Sukses

5 Tahap Jaminan Kualitas Laundry

Ada beberapa hal yang menandakan laundry berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan waktu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah hidup seseorang, termasuk dari sektor pelayanan. Salah satunya soal layanan antar jemput, termasuk di dunia laundry.

Saat ini, jasa home service atau pun online service sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Hal itu dilakukan perusahaan laundry asal Prancis, 5asec Indonesia, yang menyiapkan layanan Pick Up and Delivery Service.

"5asec Indonesia menyediakan layanan Pick-Up and Delivery Service untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beraktivitas di rumah saja. Cukup dengan klik layanan Whatsapp kami, 5asec Pick-Up and Delivery Service siap menjemput dan mengantar kembali pakaian, linens, karpet, dan boneka kepada pelanggan," ujar Direktur Marketing 5asec Indonesia Sella Chalia Maharani, dalam keterangan tertulis ke Liputan6.com, Sabtu (16/4/2022).

Sella menerangkan, layanan itu sementara ini baru tersedia di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Samarinda. Layanan Pick-Up and Delivery Service juga akan tersedia di kota-kota lain di Indonesia. Hal itu dilakukan seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layan antar jemput untuk menghemat waktu/

Dalam memberikan layanan prima, 5asec Indonesia mengutamakan kualitas produk, keselamatan, dan kenyamanan bagi pelanggan. Layanan laundry ini pun menerapkan lima hal dalam memantau quality control layanan pick-up anddelivery.

"Lima hal tersebut yaitu, staff health check, minimum contact, sanitized fleet and equipment, cashless payment, serta quality assurance. Dalam operasionalnya, 5asec Indonesia menggunakan mesin berteknologi tinggi dengan didukung staf-staf andal serta berpengalaman," Sella menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lima Tahap Jamin Kualitas

Sella menjelaskan, outlet 5asec di Indonesia dilengkapi mesin berteknologi tinggi. Teknologi ini untuk memudahkan staf dalam proses laundry. Dengan begitu, laundry maupun dry-clean dapat langsung dikerjakan di outlet. Terdapat lima tahapan yang wajib dilakukan staf saat memproses pakaian, linen, karpet, dan boneka.

Pertama, diagnosis. Pada tahap ini, setiap item milik pelanggan diperiksa untuk menentukan proses pengerjaan apa yang terbaik, disesuaikan dengan kondisi maupun bahan item yang akan dicuci. "Kedua, pre-stain remover, yaitu proses penghilangan noda pada item sebelum di-laundry atau pun dry-clean," terang Sella.

Ketiga, laundry atau dry-clean yang juga disebut sebagai proses pencucian item. Keempat, ironing atau tahap menyetrika. Untuk memberikan hasil penyetrikaan yang sempurna, staf menggunakan mesin setrika yang ergonomis.

Terakhir, pengawasan mutu. Pada tahapan ini, staf akan memeriksa kembali setiap item yang telah diproses sebelum diserahkan kepada pelanggan.

 

3 dari 4 halaman

Terapkan Prokes

Brand layanan laundry dan dry clean itu juga mengklaim telah menerapkan protokol kesehatan dalam operasional mereka. Mereka membatasi jumlah pelanggan yang bisa dilayani di setiap lobi outlet, yakni 50 persen dari kapasitas ruangan.

Selain itu, petugas juga wajib mengecek suhu tubuh setiap hari serta menggunakan masker. Fasilitas sanitasi seperti hand sanitizer dan  portable hand washer juga tersedia di setiap outlet.

Selain protokol kesehatan pada petugas, keamanan terhadap risiko penyakit juga diutamakan pada proses laundry dan dry-cleaning. "Proses pencucian, pengeringan, penyetrikaan dengan suhu panas, penggunaan sabun dan zat pembersih lainnya yang digunakan, efektif untuk membunuh virus dan kuman. Pakaian pelanggan pun diproses secara terpisah," terang Sella.

Dengan begitu, pelanggan tak lagi khawatir akan risiko terpapar virus Covid-19 dan penyakit lain. "Jangan khawatir, layanan Pick-Up and Delivery Service siap melayani pelanggan secara cepat, aman, dan kualitas yang terjamin," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Cara Akses Layanan

Sella menjelaskan, untuk memanfaatkan layanan Pick-Up and Delivery Service, pelanggan dapat menghubungi customer service melalui Whatapp di nomor 0811-1258-5555.

Selain itu, imbuh Sella, 5asec juga menggratiskan biaya pengantaran untuk area Pondok Indah dan seluruh layanan Pick-Up and Delivery Service di luar Jakarta. Adapun benefit tersebut memberlakukan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

"Hanya dengan minimum tiga pieces, armada 5asec siap menjemput dan mengantar kembali pakaian pelanggan. Dengan proses booking dan pembayaran yang mudah, Anda serasa merasakan layanan premium 5asec laundry and dry-cleaning dari rumah," terangnya.

Sebagai informasi, keunggulan lain yang dimiliki 5asec Indonesia adalah layanan Hourly Service tanpa biaya tambahan. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisa menerima pakaian atau barang lainnya diproses dalam sehari. Tapi, ini hanya berlaku untuk pakaian yang disetor di pagi hari untuk diantarkan kembali pada sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.