Sukses

Kuliner Jalur Mudik Bandung, Tasikmalaya, Banyumas, dan Purwokerto

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran dari Bandung, Jawa Barat ke wilayah Jawa Tengah melalui jalur selatan? Jangan lupa mencicip sejumlah kuliner di sepanjang jalur yang dilewati. Dijamin, setiap daerah memiliki sajian khas yang membuat nuansa pulang kampung tahun ini kian semarak.

Daftarnya terangkum dalam "Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" yang disusun Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Direktorat Jenderal Hubungan Darat, dan Jasa Raharja. Berikut ulasannya dalam kuliner jalur mudik.

Bandung

Sudah bukan narasi baru bahwa Bandung adalah surga kuliner. Selain makanan kekinian yang kerap muncul dari waktu ke waktu, Kota Kembang juga gudangnya sederet sajian legendaris. Jadi peningkat mood untuk memulai mudik, Anda bisa mencicip mi kocok.

Mi kocok dapat dijumpai di berbagai sudut kota Bandung. Ini merupakan hidangan mi berkuah kaldu sapi dengan isian mi kuning, irisan kikil, taoge, bakso, perasan jeruk nipis, serta taburan irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Jika tidak sedang ingin makanan berkuah, Anda bisa mencicip Bubur Ayam Bandung. Makanan yang kini tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini sudah jadi favorit bagi banyak orang.

Bubur ayam pada dasarnya berisikan bubur nasi dengan isian suwiran ayam, cakwe, kacang kedelai, dan biasanya disajikan bersama bumbu santan ditambah kecap asin atau manis sesuai selera. Tapi, jika sedang ingin makan gorengan saja, Anda tidak boleh melewatkan tahu goreng khas Bandung yang disajikan bersama sambal merah.

Tidak hanya di pusat kota Bandung, saat memulai perjalanan mudik di jalur selatan, Anda bisa mampir lebih dulu di Rumah Makan Pindang Ma Ecot. Tempat makan beralamat di Jl. Raya Nagreg No.69 ini punya ikan mas pindang sebagai menu andalan. Menyantapnya pun kian nikmat bersama kentang balado.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

>

2 dari 4 halaman

Tasikmalaya

Bergeser ke Tasikmalaya, ada satu warung makan khas Sunda yang sayang untuk dilewatkan: Baraya Sunda. Tempat makan ini berlokasi di Jl. BKR No.7, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115.

Ada berbagi menu andalan yang bisa Anda cicip di sini. Tapi, satu yang direkomendasikan adalah pepes ikan paskot yang bercita rasa gurih. Daun pisang yang membungkusnya pun akan mengantarkan aroma khas di setiap gigitan.

Perjalanan berlanjut ke Banyumas. Jika sampai di sini, Anda direkomendasikan untuk mampir ke Bakmie Nyemek Bu Trimo. Selain mi nyemek, warung makan ini juga menghidangkan mi rebus atau goreng, nasi goreng, bihun rebus atau goreng, dan ayam goreng sambal lalap.

Mi nyemek yang jadi andalan di sini merupakan sajian mi yang dicampur dengan ayam suwir, telur, dan irisan hati ampela. Tiap menu yang disajikan dijual dengan harga Rp25--30 ribu. Lokasinya di Jl. Raya Buntu-Gombong KM 6 dengan jam buka pukul 8.00--23.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Banyumas

Masih di Banyumas, Anda jangan sampai melewatkan Sate Bebek Wek Wek. Sesuai namanya, sate bebek jadi menu andalan di sini. Potongan daging sate bebek biasanya disajikan dengan sambal kecap nan lezat.

Selain itu, ada juga gule bebek yang kuahnya berupa santan kaldu ayam. Sajian ini kian nikmat dengan taburan bawang goreng dan sepiring nasi hangat. Warung makan ini berlokasi di Jl Raya Tambak, Banyumas dengan nomor telepon 0812-1547-3267 dan jam buka 9.00--21.00 WIB.

Bergeser ke Purwokerto, Oemah Tahu Sumedang Mang Eman jadi salah satu tujuan kuliner yang direkomendasikan. Oemah Tahu Sumedang ini pertama kali berdiri di Purwokerto, tepatnya di kawasan Tambaksogra.

Menu andalannya adalah berbagai olahan tahu. Namun, pilihan masakan khas daerah juga turut jadi menu favorit pelanggan Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Salah satunya adalah nasi liwet yang disajikan bersama lauk ayam goreng, telur rebus, dan peyek kacang hitam.

4 dari 4 halaman

Purwokerto

Tetap berada di Purwokerto, Anda jangan sampai tidak mampir ke Getuk Goreng Sokaraja untuk mencoba getuk gorengnya yang bercita rasa manis. Tujuan wisata kuliner ini berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No. 41--141, Sokaraja Tengah, Sokaraja, Jawa Tengah 53181.

Pilihan lainnya, Anda bisa pergi ke Kupat Tahu Mbah Djawi di Jl. Pegadaian Banyumas yang buka pukul 8.30--17.00 WIB. Selain, Soto Sutri di Jl. Kertadirjan Sokaraja Kulon yang buka pukul 8.30--16.00 WIB pun bisa jadi pilihan menarik.

Untuk diketahui, Jalur Lingkar Selatan (JLS) masuk dalam salah satu program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di musim mudik Lebaran tahun ini. "Untuk JLS sedang disiapkan beberapa destinasi wisata pilihan dan sentra kuliner. Ini bisa menciptakan peluang kerja perekonomian berjalan lancar dan punya potensi wisata yang sangat besar," Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan dalam weekly press briefing, awal minggu ini.

Karena itu, tidak ada salahnya juga Anda mengamati JLS sebagai referensi perjalanan mudik tahun ini.