Sukses

Home, Koleksi Teranyar yang Sentimental dari MORAL

MORAL memperkenalkan koleksi Fall Winter 2022/2023 bertajuk “Home”.

Liputan6.com, Jakarta - Arkagaia Co. yang menaungi lini pakaian berkonsep ready-to-wear MORAL mempersembahkan koleksi Fall Winter 2022-2023 bertajuk "Home". Melalui koleksi teranyar ini adalah koleksi one-off yang menampilkan item-item bermuatan sentimental bagi Creative Director MORAL, Andandika Surasetja.

"Koleksi MORAL kali ini adalah segala tentang nostalgia. Kenangan manis yang terus terbawa ke mana pun saya melangkah. Selalu ada cerita di balik koleksi MORAL," jelas Andandika dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Andandika melanjutkan pada koleksi sebelumnya, ia telah berkisah mengenai ragam hal, mulai dari cinta pertama, persahabatan, perayaan masa muda, amarah yang terpendam, perenungan, hingga momen kesendirian. Kini, satu-satunya hal yang ingin ia bagikan adalah mengenai perjalanan pulang ke rumah.

"Ada begitu banyak kisah yang berasal dari hunian bernomor 13 di jantung Kota Bandung tersebut - sekuens sejarah yang membentuk jatidiri saya hari ini," lanjutnya.

Mantel yang terbuat dari selimut rajut hadiah pernikahan kedua orangtuanya menjadi pembuka presentasi koleksi. Peragaan busana ini berlangsung di Rubanah Underground Hub, Jakarta, Rabu, 18 Agustus 2022.

Potongan-potongan yang menjadi sorotan utama dari koleksi ini juga berasal dari motif lukisan karya Deppy Adepta Wibawa. Ia adalah sahabat sang ayah yang memberikan karya tersebut sebagai hadiah pernikahan bagi kedua orangtua Andandika pada 1988.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motif Lukisan Hadiah Pernikahan

Sejak itu, lukisan tersebut jadi bagian yang tak terpisahkan dari rumah keluarganya. Dalam koleksi ini, Andandika juga menggandeng salah satu rekan karibnya, Asti Surya dari label DOUCHE untuk berkolaborasi merilis item terbatas.

Adapun item tersebut berupa atasan stretch berkerah tinggi dan celana ketat yang mengambil corak lukisan tersebut. Dress dengan detail serut berpotongan khas MORAL yang telah hadir di musim terdahulu pun dihadirkan kembali dengan motif lukisan yang telah berusia lebih dari 33 tahun tersebut.

"Bagi saya semua berawal di rumah, termasuk bagi label MORAL yang saya rintis di kamar serta teras belakang circa 2012-2013. Lebih dari itu... Bagi sahabat terdekat saya - yang juga saya anggap sebagai keluarga, rumah tersebut seakan-akan menjadi rumah kami bersama," katanya.

Pemanfaatan material yang tak lazim juga dihadirkan, yakni bahan upholstery untuk sofa, tirai jacquard dihadirkan dalam koleksi kali ini. Potongan safari, beskap dengan sentuhan kontemporer, blazer, serta coat panjang yang selama ini menjadi siluet khas MORAL hadir dalam nuansa baru.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Memaknai Kembali

"Namun semua tak lagi sama. Rumah tempat saya dilahirkan dan tumbuh dewasa - tempat di mana segala inti memori terjalin selama lebih dari tiga puluh tahun, kini tinggal kenangan. Selama setahun ke belakang, saya berusaha memaknai kembali kata-kata 'pulang ke rumah'" ungkap Andandika.

Ia melanjutkan bahwa pada satu ketika ia tersadar bahwa pulang ke rumah, ke mana pun, tempat ayah dan ibunya berada. "Serta di dalam hati ini, seluruh jiwa raga ini; di mana keduanya selalu ada, selama saya ada," lanjutnya.

Andandika mengungkapkan, "Koleksi MORAL / home ini saya dedikasikan bagi kedua orang tua saya: rumah saya."

Sementara, Arkagaia Co. adalah holding company yang menaungi MORAL, resmi mengumumkan dua lini terbaru, yakni STUDIOMORAL dan STUDIO MORAL IN FUTURA. Preview koleksi STUDIO MORAL IN FUTURA membuka rangkaian acara pada Rabu, 17 Agustus 2022, dilanjutkan dengan peragaan koleksi STUDIOMORAL dalam format runway show pada hari yang sama.

4 dari 4 halaman

STUDIOMORAL dan STUDIO MORAL IN FUTURA

Gelaran mode bertajuk "3 DIMENSI" menampilkan koleksi terbaru dari ketiga label naungan Arkagaia Co.. Adapun konsep ini diangkat untuk menunjukkan keunikan setiap lini dalam ruang yang sama, dengan metode presentasi yang sengaja dibuat berbeda sesuai dengan DNA setiap lini

"STUDIO MORAL IN FUTURA yang sangat youthful dan ekspresif, STUDIOMORAL yang esensial, serta label utama MORAL yang sangat eksperimental dan eksploratif," jelas Andandika mengenai konsep yang diusung.

Usai merilis koleksi pertama bertajuk "SEASIDE" pada Maret 2022 lalu, kini STUDIO MORAL IN FUTURA menampilkan preview untuk koleksi terbarunya, "FUTURA SPORTS CLUB". Koleksi ini terinspirasi dari momen ikonik di dunia olahraga.

Koleksi ini menghadirkan beragam sweatshirt, hoodie, polo, varsity jacket dan t-shirt yang ditampilkan dengan ilustrasi grafis yang fresh dan seru karya Radhin Mazaya, desainer untuk STUDIO MORAL IN FUTURA.

Sedangkan lini STUDIOMORAL menampilkan 20 looks dengan arahan business casual bagi pria dan perempuan yang ingin tampil stylish saat beraktivitas sehari-hari. Koleksi pertama STUDIOMORAL bertajuk "Collection:01" (dibaca: collection zero one) ini menghadirkan pakaian yang sangat praktikal, dengan palet warna dasar meliputi hitam, abu-abu, biru navy dan coklat yang diselingi highlight warna mencolok seperti  ungu, tosca dan merah muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.