Sukses

Manga Hunter x Hunter Hadir Kembali Usai Hiatus Selama 4 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari mangaka Hunter x Hunter. Setelah hiatus selama empat tahun, Hunter x Hunter hadir kembali untuk para penggemarnya di dunia.

Kabar kembalinya manga Hunter x Hunter bukan isapan jempol belaka. Karena sumber informasinya langsung datang dari mangakanya sendiri, Yoshihiro Togashi.

Ternyata, ia diam-diam membuat akun Twitter dengan akun @Un4v5s8bgsVk9. Dalam cuitannya ia membagikan informasi "empat episode lagi untuk saat ini" tulisnya dalam bahasa Jepang.

Namun, ia belum banyak menyiapkan bab baru dan hanya beberapa halaman yang baru diselesaikannya. Tak hanya potongan desain karakter, ia juga membuat sebuah pohon besar yang mengundang banyak kiasan dari para penggemarnya.

Salah satu mangaka yang mengunggah ulang kicauan tersebut adalah Yusuke Murata, kreator One Punch Man. Kicauan ulang itu sekaligus mengonfirmasi bahawa akun tersebut adalah milik Togashi.

Terakhir kali, Togashi memproduksi manga Hunter x Hunter chapter alias bab 390 yang dirilis penerbit Shueisha pada November 2018. Setelah itu, tak ada lagi kabar soal manga karya pengarang yang juga dikenal menggarap Yu Yu Hakusho dan Level E ini.

Hunter x Hunter pun diadaptasi kembali menjadi sebuah anime oleh Madhouse dan VAP dengan siaran di Nippon Television Network Corporation pada 2 Oktober 2011 sampai 24 September 2014 dengan jumlah episode mencapai 148 episode. Sementara di Indonesia sendiri, anime Hunter x Hunter hanya yang versi yang pertama saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cerita Hunter x Hunter

Hunter x Hunter bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Gon Freecss. Ia tinggal di sebuah pulau yang mencari ayahnya yang sudah menjadi Hunter sejak usia muda.

Ayahnya masih hidup di suatu tempat mempertaruhkan nyawanya untuk mencari barang-barang yang tidak diketahui, seperti harta karun, curiosa, makhluk hidup yang eksotis. Gon memutuskan menjadi Hunter profesional dan meninggalkan pulau itu.

Hunter adalah orang yang berkeliling dunia melakukan segala macam tugas berbahaya. Dari menangkap penjahat hingga mencari jauh di dalam tanah yang belum dipetakan.

Namun, untuk menjadi Hunter, dia harus lulus ujian Hunter. Di mana dia bertemu dan berteman dengan tiga pelamar lainnya. Mereka adalah Kurapika, Leorio, dan Killua.

Seiring waktu berjalan, ia berteman dengan Kurapica yang didorong oleh balas dendam, calon dokter Leorio dan mantan pembunuh Killua yang memberontak dalam ujian. Dengan persahabatan mereka yang berlaku banyak cobaan dan ancaman yang mereka hadapi saat mengambil karier berbahaya sebagai Hunter.

Bisakah Gon melewati rintangan berat ini untuk menjadi "Hunter Terbaik di Dunia" dan akhirnya bertemu ayahnya?

3 dari 4 halaman

Profil Yoshihiro Togashi

Dihimpun dari berbagai sumber, Yoshihiro Togashi lahir di Shinzō, Yamagata, Jepang, pada 27 April 1966. Ia disebut terlahir dari keluarga seorang pemililk toko kertas yang eksis hingga saat ini.

Ia memiliki bakat menggambar sejak duduk di bangku SD. Seiring waktu berjalan, ia bergabung dengan klub kesenian di SMA.

Setelah lulus, ia aktif mengirimkan beberapa karyanya ke majalah Weekly Young Jump sambil menempuh pendidikan di Universitas Yamagata. Pihak penerbit pun tertarik untuk menerbitkan karyanya untuk publik.

Togashi menikahi Naoko Takeuchi, pengarang manga Sailor Moon. Mereka bertemu pada sebuah pesta yang diadakan oleh Kazushi Hagiwara pada Agustus 1997.

Togashi dan Takeuchi menikah pada 6 Januari 1999. Upacara pernikahannya dihadiri beberapa sesama seniman manga dan pengisi suara dari serial anime Sailor Moon dan YuYu Hakusho

4 dari 4 halaman

Penghargaan

Dalam usia relatif muda, ia kemudian merilis sebuah manga berjudul Buttobi Straight. Dari situ ia berhasil meraih penghargaan pertama di ajang Tezuka Award 1986.

Karyanya yang berjudul Jura no Mizuki berhasil membawanya masuk ke dalam nominasi Honorable Mention di ajang Hop Step Award Selection Magazine pada 1988. Pihak penerbit kemudian meminta dia untuk pindah ke Tokyo agar fokus sebagai mangaka.

Ia kemudian meninggalkan cita-citanya sebagai guru dan fokus jadi mangaka. Ia akhirnya fokus sebagai mangaka pada 1989. Karya-karya Yoshihiro Togashi kemudian semakin banyak dan digemari publik.

Manga Hunter x Hunter laku secara komersial dengan 20 volume pertamanya terjual hampir 55.000.000 copy di Jepang pada Agustus 2011. Pada 2008, Togashi bersejajaran dengan pengarang One Piece, Eiichiro Oda, sebagai seniman manga terfavorit ke-5 pada sebuah jajak pendapat yang dipasang oleh firma riset pemasaran Oricon.