Sukses

Sinopsis Avatar 2: Kerinduan Mengulang Sukses Film Avatar 1

Film Avatar 2 diharapkan bisa mengulang kesuksesan yang diraih film sebelumnya pada 2009 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Avatar 2 sekarang memiliki judul resmi, Avatar: The Way of Water. Ini menjadi sekuel film pertama yang rilis pada 2009 lalu. Trailer teaser perdananya di CinemaCon pada 27 April 2022 dan dirilis secara online pada 9 Mei 2022.

Berbicara pada Maret 2022, Steve Asbell, Presiden 20th Century Studios, menggoda bahwa sekuelnya "akan membuat orang terpesona".  "Anda belum siap untuk apa yang dilakukan Jim [Cameron, sutradara]," dilansir dari Digital Spy, Selasa (10/5/2022).

James Cameron, sang sutradara, mengungkapkan di CinemaCon bahwa dia "bekerja keras memberikan sentuhan akhir pada film". Dia sebelumnya berbicara tentang bagaimana keputusan untuk menetapkan sebagian besar film di bawah air adalah salah satu dari beberapa faktor mengapa film ini begitu lama digarap.

"Kedengarannya agak gila, prosesnya," Cameron mengakui kepada EW tentang rencananya untuk sekuelnya. "Maksudku, jika Avatar tidak menghasilkan banyak uang, kita tidak akan pernah melakukan ini — karena ini agak gila."

Jika ada orang yang bisa melakukannya, itu adalah Cameron, sutradara yang bertanggung jawab atas dua dari tiga film terlaris sepanjang masa, Avatar dan Titanic. Beberapa orang mungkin mempertanyakan apakah ada yang menginginkan Avatar 2 sekarang, tetapi jangan pernah bertaruh melawan pembuat film.

Zoe Saldaña  yang ikut membintangi film tersebut menyebutkan bahwa film ini layak ditunggu. Selama melihat film Avatar tersebut selama 20 menit, matanya sampai meneteskan air mata. "Saya pikir Anda benar-benar harus mempersiapkan diri untuk itu, tetapi itu akan menjadi petualangan yang tidak akan Anda lupakan," kata dia.

Menurut rencana, Avatar: The Way of Water tayang pada Desember 2022. Sekuel ini sekaligus memulai serangkaian sekuel setiap tahun hingga Avatar 5 pada 20228.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Lama?

Singkat cerita, Avatar 2 akhirnya akan dirilis pada 16 Desember 2022, setelah diundur dari Desember 2021 karena krisis kesehatan global yang sedang berlangsung. Sekuel ini mulai syuting pada 2017. Pada September 2020, Cameron mengungkapkan bahwa mereka "100 persen selesai" di Avatar 2 dan sekitar 95 persen selesai di Avatar 3.

Cameron mengatakan pada April 2022 bahwa dia sedang memberikan "sentuhan terakhir" pada sekuelnya sehingga semuanya tampak sesuai rencana untuk rilis Desember 2022. Perilisan itu sudah mengalami beberapa kali penundaan.

Awalnya, Avatar 2 dijadwalkan untuk rilis pada Desember 2014. Penundaan terjadi lagi dan syuting film tersebut akan berlangsung pada 2016.

Namun, pembuatan film tersebut tak pernah dimulai. Baru pada 2017 syuting film tersebut berjalan. James Cameron sutradara film tersebut menyebut proses penulisan skenario menjadi salah satu faktor penyumbang penundaan terjadi. Di samping, dalam proses syutingnya juga sempat tertunda pada Januari 2017.

 

3 dari 4 halaman

Sinopsis Film

Sekuel itu kemudian ditetapkan untuk rilis Desember 2020 sebelum Disney menggesernya lagi ke Desember 2021. Itu terjadi setelah menyelesaikan pengambilalihan Fox.

Meski tersendat-sendat, Cameron tetap tenang. "Selisih tujuh tahun juga terjadi antara The Terminator dan Terminator 2: Judgment Day, selisih tujuh tahun antara Alien dan Aliens," katanya.

Pada November 2018, BBC melaporkan bahwa empat sekuel Avatar yang direncanakan akan diberi judul Avatar: The Way of Water, Avatar: The Seed Bearer, Avatar: The Tulkun Rider, dan Avatar: The Quest for Eywa. Selain Zoe Saldana yang akan mengulangi peran putri Na'vi Neytiri, Sam Worthington juga kembali sebagai manusia yang berubah menjadi Na'vi/Jake Sully.

Sementara, Kate Winslet bergabung dalam rombongan. Ia memainkan peran Ronal di semua sekuel Avatar, menandai kolaborasi pertamanya dengan James Cameron sejak film laris 1997 Titanic.

Sekuel ini akan memperkenalkan klan Na'vi baru yang disebut Metkayina, dipimpin oleh Cliff Curtis sebagai Tonowari. Karakter Winslet, Ronal, juga merupakan anggota dari klan Metkayina, bersama dengan orang-orang seperti Reya dari Bailey Bass dan Rotxo dari Duane Evans Jr.

Jake dan Neytiri juga memiliki anak Na'vi di sekuelnya, termasuk Neteyam karya Jamie Flatters, Lo'ak karya Britain Dalton dan Tuktirey karya Trinity Bliss. Mereka juga mengadopsi anak manusia Miles Socorro alias Spider, yang diperankan oleh Jack Champion.

4 dari 4 halaman

Avatar 1 yang Sukses

Avatar adalah film fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat yang disutradarai oleh James Cameron. Cameron juga menjadi produser film ini bersama Jon Landau.

Naskah film ini ditulis oleh James Cameron. Film ini dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez dan Sigourney Weaver.

Film Avatar ditayangkan secara perdana di Odeon Leicester Square pada 10 Desember 2009 dan dirilis di Britania Raya pada 17 Desember 2009 dan di Amerika Serikat pada tanggal 18 Desember 2009.  Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83 persen, berdasarkan 299 ulasan.

Menurut Box Office Mojo, film ini meraup sekitar 2.787.965.087 dolar AS atau Rp40,5 triliun. Seakan ingin mengulang kesuksesan Avatar 1, sekuel film tersebut dirancang dengan pemain tak jauh berbeda dari pemain Avatar 1.

Film Avatar menceritakan tentang Bumi pada 2154 yang mengalami krisis sumber energi sangat parah. Para manusia harus mencari sumber energi di planet lain bernama Pandora. Di planet Pandora terdapat sumber energi besar bernama unobtanium.

Untuk menjelajahi biosfer Pandora, para ilmuwan menggunakan hibrida Na'vi dan manusia yang disebut "avatar". Ia dioperasikan oleh manusia yang sesuai genetik, yakni Jake Sully. Mantan marinir yang lumpuh itu menggantikan mendiang saudara kembarnya sebagai operator untuk satu avatar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.