Sukses

10 Penginapan di Bali di Bawah Rp1 Jutaan, Pilih Sesuai Bujet dan Gaya Liburanmu!

Liputan6.com, Jakarta Seiring kondisi pandemi yang kian membaik, jumlah wisatawan domestik atau wisdom yang berkunjung ke Bali, kembali meningkat. Data dari Dinas Pariwisata Bali bahkan mencatat, per Januari 2022, jumlah wisdom mencapai lebih dari 527 ribu orang. 

Nah, buat kamu yang juga ingin berlibur #DiIndonesiaAja dengan tujuan ke Bali, ada beberapa rekomendasi daftar penginapan ramah di kantong, di bawah Rp1 jutaan yang memiliki standar protokol kesehatan, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berikut daftarnya dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan bujet dan gaya liburanmu:

1. Restu Bali Hotel

Penginapan ini lokasinya tepat di jantung Legian yang menawarkan fasilitas seperti kolam renang outdoor, spa & pusat kesehatan, layanan antar-jemput bandara, serta restoran yang menyajikan beragam hidangan mulai dari menu Indonesia, China, Jepang, dan Eropa. 

Jika kamu menginap di tempat ini, untuk menuju ke kawasan Pantai Kuta yang terpopuler, hanya membutuhkan waktu lima menit dengan berjalan kaki. Jika ingin berbelanja atau bersantap di Seminyak, kamu hanya butuh waktu 10 menit dengan berkendara. 

Penginapan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, loh! Buat para peransel (backpacker), Restu Bali Hotel menawarkan konsep bunk bed dengan harga Rp70 ribuan. Namun jika kamu ingin menyewa Kamar Deluxe Double harganya sekitar Rp179 ribu dan tempat tidurnya dapat kamu tentukan saat proses check-in

2. 100 Sunset Kuta Hotel

Untuk kamu yang ingin menempuh jarak terlalu jauh menuju pantai, 100 Sunset Kuta Hotel jawabannya. Kamu bisa menuju ke Pantai Kuta hanya dengan 10 menit berkendara. Kamar standar yang disewakan dengan kisaran harga Rp180 ribuan per malam ini dilengkapi dengan TV layar datar, minibar, dan kamar mandi pribadi, serta akses Wi-Fi. Jika kamu ingin kamar yang memiliki balkon dan bathtub, range harganya mulai dari Rp265-Rp800 ribu per malam. 

2 dari 9 halaman

3. Serenity Eco Guesthouse

Terletak di sekitar Canggu yang damai, 150 meter dari pantai terdekat, Serenity Eco Guesthouse menawarkan tempat peristirahatan holistik dengan fasilitas meditasi, pijat, kolam renang luar ruangan sepanjang 14 meter, dan taman permakultur. Akomodasi ini menyediakan 10 sesi yoga setiap hari dengan biaya tambahan. Terdapat Wi-Fi gratis di semua areanya.

Untuk peransel, penginapan dengan zona bebas rokok dan alkohol ini juga menyediakan tempat tidur bertingkat layaknya di asrama (bunk bed) dengan kisaran harga Rp150 ribu. Namun kamu juga bisa memilih Kamar Bamboo Double dengan pemandangan taman dan kolam renang yang dibanderol dengan harga Rp400 ribu. 

Kamar mandi dalamnya dilengkapi dengan peralatan mandi dan shower. Akomodasi ini menggunakan sistem limbah air kelabu serta insektisida dan pestisida alami. Dengan berkendara hanya berjarak 45 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu bisa menginap di sini, loh! 

3 dari 9 halaman

4. Echoland Bed and Breakfast

Echoland Bed & Breakfast terletak di Desa Canggu, Bali, hanya berjarak 250 meter dari Pantai Echo. Dikelilingi pemandangan alam, hotel ini menawarkan Wi-Fi gratis dan kolam renang luar ruangan. Interior kamarnya juga memanjakan mata dengan dekorasi Bali modern tapi juga menampilkan elemen desa tradisional.

