Sukses

Viral Warung Makan Kerek di Perkantoran Jakarta Selatan, Unik dan Murah Meriah

Liputan6.com, Jakarta - Orang yang bekerja di kantor biasanya punya tempat atau warung makan langganan terutama untuk makan siang. Meski sekarang memesan makanan maupun minuman secara online populer, kebiasaan membeli makanan secara langsung tetap banyak diminati.

Saat membeli makanan langsung di tempat, biasanya orang akan dengan mudah mendapatkan pesanannya. Pembeli akan secara langsung memberi makanan pada pelanggan.

Akun TikTok @nurinwaskita membagikan video tentang penjual ayam goreng dengan metode penjualan yang unik. Sebuah warung makan sederhana di pinggir kali ini laris manis dibeli oleh pekerja kantoran di area dekat gedung-gedung pencakar langit di kawasan Jakarta Selatan.

Saat itu seorang wanita hendak membeli makanan saat istirahat siang. Ia pun pergi besama teman-temannya ke pinggir jalan dekat kali. Di seberang kali itu terdapat warung makan yang berlokasi di sebuah perkampungan.

Untuk membeli makan di warung tersebut, pembeli perlu berteriak untuk berkomunikasi dengan penjual. Di pinggir jalan tersebut juga terpasang sebuah tali lengkap dengan ember yang terpasang.

Menu makanan yang dijual di warung itu juga diletakkan di dalam ember.  Pembeli bisa memesan menu yang tertera di sana kemudian meletakkan uang di dalam ember.

Setelah selesai memesan, penjual akan mengerek tali dan ember pun menghampirinya. Pelanggan pun akan menunggu makanan disiapkan. Setelah siap, pesanan akan ditaruh kembali di ember dan dikerek menuju pembeli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penolong Kantong

Harga makanan yang dijual di warung kerek ini pun cukup terjangkau. Seporsi nasi ayam penyet hanya dibanderol dengan harga Rp15 ribu. Video ini lantas menarik banyak perhatian publik dan sempat viral.

Beragam komentar memenuhi unggahan pada 18 Mei 2022 ini. "Seru banget cara pesannya hahaha. Beda dari yang lain, ada aja idenya," komentar seorang warganet.

"Ini penolong kantung banget sih di area Jakarta Selatan yang makanannya mahal-mahal," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang warung kerek ini sudah disaksikan lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 83 ribu kali.

Ada beragam warung makan unik lainnya di Jakarta. Sebuah kedai tengkleng dan tongseng yang cukup terkenal, yaitu Sate Kambing Pak Manto di Bintaro, Jakarta Selatan, juga punya cara yang tak biasa dalam memasak hidangannya.

Mereka menggunakan wajan khusus dengan pegangan kayu untuk memasak satu porsi tengkleng atau tongseng. Kompor arangnya disusun berjejer.

3 dari 4 halaman

Melempar Wajan

Setelah memasak makanan di wajan, bukan dicuci atau dirapikan, wajan tersebut malah "dibuang".  Pekerja yang memasaknya, melempar begitu saja wajan-wajan setelah memasak. Atraksi ini pun viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Tiktok @letseatkuy. Video tersebut kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram resmi Sate Kambing Pak Manto.

"Gaes restoran ini nggak rugi ya? Sekali masak satu wajan?" tulis keterangan dalam unggahan tersebut. "Wah ini sultan banget yang punya warung makannya, masak sekali pakai langsung dibuang," lanjutnya.

Dari video tampak wajan-wajan dilempar ke sebuah drum besar. Wadah itu ternyata merupakan penampungan sementara wajan sebelum dicuci. Pertanyaan warganet tentang apakah wajan-wajan itu benar-benar dibuang atau tidak, akhirnya bisa terjawab.

Semua wajan yang sudah sekali dipakai ternyata dikumpulkan lebih dulu sebelum dicuci dan kemudian digunakan lagi. Aksi melempar wajan itu tentu bisa dilakukan karena mereka punya banyak stok wajan.

4 dari 4 halaman

Atraksi Tersendiri

Atraksi lempar wajan ini pun jadi daya tarik tersendiri di kedai Tengkleng asli Solo, Jawa Tengah itu. Namun, aksi unik tersebut hanya dilakukan di cabang mereka di Jalan RC Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan.

Selain aksinya yang unik, porsi makanan di kedai tersebut menurut pemilik akun @letseatkuy, juga termasuk banyak. "Warung makan ini gak rugi apa? 🤔🤔 IGANYA BANYAK BGT!!" tulisnya.

Ia menambahkan, dagingnya juga empuk dan enak, kuahnya juga terasa gurih terutama menu Tengkleng Rica-Rica. "Ruangannya juga cukup besar. Tempat makannya memang di dalam ruamgan supaya nggak kena asap saat bakar daging atau sate," tulisnya lagi.

Video ini mampu menarik banyak perhatian warganet. Sebagian besar penasaran ingin mencoba dan datang langsung ke warung makan tersebut. "Kalian nelen ludah gak sih gaes lihat ini," komentar seorang warganet. 

Sate Kambing Pak Manto merupakan kuliner legendaris di Kota Solo. Kalau Anda ingin menikmati olahan kambing selama di sini, masyarakat Kota Solo bakal merekomendasikan tempat makan ini apalagi lokasinya strategis.