Sukses

Fakta-Fakta Allegiant Stadium, Lokasi Konser BTS PTD on Stage Las Vegas

Konser BTS Permission to Dance (PTD) on Stage Las Vegas berlangsung di Allegiant Stadium pada 8, 9, 15, dan 16 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - "The wait is over!" BTS memulai konser empat hari mereka di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Jumat, 8 April 2022, waktu setempat, yang akan disusul pada 9, 15, dan 16 April 2022. Sebagaimana diketahui, ini merupakan konser internasional pertama pelantun lagu 2! 3! tersebut pada 2022.

Arena yang dipilih pun tentu bukan tempat sembarangan. Allegiant Stadium telah dikenal sebagai tujuan acara global, yang mana sorotannya ditandai kedatangan Raiders ikonis NFL pada 2020 lalu.

Kini, stadion itu siap menampung euforia RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook bersama ARMY, sebutan penggemar BTS, dalam pengalaman yang disebut label grup itu, BIGHIT MUSIC, sebagai "borahaefication." Di samping, tempat ini juga masih punya sederet fakta menarik lainnya.

1. Biaya Konstruksi

Stadium berbiaya konstruksi 2,02 miliar dolar AS ini berkapasitas 65 ribu kursi. Ia dibangun dalam 31 bulan dan penuh dengan fitur-fitur khusus. Terletak di Russell Road dan Polaris Drive, stadium ini terletak tepat di sebelah selatan Las Vegas Strip, dipisahkan Interstate 15.

Stadium ini merupakan rumah bagi tim sepak bola Raiders dan UNLV, yang sudah bermain di Stadion Sam Boyd sejak 1971. Di samping, itu juga dibangun sebagai venue konser besar, juga acara pribadi yang lebih kecil, dengan 10 ruang acara yang terletak di dalamnya.

2. Nama Panggilan

Setelah publik mulai menciptakan frasa di media sosial saat dinding eksterior gelap stadium mulai terbentuk, "The Death Star," merujuk pada istilah di serial film laris Star Wars, diadopsi sebagai nama panggilan paling populer untuk tempat itu. Panggilan ini berlanjut setelah pemilik tim Mark Davis, presiden Marc Badain, dan berbagai pemain seolah memberi tanda persetujuan mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bahan Atap

Raiders memilih menggunakan panel atap ETFE yang tembus cahaya daripada yang transparan seperti yang dilakukan SoFi Stadium di Los Angeles, lokasi lain konser BTS. Material ini dijelaskan memungkinkan pencahayaan alami masuk, tapi tidak membuat penonton terkena panasnya musim panas gurun yang terik.

Dengan kaca di sekelilingnya, pintu lanai yang digabungkan dengan atap tembus pandang, penonton mendapatkan nuansa luar ruangan dalam kenyamanan lingkungan yang suhunya bisa dikontrol.

4. Desain Interior Stadion

Bagian tengah interior stadion berupa area di sekitar pintu lanai besar yang dapat dioperasikan di ujung utara fasilitas. Saat dibuka, bukaan setinggi 24,4 meter dengan lebar hampir 61 meter ini memberikan pemandangan Las Vegas Strip ke utara.

Dibutuhkan sekitar 10 menit untuk membuka dan menutup pintu lanai. Di tengah stadium seluas lebih dari lima ribu meter persegi itu terdapat Al Davis Memorial Torch setinggi 28 meter. Dipuji sebagai objek cetak 3D terbesar di dunia, obor membentang di beberapa tingkat stadion, dengan bar yang mengelilingi obor.

3 dari 4 halaman

5. Peringkat 5 Stadion NFL

Melansir sportsnaut.com, Allegiant Stadium berada di peringkat lima sebagai stadium National Football League terbaik. Catatan ini membuatnya mengungguli SoFi Stadium yang berada di posisi ke-6.

6 Area VIP

Mengutip situs webnya, Allegiant Stadium menyediakan area VIP yang terdiri dari 127 kursi khusus, dan masih terbagi lagi dalam beberapa kelas. Salah satu kursi pribadi menawarkan tiket VIP, termpat parkir VIP, minuman dan makanan kelas atas, serta banyak fasilitas mewah lain.

Menonton konser PTD on Stage Las Vegas di Allegiant Stadium nyatanya hanya salah satu dari keseluruhan pengalaman yang ditawarkan label BTS. Melalui pengumuman di media sosial, beberapa waktu lalu, pihaknya mengungkap bahwa akan ada atraksi bertema BTS, hiburan, bahkan kamar hotel dalam memeriahkan gelaran konser tersebut.

Jadi, ARMY  bisa menikmati euforianya dalam berbagai bentuk, lapor Koreaboo. Karena itu, MGM Resorts membocorkan tentang apa yang dapat diharapkan ARMY ketika menginap di "kamar hotel BTS." Paket bermalamnya, sebagaimana disebut di akun Twitter-nya, akan termasuk kenang-kenangan eksklusif.

4 dari 4 halaman

Borahaefication

"Borahaefication" sendiri menjanjikan total akan ada 11 hotel yang menyediakan kamar bertema BTS. Pada 2020, Lenzo Yoon dari HYBE sebenarnya sudah menyinggung bahwa mereka ingin mengubah pengalaman penonton konser di masa depan.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan memperluas euforia, mulai dari hotel bertema BTS, pameran BTS, tur wisata kuliner, sampai wisata secara umum yang direncanakan untuk para penggemar.

"Kami akan mengubah kota tuan rumah konser jadi (lokasi) festival. Ini akan seperti Olimpiade, festival oleh dan untuk BTS dan penggemar mereka. Kami akan mengembangkan festival ini secara bertahap dimulai dengan pemberhentian tur tertentu," ia mengatakan.

Pengumuman "Borahaefication" muncul setelah HYBE mengonfirmasi bahwa, selama ARMY berada di Las Vegas, mereka akan diberi kesempatan untuk mengikuti audisi untuk label-label di bawah naungan mereka. Ini termasuk BIGHIT MUSIC, BELIFT LAB, SOURCE MUSIC, PLEDIS Entertainment, KOZ ENTERTAINMENT, HYBE LABELS JAPAN, dan HYBE AMERICA.

Mengingat banyaknya agenda sepanjang minggu konser, tidak sedikit ARMY yang menyebut "ini akan jadi pengalaman berharga bagi mereka." Selain, tentu saja mereka tidak sabar menanti aksi panggung yang segar dari ketujuh anggota Bangtan Sonyeondan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.