Sukses

Sandiaga Uno Undang Pengelola Homestay di Lombok Tonton Langsung MotoGP Mandalika

Menurut Sandiaga, MotoGP harus dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya penonton, tapi juga masyarakat di sekitar Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kembali meninjau pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Tengah, NTB. Namun ada pemandangan berbeda dalam peninjauan Sandiaga Uno kali ini.

Ia datang bersama H. Salamiah, salah seorang pemilik sarana hunian pariwisata (sarhunta/homestay) di kawasan Kuta, Lombok Tengah. Sandiaga menepati janjinya untuk mengundang pria berusia 60 tahun itu untuk menyaksikan langsung ajang adu balap kelas dunia yang dilangsungkan di tanah kelahirannya itu.

"Hari ini sengaja saya undang Haji Salamiah, Pak Haji ini memiliki homestay yang ada di Kuta Mandalika. Saya waktu itu bertemu beliau dan dia menyampaikan pesan bahwa MotoGP harus dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya penonton, tapi juga masyarakat sekitar sini di Lombok dan juga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/3/2022).

Selama kurun waktu dari mulai proses pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit, sarhunta milik H. Salamiah adalah salah satu yang mendapatkan dampak positif. Sarhunta miliknya sampai kini selalu penuh.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi ini, hal tersebut yang akan dipastikan pihaknya bahwa atraksi ataupun penyelenggaraan-penyelenggaraan event kelas dunia dapat memberikan dampak kepada masyarakat. Dengan begitu bisa menggerakkan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

"Semuanya sudah terpesan habis kamarnya minggu ini dan homestay penuh, kita ucapkan terima kasih. Saya tepati janji, saya undang untuk langsung menonton, ini adalah pusatnya MotoGP. Jadi kita hadir disini untuk seluruh masyarakat dan kita harus pastikan ini adalah kebangkitan ekonomi kita," kata Sandi. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peniru Suara Komentator

Dalam kesempatan itu Sandiaga juga mengundang Dady, bocah asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, (NTT) yang sempat viral karena keahliannya melakukan personifikasi komentator legendaris MotoGP, Nick Harris. Di hadapan Sandi, Dady pun berkesempatan memamerkan keahliannya menjadi seorang komentator MotoGP.

"Jadi Dady ini dari pulau terselatan Indonesia, ini adalah representasi bahwa seluruh Indonesia juga hadir dan MotoGP membangkitkan semangat kita," tutur Sandi.

"Kesuksesan MotoGP ini bukan hanya kesuksesan kita, tapi kesuksesan Indonesia secara keseluruhan," lanjutnya.  Saat diundang makan malam oleh Sandi, bocah berusia 13 itu menunjukkan kebolehannya mengomentari cuplikan GP Qatar yang dimenangi oleh pembalap Gresini, Enea Bastianini.

3 dari 5 halaman

Datang ke Jakarta

Beberapa hari lalu, sebelum ajang MotoGP, Sandi juga sempat mengundang Dady ke Jakarta. "Masih ingat dengan bocah cilik asal NTT yang viral karena pandai menirukan suara komentator legendaris @motogp Nick Harris?" ucap Sandi dalam unggahan di akun Instagramnya.

"Kemarin malam Dady saya undang jauh-jauh dari Pulau Rote untuk datang ke Jakarta bertemu dengan para pembalap @gresiniracing @bestia23 dan @fabiodiggia49," lanjutnya. Dalam video yang diunggah Sandi, Dady terlihat piawai mengomentari jalannya balapan dengan bahasa Inggris yang lancar serta gaya bahasa yang mirip dengan Harris. 

4 dari 5 halaman

Prioritas dan Berkulitas

Sandi menambahkan, Sirkuit Mandalika harus dijadikan ikon Indonesia. Dan sirkuit tercantik di dunia ini juga memberikan dampak luas terhadap masyarakat dan destinasi super prioritas ini. "Mudah-mudahan Mandalika menjadi objek wisata bukan hanya super prioritas tapi juga super berkualitas untuk dunia melihat Indonesia," harapnya.

Sementara H. Salamiah menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Sandi yang telah menepati janjinya. Ia merasakan langsung bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memberikan dampak positif yang sangat besar bagi dirinya dan keluarga.

"Alhamdulillah dengan pariwisata, dengan Kementerian Pariwisata, dari Pak Sandiaga. Saya hanya seorang petani, tapi ada dan bisa merasakan manfaat dari pariwisata," ujarnya.

MotoGP 2022 Mandalika sudah berlangsung sejak 18 sampai 20 Maret 2022. Acara puncak berupa race day hari hari balapan akan berlangsung besok, Minggu, 20 Maret 2022.

5 dari 5 halaman

MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.