Penginapan ini dicapai dalam 35 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Dengan harga Kamar Standard Double atau Twin sekitar Rp500 ribuan, kamu mendapatkan fasilitas TV satelit layar datar, brankas pribadi, dan shower air panas. Oh ya, jika kamu menginap di Echoland bersama keluarga, penginapan ini juga menawarkan kamar keluarga dengan satu tempat tidur super king dan satu tempat tidur bertingkat yang dapat disewa sekitar Rp600 ribu per malam.  

Untuk destinasi wisatanya, kamu bisa menuju ke beberapa pantai di Bali, seperti Pantai Kuta, Pantai Berawat, Pantai Batu Belig, Pantai Seseh, Pantai Nelayan, Canggu, Pantai Batu Bolong, dan pastinya Echo Beach yang ditempuh hanya 450 meter dari penginapan.

4 dari 9 halaman

5. The ONE Legian

Hotel bintang empat yang didesain modern dan bergaya minimalis kontemporer ini terletak di Jalan Legian yang ramai di Kuta. Setiap kamar di The ONE Legian memiliki jendela tinggi dan dilengkapi dengan perabotan kayu. 

Dengan lantai keramik dan marmer di Kamar Superior yang dapat disewa Rp500 ribuan per malam, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas dari penginapan. Salah satunya adalah kolam renang luar ruangan di rooftop. Jika kamu datang bersama keluarga, rekomendasinya adalah Kamar Deluxe Double atau Twin dengan tempat tidur tambahan, dengan pemandangan kolam renang. Harga sewa kamar per malam masih di bawah Rp1 jutaan kok. 

Kafe terdekat dari penginapan adalah Vi Ai Pi, Apache Surfer Bar, dan restoran terkenal yaitu Sate Bawah Pohon Legian. Kalau mau ke Pantai Double Six, jaraknya hanya sekitar 2,2 km dari penginapan.

5 dari 9 halaman

6. Natya Hotel Kuta

Kolam renang terbuka, tempat pijat, restoran, dan layanan antar jemput gratis yang terjadwal ke Beach Walk dan Discovery Mall. Ya, itulah beberapa keuntungan jika kamu menginap di Natya Hotel. Dengan harga sewa per malam sekitar Rp500 ribuan, kamu dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata. Mulai dari Pantai Tuban, Pantai Kuta, Pantai Jerman, Pasar Seni Kuta, Pulau Penyu Serangan. 

6 dari 9 halaman

7. Watermark Hotel Bali

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pantai namun tak memerlukan usaha besar, bisa menginap di Watermark Hotel & Spa. Hotel dengan desain kontemporer ini hanya berjarak sembilan menit dengan berjalan kaki menuju ke Pantai Kedonganan. 

Selain itu, untuk menuju ke destinasi wisata lain seperti Jimbaran dan Pantai Kuta, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di lokasi tujuan. Mau ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan berkendara. 

Kamar Superior sebagai kamar standar di hotel ini dapat disewa dengan harga sekitar Rp500 ribuan per malam. Oh ya, hotel bintang empat ini juga menawarkan fasilitas yang dapat kamu nikmati selama berlibur, mulai dari tempat kebugaran hingga perawatan relaksasi atau spa. 

7 dari 9 halaman

8. Mercure Legian

Lokasinya sangat strategis di kawasan Legian. Hotel bintang empat ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang luar ruangan, tempat spa, pusat kesehatan, dan pusat kebugaran. serta akses Wi-Fi gratis di seluruh area. 

Setiap kamar memiliki AC, TV kabel layar datar, brankas pribadi, minibar, area tempat duduk, kulkas, dan meja. Harga sewa kamar standar (Superior King) sekitar Rp600 ribuan. Jika kamu ingin menikmati suasana malam di Bali, kamu dapat menuju ke Hard Rock Cafe, Sky Garden Bar, Ku De Ta, dan Potato Head. 

