Sukses

Selain Tambah Ilmu, 4 Perpustakaan Ini Juga Bisa Tambah Stok Foto di Gawai Kamu lho!

Di perpustakaan ini, ruang membaca sangat nyaman, pencahayaan cukup, interior yang dapat mendukung suasana membaca, kelengkapan fasilitas, hingga punya beberapa spot foto yang instagramable!

Liputan6.com, Jakarta Kamu punya rencana berkunjung ke perpustakaan minggu ini? Entah ingin mencari sumber bacaan buat skripsi kamu atau hanya sekadar menikmati kesendirian di tengah penatnya pekerjaan di Jakarta? Atau kamu sedang mencari buku langka dan ingin membacanya di tempat yang nyaman?

Yup, di Jakarta, ada lho perpustakaan yang bisa menjawab pertanyaan kamu semua. Di perpustakaan ini, ruang membaca sangat nyaman, pencahayaan cukup, interior yang dapat mendukung suasana membaca, kelengkapan fasilitas, hingga punya beberapa spot foto yang instagramable!

Kalau kamu berkunjung ke deretan perpustakaan ini, dijamin bakal nyaman dan betah deh lama-lama. Eits, tapi apa saja sih perpustakaan yang nyaman dan bikin betah yang ada di Jakarta? Check this out!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan yang terletak di jantung ibu kota ini diresmikan pada tahun 2017. Gedung Perpustakaan Nasional ini memiliki 27 lantai. Asyiknya ketika kamu berkunjung ke sini, selain memang koleksi bukunya yang sangat banyak dan lengkap, kamu bisa melihat view Monas dari ketinggian, bahkan kamu bisa melihat pemandangan Utara Jakarta dengan begitu eloknya dari lantai 24.

Koleksi yang ada di Perpustakaan Nasional ini, meliputi buku digital, buku langka, manuskrip, foto, peta, hingga lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Ada juga monograf, rekaman suara, hingga film yang bisa kamu cari dan nikmati. Eits, untuk buku? Nggak usah ditanya lagi, sudah pasti lengkap! Cocok banget deh buat kamu yang ingin kelarin skripsian di sini!

3 dari 5 halaman

2. Erasmus Huis

Perpustakaan yang menjadi pusat kebudayaan Belanda ini terletak di Selatan Jakarta. Perpustakaan ini terletak persis di dalam kompleks Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, kalau kamu punya interest sama kebudayaan Belanda, kamu bisa kunjungi perpustakaan ini lho!

Erasmus Huis memiliki desain interior yang sangat menarik dan juga nyaman. Selain desainnya, Erasmus Huis juga memiliki 15 ribu judul buku terbitan Indonesia dan Belanda dari kategori sastra, linguistik, sejarah, politik, sosial, seni, budaya, anak-anak, hingga kamus. Pilihan yang tepat jika kamu lagi punya tugas akhir yang bersinggungan dengan sejarah untuk datang ke sini!

4 dari 5 halaman

3. Freedom Institute

Perpustakaan Freedom merupakan salah satu perpustakaan di Jakarta yang terletak di Kuningan, Jakarta. Terdapat puluhan ribu koleksi buku tersedia di Perpustakaan Freedom Institute. Buku-buku tersebut disusun di rak sesuai tema.

Ada rak berisi buku filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi demokrasi, dan sastra. Sayangnya, di Perpustakaan Freedom Institute, pengunjung nggak bisa meminjam buku. Jadi buku-buku tersebut hanya bisa dibaca di tempat. Cuma, tempat ini sangat nyaman buat kamu yang ingin mencari kesunyian di Selatan Jakarta!

5 dari 5 halaman

4. Goethe-Institut

Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta ini terletak di Jl. Sam Ratulangi 9-15, Menteng, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini bisa dijadikan sumber referensi untuk menyelami seluk-beluk Jerman dengan sangat nyaman dan juga interaktif. Ya, walaupun nggak se-instagramable dari perpustakaan sebelumnya, tapi Goethe-Institut bisa dijadikan salah satu rekomendasi buat mencari tenang di Jakarta!

Eits, nggak luput, perpustakaan ini memiliki sekitar 5.000 koleksi buku dan majalah berbahasa Jerman maupun terjemahan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Koleksi buku di perpustakaan ini di antaranya mencakup berbagai novel, karya klasik, buku nonfiksi, serta buku anak dengan tema yang bervariasi lho.

Nah, itu dia 4 perpustakaan di jantung ibu kota yang bisa kamu kunjungi ya! Entah pas hari kerja atau akhir pekan. Entah kamu ingin menyelesaikan skripsi atau santai sejenak. Selain bisa tambah ilmu, perpustakaan tersebut juga bisa tambah stok foto di gawai kamu lho!

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini