Sukses

Menanti Keseruan Gelaran Triathlon Ironman 70.3 Lombok

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua tahun tertunda akibat pandemi COVID-19, inagurasi Triathlon Ironman 70.3 Lombok akan dijadwalkan berlangsung pada 8 Oktober 2022. Merujuk pada spirit "Recover Together & Recover Stronger," acara ini turut membawa olahraga daya tahan sebagai manifestasi kata "Stronger," menurut rilis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Sementara itu, Lombok adalah surga bagi endurance athlete, selain sebagai salah satu destinasi yang jadi indikator pemulihan pariwisata nasional. Jeff Edwards, Managing Director Ironman Asia, berkata, "Ini adalah satu lagi pencapaian Ironman yang sejalan dengan semakin meningkatnya animo peserta dan atlet dari Asia."

"Lombok, Indonesia tidak saja menyuguhkan rute dan panorama alam yang indah, tapi juga merupakan destinasi tujuan pariwisata pascakompetisi untuk para atlet dan keluarganya," ia menyambung.

Arie Sukirno, direktur eksekutif Ironman 70.3 Lombok, yang juga direktur utama ISM, menyebut bahwa setelah Moto GP, Lombok kembali mengukuhkan diri sebagai destinasi pariwisata olahraga kelas dunia melalui penyelenggaraan Ironman 70.3. Atraksi budaya dan kesenian yang unik nan khas juga disebutkan Arie sebagai poin plus lain pulau tetangga Bali ini.

Pendaftaran telah dibuka dan khusus bulan ini, biaya keikutsertaan mendapat potongan 17 persen, merujuk pada tanggal peringatan HUT RI. Kegiatan Ironman 70.3 di Lombok dipusatkan di Desa Mangsit yang terletak di destinasi pariwisata Senggigi. Pemilihan tempat ini diharapkan membuat para atlet dan keluarganya dapat melanjutkan petualangan mereka seusai lomba.

Rute Ironman 70.3 Lombok dimulai dari Desa Mangsit Lombok Barat hingga kota Praya di Lombok Tengah. Lomba renangnya dimulai dari Holiday Resort single-loop sejauh 1,9 km, lalu 90,1 km rute sepeda sepanjang jalan raya Senggigi menuju kota Mataram menelusuri pesisir laut yang indah, dan balik arah sebelum memasuki area bandara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Total Jarak 113 Km

Melengkapi total jarak 113 km, para atlet Triathlon Ironman 70.3 Lombok akan melanjutkan dengan dua putaran lari sepanjang 21,1 km kembali ke Holiday Resort Senggigi. Ironman Village di Holiday Resort Lombok adalah pusat kegiatan hiburan bagi para peserta dan penggemarnya.

Ironman Village juga merupakan lokasi pergelaran seni dan budaya para talenta lokal. Selain kategori individu, lomba ini juga menyediakan kategori kelompok untuk para pemula, sehingga mereka mendapat pengalaman lomba yang berguna untuk meningkatkan prestasi di masa depan.

Sebelum ini, Triathlon Ironman 70.3 terselenggara di Bintan pada 25--26 Agustus 2019. Penyelenggaraannya membuat triatlon tersebut masuk dalam lima kompetisi teratas kategori "Most Valuable Tourism Events" di Indonesia yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat itu.

Di samping mendatangkan wisatawan asing, Ironman 70.3 Bintan juga dianugerahi Best Destination Race oleh Asia Tri pada 2018. Selain, jadi bentuk dukungan untuk Bintan sebagai salah satu destinasi pariwisata olahraga di Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ajang Promosi

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, 25 Juni 2019, Ironman 70.3 Bintan tidak semata bertujuan mempromosikan Bintan, tapi juga Indonesia. Penyelenggaraannya merupakan momentum untuk meletakkan Bintan dan Indonesia di "peta dunia."

CEO Event Organizer Meta Sport, Nathalie Marquet, menjabarkan bahwa saat itu, terdapat dua perubahan utama bagi peserta yang tidak ingin masuk kualifikasi Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 di Taupo, Selandia Baru, yang semula terjadwal pada 2020. Biasanya, peserta dalam kelompok ini hanya menyelesaikan tantangan renang 1,9 kilometer, bersepeda 90 kilometer, dan berlari 21,1 kilometer.

Perubahan pertama, yakni renang akan dilakukan secara bergiliran. Peserta akan dibagi ke grup berisi empat orang dan setiap enam detik mereka boleh memulai lomba. Perubahan kedua: terdapat rain shower yang menyegarkan di titik-titik tertetu di sepanjang jalur, sementara lokasi penyelenggaraan acara tetap berada di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata kota Bintan.

4 dari 4 halaman

Pertama di Indonesia

Jalur sepeda satu putaran yang memesona telah direnovasi pada 2018. Alhasil, sembari menyelesaikan tantangan triatlon, peserta disuguhkan panorama memukau, mulai dari perbukitan hijau, bentang pesisir, sampai desa-desa eksotis.

Kendati demikian, Ironman 70.3 seri Lombok yang dianggap sebagai gelaran pertama di Indonesia. Pasalnya, Ironman 70.3 Bintan digarap penyelenggara dari Singapura.

"Kami sudah tiga tahun berjuang mendapatkan Ironman 70.3 di Indonesia. Ajang ini akan digelar hingga tiga tahun mendatang. Kami pilih Lombok karena aksesnya mudah. Ada penerbangan langsung dari Jakarta dan Singapura," kata Arie dalam jumpa pers pada 2019 lalu.

Ironman 70.3 Lombok, yang semula dijadwalkan terselenggara pada 4 Juli 2020, disebut menyediakan 60 slot untuk berlaga di kejuaraan dunia Ironman 70.3 2020 di Taupo, Selandia Baru. Ironman 70.3 sendiri merupakan ajang triathlon kelas dunia.

Acara olahraga ini sebelumnya telah digelar di berbagai negara di dunia. Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lain yang juga menggelar Ironman 70.3 antara lain Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS