Sukses

Konser Justin Bieber di Jakarta Tarik Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Liputan6.com, Jakarta - Konser Justin Bieber bertajuk "Justice World Tour 2022" akan berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 2 dan 3 November 2022. Terkait ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan telah bertemu pihak promotor.

"Tentu yang disampaikan (pada promotor) adalah setiap konser dalam rangka kebangkitan ekonomi difasilitasi (Kemenparekraf) dalam bingkai protokol kesehatan yang sudah ditentukan," katanya dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin, 4 April 2022.

Lebih lanjut Sandi mengatakan, konser bintang pop itu mendatangkan 8--12 persen wisatawan mancanegara (wisman berdasarkan kapasitas penonton konser) yang sengaja datang ke Indonesia, tepatnya Jakarta, untuk melihat pertunjukan itu. Ia menyebut, ini mungkin jadi konser yang terdigitalisasi secara 360 derajat.

"Karena yang memesan tiket baru akan mendapat kepastian (bisa menonton konser atau tidak) setelah melakukan tes antigen H-1," Sandi menyebut. Artinya, hanya pemegang tiket yang berhasil menunjukkan hasil negatif tes antigen yang boleh menonton konser tersebut.

Kebijakan ini disebut Sandi sebagai perilaku penyelenggaraan konser dengan standar baru. "Selain, kami juga meminta pelibatan pelaku ekonomi kreatif lokal (di konser JB). Musik lokal juga ikut dilibatkan," imbuhnya.

Pihaknya menyebut telah menyiapkan panduan penyelenggaraan konser sesuai protokol kesehatan selama dua tahun, yang mana poin-poinya terus direvisi sesuai kondisi. Ia juga mengatakan, larangan konser selama dua tahun telah membuat peminat acara tersebut membentuk permintaan yang sangat besar.

"Tentunya (konser) harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disipin," Sandi menegaskan.

Mendapati "beberapa konser yang tidak bisa berlangsung karena tidak dilengkapi perizinan," pihak Kemenparekraf menyediakan meja bantuan di kantor mereka pada pelaku penyelenggaraan event. "Ini salah satunya difasilitasi perizinannya," Sandi mengatakan.

Langkah-langkah ini dilakukan pihaknya untuk mendorong Indonesia jadi destinasi produk ekonomi kreatif unggulan. Sandi juga menyebut bahwa target kunjungan wisman ke Indonesia tahun ini belum berubah, yakni 1,8 juta--3,6 juta.

Terkait menggeliatkan kembali sektor event di dalam negeri, Sandi sebelumnya telah mengumumkan peluncuran program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, mengutip situs web pihaknya. Penyelenggaraannya pun tidak semata mempromosikan destinasi pariwisata. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

KEN 2022 juga bermaksud meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberi dampak positif pada ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan. "KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event berkualitas dari seluruh Indonesia," ia mengatakan.

"Kami bangga sekarang (bisa) menancapkan tongkat penting, serta harapan baru bagi kebangkitan industri event  Tanah Air, sekaligus mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event," imbuh Sandi.

Program ini berawal dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan pada penyelenggara dapat lebih jelas dan terukur. Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022: ide dan potensi inovasi; pengembangan ekonomi kreatif; event management; seni pertunjukan dan budaya; serta aspek strategi komunikasi dan media.

3 dari 5 halaman

Usulan Kegiatan

Pada 2022, Kemenparekraf menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang dikurasi pada tahap I dan tahap II. "Jumlah ini meningkat 17 event dibanding tahun 2021 sebanyak 302 usulan event,” ujar Sandi.

Dari 319 usulan, 171 kegiatan yang layak dipresentasikan di depan para kurator hingga akhirnya terpilih 100 KEN 2022 dengan kategori Top 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2022 dari 34 provinsi. "Saya ucapkan selamat pada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Naik Kelas

Sandi menyambung, "Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, serta konsultasi dalam upaya event berkualitas ini bisa naik kelas."

Menparekraf mengharapkan, KEN 2022 juga hadir untuk menyemangati pelaku ekonomi kreatif agar terus berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan berdasarkan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat, serta disiplin. Juga, tetap berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dan aparat setempat.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi COVID-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan