami menginginkan urusan yang diperkecil sebagai pengakuan atas meningkatnya biaya hidup dan untuk mendukung gagasannya tentang monarki yang modern dan ramping.

Adapun acara tersebut masih akan membanggakan kemegahan dan upacara sembilan abad tradisi kerajaan. Terungkap bahwa Pangeran William diharapkan bergabung dengan komite penobatan untuk mengatur suasana acara tersebut, lapor The Telegraph.

Suami Kate Middleton tersebut akan mengambil posisi penasihat. Perannya tidak lain untuk membantu perayaan yang mencerminkan Inggris modern.

Namun, tidak ada yang diketahui tentang apakah Pangeran Harry akan berperan atau tidak. Sebelumnya diberitakan acara bersejarah itu akan diadakan pada Juni 2023, yang menandai peringatan 70 tahun penobatan Ratu Elizabeth II.

Namun pada Selasa lalu, Istana Buckingham mengungkapkan layanan untuk Kepala Negara baru akan berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2023. Momen ini delapan bulan setelah kematian Ratu Elizabeth II dan pada ulang tahun keempat putra Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemilihan Tanggal Penobatan

Tanggal penobatan Raja Charles III tersebut dipilih agar tidak bentrok dengan Eurovision yang digelar seminggu kemudian di Liverpool dan final piala sepak bola pada akhir bulan dan awal Juni 2023. Mei juga dipilih karena para ahli cuaca memprediksi cuaca yang menyenangkan untuk upacara yang akan ditonton jutaan orang di seluruh dunia di televisi.

Camilla akan dimahkotai bersama suaminya, sama seperti Ibu Suri oleh Raja George VI pada 1937. Ratu dimahkotai pada 2 Juni 1953, 16 bulan setelah menjadi raja, tetapi putranya harus menunggu hanya sembilan bulan.

Istana mengatakan urusan agama yang mendalam akan "berakar pada tradisi lama dan arak-arakan" tetapi juga "mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan". Acara akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby.

Rencana teknis untuk rencana menyarankan daftar tamu akan dipangkas dari 8.000 menjadi 2.000 tamu. Aturan berpakaian disebut akan diturunkan dari jubah seremonial menjadi pakaian santai yang lebih santai.

3 dari 4 halaman

Proklamasi Raja Baru

Charles secara resmi dinyatakan sebagai raja baru Inggris pada 10 September 2022, dua hari setelah Ratu meninggal. Proklamasi Charles III sebagai raja dilaksanakan di Istana St. James, London, Inggris.

Dari kanal Global Liputan6.com, berdasarkan laporan BBC, proklamasi ini adalah konfirmasi bahwa Raja Charles III memang sebagai penguasa Britania Raya. Raja Charles III tidak berada di ruangan tersebut, namun ada Pangeran William, Ratu Camilla, dan Perdana Menteri Liz Truss. Mantan Perdana Menteri Boris Johnson, Theresa May, Gordon Brown, dan David Cameron turut hadir di barisan depan.

Proses upacara awal itu hanya berlangsung singkat dan formal. Proklamasi itu diminta agar dicetak dan diumumkan juga di Skotlandia dan Irlandia Utara. Tembakan meriam juga diperintahkan untuk ditembak di Hyde Park dan Tower of London.

Setelah acara singkat itu berakhir, Pangeran William memandu sejumlah tokoh keluar dari ruangan. Berikutnya, Raja Charles III membaca deklarasi di hadapan para penasihat monarki: Privy Council. Situs Royal.co.uk menyebut acara di St James Palace hanyalah Part I dan berfungsi untuk memproklamasikan Penguasa dan sejumlah perencanaan. Proklamasi itu akan dibaca lagi di balkon St James Palace dan Royal Exchange. Acara proklamasi ini berbeda dari koronasi yang lebih meriah.

4 dari 4 halaman

Lambang Baru

Menyusul pengumumannya sebagai raja, Charles III juga mengumumkan lambang barunya pada minggu ketiga setelah menjabat kepala negara. Dikutip dari People, monogram menunjukkan mahkota di atas inisial pertamanya "C" terjalin dengan "R" untuk Rex (Latin untuk Raja, secara tradisional digunakan untuk raja sejak abad ke-12), dengan "III" di dalam "R." Simbol ini menggantikan lencana "ERII" Ratu Elizabeth II sebagai simbol Raja Inggris.

Beberapa dari perubahan ini akan dilakukan secara bertahap, kata pejabat istana, tapi penerapannya akan mulai dilakukan pada cap pos semua surat yang meninggalkan Istana Buckingham terhitung pada Selasa, 27 September 2022. Simbol itu juga akan terlihat pada dokumen negara dan akhirnya di kotak surat merah yang sudah dikenal di sekitar Inggris.

Simbol juga akan digunakan departemen pemerintah Inggris pada surat mereka. Simbol baru adalah milik pribadi raja berusia 73 tahun tersebut yang secara resmi mengakhiri masa berkabung kerajaan untuk Ratu Elizabeth II pada Senin, 26 September 2022, bersama anggota keluarga kerajaan dan rumah tangga kerajaan lain.

Ia memilih desain dari beberapa yang dibuat ahli lambang istana, College of Arms. Raja sudah mengadaptasi tanda tangan baru, menandatangani namanya sebagai "Charles R" pada dokumen resmi, serta catatan yang ditinggalkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II selama upacara pemakamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.