8 dari 9 halaman

9. Puri Cendana Resort Bali

Buat kamu yang ingin menikmati akomodasi bergaya Bali dengan kamar kelambu, Puri Cendana Resort adalah jawabannya. Dengan harga kamar standar sekitar Rp780 ribuan kamu bisa bersantai di teras dengan tanamanan hijau yang menyegarkan mata. Selain itu setiap kamarnya memiliki bathtub dan shower air panas. Siang harinya, kamu bisa berkendara sekitar lima menit untuk menuju ke sejumlah toko trendi di kawasan Seminyak. Mau ke Pantai Seminyak? Kamu bisa berjalan kaki sekitar dua menit dari penginapan.

9 dari 9 halaman

10. Canggu Dream Village

Ini adalah salah satu rekomendasi penginapan yang terletak di Canggu jaraknya tidak hanya dekat bandara tapi juga restoran dan wisata belanja. Penginapan ini menawarkan akomodasi kolam renang luar ruangan yang bisa jadi tempat nongkrong seru bersama teman-teman di pagi hari atau malam harinya. 

Untuk menginap per malam di Canggu Dream Village, kamu tidak perlu khawatir karena harganya tidak bikin kantong jebol sekitar Rp875 ribuan aja, selain itu kamu dapat menikmati fasilitas seperti shower, peralatan mandi, dilengkapi dengan brankas, dan pengering rambut. 

Nah itulah rekomendasi 10 penginapan buat kamu yang menyukai liburan dengan akomodasi ramah di kantong yang menawarkan sejumlah fasilitas berkelas. Untuk memastikan harga dan promo yang diberikan hotel, kamu bisa langsung cek website masing-masing hotel, ya! Jangan lupa, selama liburan, kamu selalu menerapkan protokol kesehatan saat liburan, dengan berlakunya standar CHSE bagi pelaku usaha di bidang pariwisata ini, tentunya membuat kamu jadi lebih aman dan nyaman ketika berwisata di era pandemi seperti sekarang. 

Oh ya, setelah liburan rasanya tak lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Bali. Ya, kamu bisa ikut ambil bagian dalam #BeliKreatifLokal, seperti karya pahatan dan lukisan yang terinspirasi dari budaya Jawa dan Hindu kuno. Untuk ukiran tradisional biasanya melambangkan dewa-dewa suci, tapi sekarang, Sobat Pesona juga bisa menjumpai ukiran kuda, penari, wajah ekspresif, dan masih banyak lagi!

Dengan membeli produk ekraf setempat, secara tidak langsung kamu telah berkontribusi membantu pemulihan perekonomian, loh! Berkaitan dengan ekonomi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan kehidupan perekonomiannya di sektor pariwisata. 

"Diharapkan sektor ini nantinya bisa menjadi sektor lokomotif yang mendorong upaya perlindungan pelestarian alam dan warisan budaya dengan konsep planet, people, and prosperity agar bisa dinikmati oleh generasi masa depan," ujar Sandiaga. 

Jadi, jangan lupa ya untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan 6M dengan memakai masker, mencuci tangan secara berkala, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobiltas, dan menghindari makan bersama agar kondisi segera membaik ya. Segera vaksinasi agar herd immunity terbentuk dan bisa ikut melindungi orang-orang sekitar. 

Nah, sekarang saatnya membuat list destinasi mana saja yang akan dikunjungi saat liburan ke Bali? Kamu bisa temukan berbagai referensi wisata #DiIndonesiaAja dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia. Juga jangan sampai enggak ikutan Pesona Punya Kuis (PUKIS) yang hadir setiap dua minggu sekali. Kamu bisa dapat hadiah berupa merchandise dan hadiah jutaan rupiah dari Wonderful Indonesia. Don't miss it!

 

(*)