Sukses

Sehat dan Praktis, Ini Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo

Dalam bahasa Gorontalo, 'binte' berarti jagung, tetapi orang Gorontalo sering menyebutnya 'milu'. Sedangkan 'biluhuta' berarti disiram.

Liputan6.com, Gorontalo - Gorontalo terkenal sebagai daerah subur dengan panen jagung yang berlimpah. Keunggulan tersebut pun dimanfaatkan masyarakat pribumi untuk membuat olahan khas yang berbahan dasar jagung, salah satunya binte biluhuta.

Dalam bahasa Gorontalo, 'binte' berarti jagung, tetapi orang Gorontalo sering menyebutnya 'milu'. Sedangkan 'biluhuta' berarti disiram.

Sesuai namanya, binte biluhuta atau dikenal pula dengan nama milu siram merupakan sajian khas gorontalo berupa jagung yang disiram. Makanan ini merupakan varian sup jagung yang terdiri dari jagung dan kemangi yang dipadukan dengan ikan cakalang asap, udang, serta parutan kelapa yang diracik dengan aneka bumbu masakan khas.

Jika kamu kesukitan mendapat ikan cakalang asap, kamu bisa menggantinya dengan ikan laut panggang, seperti ikan kuwe, ikan tongkol, atau ikan kembung. Binte biluhuta merupakan menu masakan kegemaran masyarakat Gorontalo yang memiliki perpaduan beragam cita rasa, yaitu manis, asin, pedas, dan segar.

Karena berbahan dasar jagung, makanan ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Salah satunya dapat menghancurkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Binte biluhuta kerap disajikan dengan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap.

Resep Binte Biluhuta

Bahan:

- 1 liter air

- 2 buah jagung manis, pipil

- 100 gr udang, kupas

- 2 sdm kelapa parut

- 5 tangkai daun kemangi

- 1 buah tomat kecil, potong jadi empat

- 2 buah cabai merah, iris serong

- air jeruk nipis

Bumbu:

- 5 siung bawang merah, iris tipis

- 1/2 sdt garam

- 1/2 sdt gula

Cara Membuat:

- Rebus jagung manis hingga tampak matang

- Masukkan cabai dan bawang merah

- Rebus hingga matang

- Masukkan udang kupas, garam dan gula, aduk rata

- Masukkan kelapa parut, air jeruk nipis, dan daun kemangi

- Masak hingga mendidih

- Masukkan potongan tomat agar lebih segar

- Sajikan binte biluhuta selagi hangat

(Resla Aknaita Chak)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.