Sukses

Perwakilan Bhutan Akhirnya Bisa Berlaga di Ajang Miss Universe 2022

Menurut penyelenggara, Bhutan akhirnya diterima oleh Organisasi Miss Universe setelah mencoba mendapatkan persetujuan selama lebih dari satu dekade.

Liputan6.com, Jakarta - Pemenang kontes kecantikan Miss Bhutan tahun ini akan bersaing di kompetisi internasional Miss Universe 2022. Menurut penyelenggara, Bhutan akhirnya diterima oleh Organisasi Miss Universe setelah mencoba mendapatkan persetujuan selama lebih dari satu dekade.

Dikutip dari BBS, Senin (9/5/2022), lebih dari 20 peserta mengikuti kontes kecantikan Miss Bhutan 2022. Ajang tersebut merupakan edisi ketiga dari kontes kecantikan yang dimulai pada 2008.

Kontes kedua diadakan pada 2010 dan yang ajang ketiga diadakan setelah lebih dari satu dekade. Tidak seperti sebelumnya, Miss Bhutan pada kompetisi tahun ini akan mewakili negaranya di kontes kecantikan Miss Universe 2022.

Menurut penyelenggara Karma Tshering, pihaknya telah menghubungi organisasi Miss Universe sejak dimulainya Kompetisi Miss Bhutan. "Sebagai penyelenggara kontes Miss Bhutan, saya harus mengikuti beberapa wawancara kualifikasi. Terakhir diadakan pada 4 Mei," kata Karma.

Ia melanjutkan bahwa wawancara berlangsung selama satu jam dengan franchise director. "Akhirnya, Bhutan berhasil lolos dan itulah berita besar yang ingin saya bagikan kepada bangsa ini," tambah Karma.

Ia mengungkapkan bahwa dukungan dari Perdana Menteri dan surat rekomendasinya memainkan peran besar dalam membuat negara diterima. Saat ini, kontes kecantikan dijadwalkan untuk memiliki babak penyisihan setelah seminggu sebanyak sepuluh kontestan Miss Bhutan teratas akan dipilih untuk lolos ke babak berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bhutan Ambil Bagian

Panel juri memberikan poin kepada para peserta untuk berbagai atribut berdasarkan mana pemenang akan dipilih. "Miss Bhutan sebelumnya tidak bisa pergi kemana-mana. Tapi kali ini, siapa pun yang mendapatkan mahkota akan mendapat kesempatan untuk masuk ke Miss Universe yang akan menjadi nilai plus," kata Anita Limbo, salah satu kontestan dalam kontes tersebut.

Panitia mencatat setidaknya ada lebih dari 300 orang terdaftar untuk proses seleksi. Grand final kompetisi ini diperkirakan akan digelar pada 22 Mei mendatang.

Selain itu, penyelenggara Miss Bhutan 2022 juga mengumumkan kabar Bhutan berlaga di Miss Universe 2022 melalui akun Instagram resmi. Pengumuman singkat disampaikan dalam unggahan pada Minggu, 8 Mei 2022.

"It gives us great pleasure to announce that the winner of Miss Bhutan 2022 will be competing in Miss Universe this year (Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa pemenang Miss Bhutan 2022 akan berkompetisi di Miss Universe tahun ini)," bunyi pengumuman itu.

 
3 dari 4 halaman

Miss Universe 2022

Miss Universe 2022 akan menjadi kontes Miss Universe ke-71. Gelaran ini akan berlangsung pada Desember 2022 mendatang.

Kontestan dari sembilan negara dan wilayah telah dipilih untuk bersaing dalam kompetisi. Lima adalah pemenang kontes nasional negara mereka, sementara empat diangkat ke posisi mereka setelah menjadi runner-up kontes nasional mereka atau setelah dipilih melalui proses casting.

Kontes Miss Universe 2022 akan menampilkan debut perwakilan Bhutan dan kembalinya perwakilan Angola, Barbados, Belize, Indonesia, Malaysia, Mongolia, Saint Lucia, Seychelles, dan Swiss. Seychelles terakhir berkompetisi pada 1995, menjadikannya sebagai momen perdana bagi negara itu setelah 27 tahun absen dalam kompetisi.

Swiss terakhir berkompetisi pada 2018, Angola, Mongolia, dan Saint Lucia terakhir berkompetisi pada 2019. Sementara yang lainnya terakhir berkompetisi pada 2020.

Per 30 April 2022, sembilan kontestan yang memastikan diri akan berlaga di Miss Universe 2022. Mereka adalah perwakilan dari Kolombia, Republik Dominika, Ghana, Kazakhstan, Malta, Mauritius, Filipina, Korea Selatan, dan Venezuela. Sedangkan, negara-negara lainnya baru akan mencari perwakilannya pada beberapa waktu mendatang.

4 dari 4 halaman

Miss Universe 2021

Perwakilan India, Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Puncak acara kontes kecantikan ke-70 ini berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021 waktu setempat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza memakaikan Harnaaz Sandhu mahkota kemenangan. Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan).

Agenda kegiatan ajang ini telah terlaksana sejak awal Desember 2021. Pemandu acara Miss Universe 2021 di belakang panggung, yakni Carson Kressley dan Chesley Kryst mengungkap format kontes di 2021, terdiri atas Top 16, Top 10, Top 5, Top 3, dan penganugerahan mahkota.

Posisi Top 16 diduduki oleh wakil dari Prancis, Kolombia, Singapura, Panama, Puerto Riko, Bahama, Jepang, Inggris Raya, Amerika Serikat, India, Vietnam (fan vote), Aruba, Paraguay, Filipina, Venezuela, dan Afrika Selatan. Mereka lantas bersiap untuk berbalut pakaian renang.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman Top 10, yakni wakil Aruba Thessaly Zimmerman, wakil Kolombia Valeria Ayos, wakil Prancis Clemence Botino, wakil India Harnaaz Sandhu, dan wakil Paraguay Nadia Ferreira. Mereka yang juga masuk 10 teratas adalah wakil Filipina Beatrice Gomez, wakil Puerto Riko Michelle Colón, wakil Afrika Selatan Lalela Mswane, wakil Bahama Chantel O'Brian, dan wakil Amerika Serikat Elle Smith.

Penyanyi Jojo turut mengiringi kompetisi gaun malam para kontestan di Top 5 Miss Universe 2021. Mereka yang berhasil menembus babak ini adalah wakil India Harnaaz Sandhu, wakil Afrika Selatan Lalela Mswane, wakil Paraguay Nadia Ferreira, wakil Kolombia Valeria Ayos, dan wakil Filipina Beatrice Gomez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.