Sukses

2 Varian Minuman Kopi Siap Saji Starbucks Resmi Beredar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Minuman kopi siap saji Starbucks Ready-to-Drink (RTD) resmi beredar di Indonesia. Produk ini bisa Anda dapatkan di premium supermarket dan mini market di dalam negeri sejak Senin, 19 September 2022.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, produk Starbucks RTD dihadirkan dengan rasa dan resep ikonis rantai gerai kopi tersebut. Di edisi perdananya, produk minuman itu hadir dalam dua varian.

Varian pertama adalah Starbucks Doubleshot, produk minuman kopi klasik dengan campuran khas yang dinilai tepat menemani rutinitas sehari-hari. Selanjutnya, ada Starbucks Frappuccino, yang merupakan "perpaduan sempurna antara kopi dengan susu krim yang menghasilkan rasa manis yang pas dan sangat cocok untuk 'me-time.'"

Selain itu, melalui The Global Coffee Alliance, dalam kerja sama dengan Nestle, Starbucks juga akan membawa beragam rangkaian varian kopi premium. Ini termasuk biji utuh, sangrai, dan giling, serta kapsul untuk Nespresso dan Nescafe Dolce Gusto.

Sementara itu bulan lalu, dalam rangka merayakan HUT ke-77 RI, Starbucks meluncurkan koleksi merchandise lokal terbaru bertajuk "Beauty of Indonesia" yang terinspirasi dari kekayaan budaya Tanah Air. Keberadaan koleksi merchandise ini mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selain, juga melibatkan dua seniman Indonesia dalam prosesnya, yakni Naela Ali dan Hari Prasetyo.

"Dengan kolaborasi kreatif ini, kami berharap bisa memperkuat misi kami untuk selalu menginspirasi dan menumbuhkan semangat kemanusiaan di tengah komunitas yang kami layani," Liryawati selaku CMO PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi Starbucks di Indonesia, dalam jumpa pers awal bulan lalu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Menuangkan Kekayaan Budaya Nusantara

Ide Starbucks Indonesia untuk menuangkan kekayaan budaya Nusantara ini disambut baik tangan kreatif Naela. Kerja sama mereka melahirkan koleksi "People of Indonesia" yang menggambarkan keragaman suku bangsa di Tanah Air. Juga, "Flora and Fauna of Indonesia" yang menggambarkan flora dan fauna Indonesia yang unik nan eksotik.

Sementara itu,karya seni  Hari Prasetyo, atau yang biasa disebut Hari Prast, dapat ditemukan pada desain "Landmark of Indonesia" yang mewakili landmark terkenal dan ikonis di Indonesia. Selain, ada juga "Culture of Indonesia" yang menampilkan beragam makanan dan budaya Indonesia.

Hari mengatakan, ada banyak landmark ikonis maupun kuliner khas Indonesia. Ia membuat daftar bangunan maupun budaya, serta kuliner yang diyakini dikenal luas di masyarakat dan kemudian diseleksi bersama dengan pihak Starbucks untuk memilih item apa saja yang akan ditampilkan di tumbler dan mug.

"Ada banyak pilihan gambar yang bisa ditampilkan karena kita kan punya banyak bangunan ikonis di hampir tiap daerah. Apalagi di bidang kuliner, tiap daerah punya kuliner khas. Jadi saya berusaha ambil yang sekiranya sangat populer dan masih dikenal luas sampai sekarang, seperti nasi tumpeng dan martabak," terang Hari.

3 dari 4 halaman

Kreativitas Budaya

Lebih lanjut Hari berkata, "Saya excited bisa terlibat di proyek ini. Saya memang selalu semangat untuk membuat karya yang berhubungan dengan budaya Indonesia, karena lewat gambar landmark dan budaya ikonis seperti ini, bisa lebih memperkenalkan budaya kita ke anak-anak muda sekarang. Hal ini bagi saya penting supaya mereka tetap mengenal budaya atau ciri khas dari negaranya sendiri, bukan negara orang lain."

Di sisi lain, pemerintah menganggap merchandise ini dapat menciptakan inovasi dan kreativitas budaya di kalangan generasi muda. "Kami berterima kasih atas usaha, antusiasme Starbucks dalam memperkenalkan dan mempopulerkan budaya Indonesia melalui koleksi merchandise-nya. Ini konsisten dengan tujuan kami untuk mendorong inovasi dan kreativitas budaya para kaum muda," ucap Fitra Arda, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek.

Ia menyambung, "Kami berharap agar semakin banyak pelaku usaha yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang."

 

4 dari 4 halaman

4 Desain

Empat desain kebudayaan Indonesia yang tertuang dalam tumbler dan mug rantai kedai kopi tersebut, yakni:

1. People of Indonesia

Koleksi ini menceritakan tentang keragaman suku bangsa di Indonesia, dari Sumatra hingga Papua. Anda dapat menemukan desain dalam tumbler stainless steel dan mug keramik eksklusif. Merchandise ini didesain oleh Naela Ali.

2. Flora and Fauna of Indonesia

Koleksi ini mewakili keunikan flora dan fauna Indonesia, seperti orangutan, bunga raksasa Rafflesia Arnoldi, dan harimau Sumatera. Anda bisa menemukan desain ini di tumbler stainless steel. Merchandise ini didesain Naela Ali.

3. Landmark of Indonesia

Koleksi ini mewakili landmark yang terkenal dan ikonis di Indonesia, mulai dari Monas, Jam Gadang Bukittinggi, hingga Jembatan Merah Ampera di Palembang. Anda dapat menemukan desain dalam tumbler stainless steel dan mug keramik eksklusif. Merchandise ini didesain Hari Prasetyo.

4. Culture of Indonesia

Koleksi ini menggambarkan kombinasi makanan dan elemen budaya di Indonesia, mulai dari batik, angklung, nasi tumpeng, kuda lumping, sampai sate ayam. Anda dapat menemukan desain di tumbler stainless steel. Merchandise ini didesain Hari Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.