Sukses

Candi Borobudur Tak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia

Daftar resmi 7 Keajaiban Dunia diumumkan pada 7 Juli 2007, tetapi nama Candi Borobudur tak masuk di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Candi Borobudur kerap disebut-sebut sebagai satu di antara 7 Keajaiban Dunia. Ternyata, candi Buddha di Magelang, Jawa Tengah tersebut bukanlah salah satu yang ada dalam daftar.

Dikutip dari laman resmi New 7 Wonders of the World, Senin (18/7/2022), daftar 7 Keajaiban Dunia terdiri atas Tembok Besar China, Petra Yordania, Colosseum Italia, Machu Picchu Peru, Taj Mahal India, Patung Kristus Sang Penebus Brasil, dan Chichén Itzá Meksiko. Daftar ini diumumkan melalui deklarasi resmi tentang 7 Keajaiban Dunia di Lisbon pada 7 Juli 2007 lalu.

Peluncuran kampanye awal dan pembangunan kesadaran di seluruh dunia terkait 7 Keajaiban Dunia ini dimulai pada 2000 lalu. Pada periode 2004--2005, dilakukan pemungutan suara di antara 176 nominasi di lokasi yang berpartisipasi.

Kemudian pada 24 Desember 2005, sebanyak 77 situs teratas lolos ke N7W Panel of Experts bagi mereka untuk memilih finalis. Pengumuman 21 Finalis Resmi dilakukan pada 1 Januari 2006, diikuti oleh Tur Dunia pada tahun 2006--2007.

Candi Borobudur dan Tegallalang Rice Terraces hanya masuk dalam daftar 176 nominasi yang berpartisipasi dalam kampanye 7 Keajaiban Dunia Baru. Terpilihnya 7 Keajaiban Dunia ini adalah hasil pemungutan suara lebih dari 100 juta suara di seluruh dunia.

7 Keajaiban Dunia Baru semuanya sama, tidak ada peringkat di antara daftar. Aktris Hilary Swank dan Bipasha Basu dan aktor Ben Kingsley menjadi pembawa acara di Stadion Benfica Lisbon saat pengumuman resmi pada 2007 tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perayaan

Bernard Weber, yang meluncurkan Yayasan New7Wonders untuk menyatukan dunia dengan menghormati warisan bersama, mengumumkan proyek organisasi berikutnya, yakni The New7Wonders of Nature. Amir Dossal, direktur eksekutif Kantor Kemitraan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengakui upaya berkelanjutan Yayasan New7Wonders untuk mempromosikan Tujuan Pembangunan Milenium PBB, du antara sorotan malam itu adalah penampilan oleh Jennifer Lopez dan Jose Carreras, serta Dulce Pontes, Chaka Khan, Alessandro Safina dan Joaquín Cortés.

7 Keajaiban dipilih karena daftar asli Keajaiban Kuno, yang dibuat lebih dari 2.000 tahun yang lalu, berisi 7 dan karena 7 telah ditunjukkan berkali-kali sebagai jumlah hal yang dapat diingat oleh rata-rata orang. Piramida Giza juga dihormati oleh proyek New7Wonders sebagai satu-satunya yang tersisa dari 7 Keajaiban Kuno Dunia.

Lisbon sekarang menjadi bagian dari pembuatan sejarah, satu-satunya kota eksklusif di dunia di mana hasil historis lebih dari 100 juta suara terungkap: Deklarasi Resmi dari 7 Keajaiban Dunia Baru. Lisbon kini menjadi bagian dari Memori Global untuk selama-lamanya.

3 dari 4 halaman

Tak Kurangi Keindahan

Dikutip dari Jateng Liputan6.com, polemik Candi Borobudur tidak masuk 7 keajaiban dunia yang ramai di jagat maya tak akan mengurangi keindahan candi Buddha terbesar di dunia ini, kata Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur & Manohara Pujo Suwarno. "Apa pun yang disampaikan penulis tidak mengurangi keindahan dan keagungan Candi Borobudur, justru semakin mendapat perhatian orang itu semakin peduli dan mencintai Candi Borobudur," katanya di Magelang, Kamis, 14 Juli 2022.

Pujo yang juga Marketing & Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) menyampaikan ini menanggapi pernyataan YouTuber Leonardo Edwin bahwa Borobudur tidak pernah masuk tujuh keajaiban dunia.

"Orang berpendapat tetap kami hormati. Seingat saya waktu SD dulu Borobudur itu banyak di literatur, di buku-buku bacaan itu sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Hal itu muncul jauh sebelum ada istilah polling dan yang memberikan statemen waktu itu Borobudur sebagai tujuh keajaiban dunia oleh para pendahulu, dasarnya apa saya juga kurang tahu," katanya, dikutip Antara.

 
4 dari 4 halaman

Kenaikan Tarif Naik Candi Borobudur Batal

Rencana kenaikan tarif naik ke stupa Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu untuk turis lokal dan 100 dolar AS untuk turis asing telah dibatalkan. Terkait pembatalan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

"Sesuai dengan banyak permintaan rekan media dan para pemerhati terkait Ratas yang baru saja kita rampungkan bersama Presiden, Menko, dan para Menteri, maka dapat kami sampaikan bahwa Keputusan Presiden adalah membatalkan rencana kenaikan dari tarif untuk menaiki bangunan Candi Borobudur menuju stupa," kata Sandiaga Uno, Selasa, 14 Juni 2022, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Ia mengutip perkataan Jokowi yang menyebut bahwa pelestarian cagar budaya Candi Borobudur adalah prioritas utama. Upaya ini juga berjalan beriringan dengan Pemulihan Ekonomi khususnya pemberdayaan masyarakat ekonomi bawah atau UMKM di sekitar Borobudur.

"Saat ini ekonomi masyarakat yang masih dalam taraf pemulihan, kita turut berempati, kita turut memastikan bahwa Borobudur ini menjadi satu icon kebudayaan pariwisata sebuah situs kelas dunia dan ini tentunya harus memiliki wajah baru, harus terintegrasi, dan disiapkan pengelolaannya, manajemen nya baik dari infrastruktur maupun SDM-nya," tambah Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.