Sukses

6 Gaya Makeup Wardah x Klamby di London Fashion Week 2023 yang Tuai Pujian dari Majalah Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Jenama modest fesyen lokal, Klamby telah memamerkan koleksinya di salah satu pekan mode bergengsi dunia, London Fashion Week pada Rabu, 21 September 2022, waktu Indonesia. Peragaan busana Klamby Spring/Summer 2023 ini turut dipercantik dengan pulasan makeup dari label kecantikan lokal, Wardah.

Klamby di runway London Fashion Week menampilkan highlight tenun Garut dengan 50 persen koleksi tercetak tenun yang juga disebut tenun bulu ini. Suguhan ini menginspirasi Founder and Creative Director Klamby Nadine Gaus untuk menggaungkan kearifan lokal di kancah dunia.

Terkiat dengan relevansi dengan tampilan makeup, Nadine menyebut bahwa ini adalah tantangan bagi tim Wardah. Mengingat, koleksi Klamby seri Spring/Summer 2023 di London Fashion Week menghadirkan warna yang beragam.

"Klamby angkat warna-warna yang luas banget range-nya, mulai dari black, white, lime green, fuchsia, electric blue, ini menjadi tantangan Wardah membuat makeup kawin sama koleksinya," kata Nadine saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 29 September 2022.

Tantangan selanjutnya, sambung dia, adalah pemilihan model. Karena Klamby adalah modest fesyen yang mengangkat diversity dan inclusivity, keinginan Nadine terwujud dengan menampilkan model-model yang diverse, termasuk yang memiliki skintone yang beragam.

"Aku senang ternyata Wardah bisa mengakomodir semuanya karena yang aku lihat Wardah punya shade color yang lengkap," tambahnya.

Wardah Group Head Findi Novia mengungkapkan kolaborasi bersama Klamby didasarkan pada visi misi yang sama. Bukan hanya berkarya dan menginspirasi di Indonesia, Wardah juga membawa semangat itu hingga mendunia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Makeup

Hal itu terwujud ketika ada pencapaian manis lainnya yang diraih Wardah di London Fashion Week dengan berkolaborasi dengan MUA founder of Naire Wedding Project, Nanath Nadia. "Kita sebagai salah satu the best makeup and hair dari Allure Magazine," terang Findi.

Ia menjelaskan bahwa awalnya tidak mengejar untuk mendapat kategori terbaik. Namun, para pihak yang berkolaborasi ini hanya berkarya yang terbaik hingga diganjar pencapaian manis tersebut.

Memboyong tim ke London Fashion Week, Wardah turut menggaungkan kampanye "Beauty Moves You". Kampanye ini merupakan komitmen kebermanfaatan bukan hanya di Indonesia, tetapi ke forum yang lebih besar.

Nanath selaku MUA yang juga bertolak ke London, menerangkan tema yang diusungnya dalam membawa makeup untuk peragaan busana Klamby. "Temanya "Fall Breeze and Autumn Leaves" karena London lagi musim fall yang warna-warnanya identik dengan terracotta, orange, dan maroon," katanya.

"Ini warna-warna yang bold tapi tetap anggun dan wearable senada dengan campaign yang berdampak positif," ungkap Nanath.

Nanath menjelaskan bahwa sebelum model dirias, penting untuk skin preparation atau yang biasa disingkat skin prep. Tahap ini dilakukan untuk mendapat hasil riasan maksimal, makeup yang tahan lama dan tidak mudah crack.

"Skin prep dari Wardah Renew You, seperti toner esens yang tekstur cair dan gampang menyerap, dan day cream, jadi kelihatan flawless," terangnya.

3 dari 4 halaman

6 Makeup Look

1. Rose Gold Pearl

"Kalau look Rose Gold Pearl ini, aku makeup-nya simpel, complexionnya natural glowing agak sedikit blush on sampai pipi depan, warnanya peach, untuk eye makeup pakai warna peach. Satu warna saja, tapi kita tonjolkan di pearl-nya supaya tidak too much. Pearl adalah guest starnya," kata Nanath.

Ide makeup ini sendiri adalah keinginannya menampilkan makeup yang bagus dan runway look. "Jadi yang kelihatannya lebih bold, tapi tetap ada kesan anggun, natural. Pearl dibikin kayak winged eyeliner. Look sangat bold di mata, lipstiknya nude," tambahnya.

2. Winged White Liner

"Aku bikin ini lumayan challenge, gimana bikin winged eyeliner tapi harus dari produk Wardah, ternyata ada yang eyeshadownya yang warna intens dan dibikin winged eyeliner seperti itu. Kelihatannya fesyen banget, kesannya keren, tetap chic," ungkap Nanath.

Eyeshadow yang digunakan bernuansa cokelat dengan poin pada winged eyeliner warna putih. Lalu, tampilan ini dipulas dengan lipstik seri London menghadirkan kesan manis, tapi tetap berani.

4 dari 4 halaman

3. Intense Blush

"Kalau ini terinpirasi baju Klamby yan warna-warni, makeupnya harus lebih berwarna, blushnya intens dari mata ke dahi dan pipi. Bibir agak ombre karena orang Indonesia senang yang ombre. Looknya fashion dengan blush yang menyeluruh sampai dahi," terang Nanath.

4. Soft Smokey Brown

"Look yang paling wearable. Simpel cuma kasih eyeshadow cokelat agak terracotta di sekitar kelopak dibaur ke atas, eyeliner baur dengan eyeshadow, dan pakai lipstik nude," terang Nanath.

 

5. Monroe Vibes

"Ini simpel banget, eyeshadow pearl white transisi warna cokelat sedikit. Paling penting winged eyeliner harus terlihat karena Marilyn Monroe dikenal dengan eyeliner wing dan lipstik merah. Looknya benar-benar iconic," tambahnya.

6. Classic Foxy

"Salah satu favorit aku, ini adalah salah satu look makeup tren di 2022, lagi banyak yang pakai look foxy dengan eyeshadow naik ke atas dan di bawah clean dengan winged eyeliner, terkesannya facelift, terlihat bold tapi wearable," tutur Nanath.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.