Sukses

Daftar Negara Teraman untuk Solo Traveler Perempuan, Tak Ada Asia dan AS di 10 Besar

Liputan6.com, Jakarta - Liburan maupun taveling tak harus dilakukan bersama teman atau keluarga. Kita bisa bepergian sendirian saja atau sering disebut solo traveler.

Solo traveling tak hanya jadi kegiatan yang digemari para pria, tetapi juga para perempuan. Selain bisa lebih bebas memilih destinasi yang diinginkan, ada beberapa perempuan yang justru mendapat kenyamanan saat menjadi solo traveler.

Meski memberikan keleluasaan yang lebih, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan solo traveler perempuan sebelum memutuskan untuk traveling sendirian, terutama saat ke luar negeri. Salah satunya adalah memilih negara yang aman atau ramah bagi perempuan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh situs perjalanan dan aksesori traveling dari Amerika Serikat, Bounce mengungkapkan deretan negara teraman untuk solo traveler perempuan.

Penentuannya itu dilakukan dengan menganalisis beberapa faktor, di antaranya jumlah kekerasan terhadap perempuan, tingkat keamanan secara keseluruhan, persentase perempuan yang merasa aman saat berada di malam hari, sampai undang-undang tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hasilnya, ada 10 negara teratas yang dianggap aman untuk solo traveler perempuan.

Irlandia menjadi negara paling aman untuk solo traveler perempuan. Salah satu negara Eropa ini memiliki undang-undang untuk melindungi perempuan dari segala macam bentuk kekerasan. Tak hanya itu, Irlandia juga punya beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi para solo traveler perempuan, misalnya Dublin yang menawarkan gemerlap malam yang semarak.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tingkat Keamanan Tinggi

Wisatawan yang liburan ke Dublin juga bisa menikmati beragam budaya yang unik, termasuk mengunjungi berbagai pub tradisional yang penuh sejarah. Bukan itu saja, negara yang dijuluki Emerald Isle atau Pulau Zamrud ini juga dikenal akan pemandangannya yang memukau.

Setelah Irlandia, Austria menjadi negara teraman berikutnya di dunia untuk solo traveler perempuan. Salah satu negara Eropa Tengah tersebut dianggap memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk para perempuan, khususnya di malam hari.

Setidaknya 80 persen perempuan merasa aman saat berjalan sendirian di malam hari. Hal ini tentunya bisa jadi pertimbangan solo traveler perempuan untuk memilih Austria sebagai destinasi traveling.

Berikutnya, Norwegia menempati peringkat ketiga sebagai negara teraman bagi solo traveler perempuan, karena memiliki tingkat pembunuhan yang rendah terhadap kaum hawa. Slovenia dan Swiss juga berhasil masuk daftar, yang masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima.

Dalam daftar 10 Besar, hanya ada satu negara dari benua Amerika dan itu bukan Amerika Serikat. Begitu juga dengan negara Asia dan Afrika. Jepang hanya menempati peringkat ke-11 dan Korea Selatan di posisi ke-20.

 

3 dari 4 halaman

20 Negara Teraman

Berikut daftar 20 negara teraman di dunia untuk solo traveler perempuan menurut Bounce.

1. Irlandia

2. Austria

3. Norwegia

4. Slovenia

5. Swiss

6. Spanyol

7. Portugal

8. Kanada

9. Belanda

10. Polandia

11. Jepang

12. Republik Ceko

13. Estonia

14. Prancis

15. Swedia

16. Yunani

17. Slowakia

18. Finlandia

19. Lithuania

20. Korea Selatan.

 

Solo traveling bisa menjadi salah satu terapi healing bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan. Bagi perempuan yang ingin mencoba solo traveling untuk healing, berikut beberapa tips menarik dari PegiPegi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

1. Cari Informasi Destinasi yang Bakal Dikunjungi.

Sebelum memutuskan untuk solo traveling, tentunya Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut mulai dari kota tujuan tempat Anda berwisata, bagaimana daerah sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, serta budaya penduduk setempat.

2. Menghitung Bujet

Setelah menentukan kota tujuan untuk berwisata, Anda harus menghitung bujet yang Anda punya. Tujuan dari menghitung bujet ini adalah agar Anda dapat bepergian sesuai dengan kemampuan.

 

4 dari 4 halaman

3. Memesan Tiket Perjalanan

Usai menghitung bujet, Anda bisa langsung membeli tiket perjalanan. Anda pun bisa memilih untuk naik pesawat, kereta, atau bus. Transportasi perjalanan yang akan Anda gunakan dapat menyesuaikan bujet yang Anda punya.

Untuk keamanan diri, Anda dapat memesan tiket perjalanan secara online. Selain lebih aman, membeli tiket secara online biasanya akan mendapatkan promo-promo yang menguntungkan, juga membuat perjalanan Anda lebih terencana.

4. Pilih Hotel dan Destinasi Wisata

Anda dapat memilih hotel dan destinasi wisata sesuai dengan bujet Anda. Caranya, dengan membaca beragam review hotel di daerah yang akan dikunjungi.

5. Menyiapkan Barang Bawaan

Hal ini adalah yang terpenting. Sebelum bepergian Anda harus menyiapkan barang bawaan, mulai dari pakaian, peralatan mandi, kartu identitas, dan lainnya.Jangan lupa menyiapkan pakaian-pakaian yang menarik selama bepergian. Pakaian yang bagus juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

6. Buat Rencana Cadangan

Anda harus punya rencana cadangan ketika ingin bepergian. Jangan hanya terpaku dengan satu rencana. Buatlah rencana cadangan berdasarkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.