Sukses

10 Destinasi Terpopuler di Dunia Tahun 2022 Versi TikTok, Ada dari Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan telah jadi salah satu kategori yang berkembang di TikTok. Untuk mengetahui ke mana pengguna ingin pergi pada liburan berikutnya, situs web pemesanan perjalanan Next Vacay menguraikan atraksi wisata yang sedang tren di platform tersebut.

Data tersebut kemudian direferensikan dengan ulasan Tripadvisor untuk menentukan faktor lain, seperti cuaca destinasi, titik harga, dan keramaian, untuk akhirnya menemukan destinasi wisata paling banyak diminati di seluruh dunia, seperti dikutip dari Travel and Leisure, Rabu, 25 Mei 2022.

"Penelusuran 'video TikTok perjalanan' telah melonjak 350 persen, dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Pada 2022, generasi muda milenial dan pelancong Gen-Z beralih ke aplikasi media sosial viral untuk inspirasi perjalanan, saran tanpa filter, dan perjalanan jenius," kata seorang perwakilan dari Next Vacay dalam sebuah pernyataan.

Pihaknya menyambung, "Apakah Anda mencari keajaiban alam, pemandangan menakjubkan, atau arsitektur terbaik yang ditawarkan umat manusia, (inspirasi) tujuan perjalanan Anda berikutnya mungkin datang dari TikTok."

Menurut Next Vacay, daftar 10 besar destinasi paling populer di TikTok termasuk Stonehenge di Salisbury, Inggris, di nomor 10. Atraksi tersebut mengumpulkan hampir 52 juta tampilan di TikTok dari Februari 2021 hingga Februari 2022 (saat semua data masuk survei ini dikumpulkan).

Disusul Taman Nasional Yosemite di California, Amerika Serikat dengan 59 juta tampilan TikTok, Bendungan Hoover di Nevada dengan 70 juta tampilan, Jembatan Golden Gate San Francisco dengan 118 juta tampilan, dan Las Vegas Strip di Nevada, yang memiliki lebih dari 259 juta tampilan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Daftar 5 Besar

Adapun lima besar destinasi paling populer di dunia tahun 2022 versi Tiktok adalah Grand Canyon di posisi ke-5 dengan 273 juta tampilan selama periode survei 12 bulan. Diikuti oleh Taj Mahal dengan 377 juta tampilan di nomor empat.

Slot nomor tiga jadi milik tujuan perjalanan klasik, Menara Eiffel, yang memiliki 719 juta tampilan di TikTok, diikuti Burj Khalifa di Dubai di nomor dua dengan 1,9 miliar tampilan. Sayangnya, belum ada tempat di Indonesia yang masuk dalam daftar ini. Pasalnya, di tempat nomor satu adalah tujuan media sosial favorit semua orang, Disney World di Orlando, yang mencatat 8,6 miliar tampilan menakjubkan di TikTok.

Kendati demikian, Indonesia sebelumnya sudah mencatat prestasi di daftar berbeda. Jamrud Khatulistiwa ini memastikan namanya di beberapa kategori dalam daftar tempat paling fotogenik di dunia pada 2022 rilisan aplikasi cetak foto Inkifi di situs webnya pada akhir April 2022.

Pihaknya menulis, "Dengan dunia perjalanan yang sekarang sebagian besar kembali normal, banyak dari kita sekali lagi merencanakan liburan dan perjalanan jauh untuk istirahat, relaksasi, dan pelarian yang sangat dibutuhkan. Untuk membantu memberikan inspirasi bagi kita yang memiliki nafsu berkelana yang kuat, kami telah membuat Panduan Perjalanan Instagram 2022."

3 dari 4 halaman

Gedung Pencakar Langit

Mereka menulis, "Setelah melihat ratusan tempat di berbagai kategori, kami menemukan lokasi yang paling Instagramable untuk setiap jenis wisatawan. Dari hotel termewah hingga pemandangan epik taman nasional terbaik dunia, inilah tujuan wisata paling fotogenik tahun 2022."

Dalam kategori "Gedung Pencakar Langit," Jakarta berada di posisi ke-11. Dalam keterangannya mereka menulis, "Pemandangan yang sering diabaikan adalah cakrawala kota. Setiap lanskap unik di lokasinya, terbentuk dari berbagai landmark, gedung kantor, dan blok menara yang membentuk kota secara keseluruhan."

Kota New York menempati posisi teratas sebagai panorama gedung pencakar langit paling fotogenik, dengan lebih dari setengah juta unggahan di Instagram. Rumah bagi beberapa struktur paling ikonik di dunia, seperti Patung Liberty dan Empire State Building, tidak heran jika cakrawala kota ini jadi spot foto yang populer.

Sementara, gedung bertingkat Jakarta mencatat 48 ribuan unggahan di platform tersebut, berada di bawah Singapura dengan hampir 54 ribu unggahan.

4 dari 4 halaman

Kategori Pantai dan Taman Nasional

Indonesia kembali memastikan namanya masuk daftar dalam kategori "Pantai." Yang jadi wakil kali ini adalah Pantai Kuta, Bali, yang berada di posisi ke-10 dengan catatan 641 ribu unggahan di Instagram.

Itu berada di bawah Panama City Beach di Florida, Amerika Serikat, dan mengungguli Los Roques di Venezuela. Masing-masing pantai tersebut mencatatan 890 ribu dan 589 ribu unggahan di media sosial tersebut.

Nama pantai lainnya dari Indonesia juga muncul dalam daftar. Yang dimaksud adalah Pantai Echo, yang juga masih berlokasi di Bali dengan catatan 135 unggahan, dan menempati posisi ke-31. Juga, ada Pantai Canggu di peringkat ke-33 dengan hampir 116 unggahan.

Menambah panjang daftar wakil Indonesia, ada Taman Nasional Komodo (TNK) dalam kategori "Taman Nasional." Menempati peringkat ke-36, TNK mencatatkan 199 ribu unggahan di Instagram.

Di atasnya ada Taman Nasional Big Bend di Texas, Amerika Serikat, dengan catatan 199,7 ribu unggahan di platform tersebut. Sementara, TNK mengungguli Taman Nasional Nevado de Toluca di Meksiko dengan 192 ribu unggahan di Instagram.