Sukses

Hailey Bieber Digugat karena Produk Skincare Miliknya Diduga Melanggar Aturan Merek Dagang

Liputan6.com, Jakarta - Hailey Bieber dan merek skincare barunya, Rhode, tengah berada di tengah arus kontroversi. Model, yang meluncurkan lini perawatan kulit Rhode pada 15 Juni 2022, dituntut karena dugaan pelanggaran merek dagang oleh merek fesyen berusia delapan tahun dengan nama yang sama, seperti yang pertama kali dilaporkan TMZ.

Mengutip Page Six, Rabu (22/6/2022), tim hukum Rhode mengklaim istri Justin Bieber ini telah mencoba memperoleh merek dagang dari duo desain Purna Khatau dan Phoebe Vickers pada 2018. Ketika mereka menolak, Bieber diduga melanjutkan dengan meluncurkan merek Rhode-nya sendiri.

"Ia melakukan ini meski mengetahui Rhode dan hak-hak sebelumnya," Lisa T. Simpson, penasihat litigasi utama Rhode, mengatakan. "Ini keadaan yang tidak menguntungkan. Kami, tentu saja, mengerti bahwa Hailey ingin menggunakan nama tengahnya untuk mereknya, tapi hukumnya jelas."

"Anda tidak dapat membuat merek semacam ini (dalam) kebingungan hanya karena Anda ingin menggunakan nama Anda. Apa yang dilakukan Nyonya Bieber merugikan bisnis milik bersama minoritas yang dengan susah payah dibangun dua perempuan jadi sebuah bisnis berkembang dan (berorientasi) pasar global."

Diluncurkan pada 2014, Rhode menawarkan gaun dan gaun bermotif warna-warni yang dicintai selebritas, seperti Mindy Kaling dan Kelly Clarkson. Dalam pernyataan terpisah, co-founder Rhode, Khaatau dan Vickers, mengklaim bahwa mereka "dipaksa" mengajukan gugatan "untuk melindungi bisnis kami."

"Meski merek global, kami masih merupakan perusahaan muda dan berkembang, dan kami tidak dapat tinggal diam mendapati selebritas, dalam hal ini Hailey yang menggunakan nama perusahaan kami untuk menjual produk terkait,” kata mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Merayakan Sesama Pengusaha Perempuan

Lebih lanjut pihak Rhode menulis, "Kami tidak ingin menuntut Hailey, kami ingin merayakannya. Sebagai sesama pengusaha perempuan, kami berharap ia sukses. Hailey memiliki kekuatan dan pengaruh bintang yang diperoleh dengan susah payah. Ia bisa memilih merek apapun untuk perusahaannya. Kami hanya memiliki merek yang telah kami bangun."

Gugatan tersebut menyatakan bahwa "besarnya pengikut Bieber dan viralitas pemasarannya akan menyebabkan kerusakan langsung, berkelanjutan, dan tidak dapat diperbaiki pada merek Rhode." Kedua pemilik bisnis meminta pengadilan untuk memblokir Bieber dari menggunakan nama Rhode untuk menghindari kebingungan antara merek mereka.

Kembali pada 2019 dan 2020, Bieber mengajukan berbagai merek dagang saat ia merencanakan terjun ke bisnis kecantikan. Duta merek BareMinerals ini pertama kali mencoba mengamankan nama Bieber Beauty, tapi aplikasi itu akhirnya ditolak karena kemungkinan kebingungan dengan merek sebelumnya yang didaftarkan suaminya, Justin Bieber.

"Alasan ini mungkin terasa aneh karena sebenarnya ada hubungan antara Hailey Bieber dan Justin Bieber," Alexandra Roberts, seorang profesor di Fakultas Hukum Universitas New Hampshire, mengatakan saat itu. "Jika merek tersebut hidup berdampingan membuat konsumen berpikir bahwa merek tersebut terkait, mereka tidak sepenuhnya salah."

3 dari 4 halaman

Dipuji Justin Bieber

Tepat di hari peluncuran merek skincare tersebut, Justin Bieber membagikan unggahan manis dalam merayakannya. Penyanyi berusia 28 tahun tersebut memuji istrinya, Hailey, setelah berhasil meluncurkan lini skincare terbaru miliknya, Rhode.

"Aku sangat bangga padamu sayang. Tidak ada yang tahu berapa lama perhatian dan semangat yang kamu berikan untuk membangun merek perawatan kulit yang benar-benar melayani masyarakat," tulis Justin dalam potret Hailey yang diunggahnya, 15 Juni 2022.

Justin melanjutkan, hal yang terindah mengenai istrinya adalah kepedulian Hailey untuk melindungi orang-orang dengan bahan-bahan yang baik. Ini disebutnya akan membantu kulit mereka berkembang seperti yang Hailey lakukan untuk Justin dan kulit suaminya.

"Begitu banyak orang akan memiliki kulit dewy yang indah karena keinginan kamu untuk memberi mereka akses ke yang terbaik!" lanjutnya. Ia pun menutup keterangan manisnya dengan mengatakan pesan cinta untuk Hailey. "I love you baby!" Hailey membalas di kolom komentar.

Antusiasme serupa juga dibagikan Hailey. Di akun Instagram-nya, ia menyebut bahwa Rhode adalah "rangkaian perawatan kulit penting yang dibuat dengan niat bijaksana."

4 dari 4 halaman

3 Produk Pertama

Hailey Bieber melanjutkan, ia dan tim menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengerjakan formula skincare tersebut, dengan ahli kulit dan chemists untuk memastikan bahwa setiap produk Rhode "memulihkan, melindungi, dan memelihara kulit penggunanya."

"Formula kami hanya menggunakan bahan-bahan berkinerja tinggi pada tingkat yang manjur. Masing-masing memiliki tujuan, tidak membuat sensitisasi, dan dipilih karena keampuhannya karena skin barrier yang bahagia adalah skin barrier yang bercahaya," tambahnya.

Melansir People, dalam peluncuran perdana, Rhode membawa tiga buah produk: Peptide Glazing Fluid, Barrier Restore Cream, dan Peptide Lip Treatment. "Sangat penting bagi saya bahwa jika saya membuka dunia Rhode, semua orang diundang. Saya ingin itu dapat diakses dan dicapai untuk semua orang," kata Hailey.

Ia melanjutkan, "Saya bahkan tidak percaya bahwa orang ingin melihat apa yang saya lakukan dan mereka terinspirasi olehnya. Saya sangat bersyukur untuk itu. Saya pikir itu sangat keren dan sangat menakjubkan. Dan saya merasa seperti saya di dalamnya bersama mereka."