Sukses

Urang-aring, Si Bahan Ajaib untuk Perawatan Rambut Rontok

Salah satu produk Mustika Ratu pun memanfaatkan kebaikan urang-aring sebagai perawatan rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rontok telah jadi momok bagi banyak orang. Siklus ini sebenarnya bagian alami dari proses penuaan dan sering kali tidak perlu dikhawatirkan. Menurut sains, seseorang bisa kehilangan hingga 100 helai rambut di tubuh setiap hari.

Namun, mengalami kerontokan berkepanjangan dalam waktu singkat dapat menyebabkan kekhawatiran. Karena itu, tidak sedikit orang ingin menemukan jawaban tentang cara menghentikan kerontokan, sekaligus mendorong pertumbuhan rambut.

Salah satunya, mengutip Express, Sabtu, 19 Maret 2022, bisa memanfaatkan formulasi populer penyubur rambut berbahan urang-aring.  Penggunaannya secara rutin dapat mengurangi tingkat kerontokan rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut baru. Selain, dipercaya membuat rambut lebih berkilau.

Urang-aring tercatat mengandung vitamin E yang dikenal dapat melawan radikal bebas penghambat pertumbuhan rambut. Tanaman ini juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi ketombe.

Selain, ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu kondisi psoriasis atau iritasi kulit lain pada kulit kepala. Salah satu produk yang memanfaatkan kebaikan urang-aring adalah Penyubur Rambut Mustika Ratu.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, selain ekstrak urang-aring, produk penyubur rambut ini juga diformulasikan menggunakan ekstrak kina. Pemakaiannya diklaim bermanfaat untuk membantu merawat kesuburan rambut, mengurangi kerontokan, dan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Cara memakainya: oleskan pada kulit kepala setelah keramas, setiap pagi atau malam hari. Pijat lembut kulit kepala setelah mengaplikasikan produk tersebut.

Penyebab rambut rontok sendiri bisa berbeda bagi setiap orang. Jadi, selain menggunakan produk perawatan rambut rontok, ada baiknya Anda juga memahami penyebab rambut rontok untuk bisa mengatasinya secara lebih maksimal.

Melansir Web MD, ada beberapa sebab Anda mengalami kerontokan rambut secara mendadak. Pertama, telogen effluvium. Jenis kerontokan rambut ini bisa terjadi sekitar tiga sampai enam bulan setelah melalui sesuatu yang membuat stres.

American Academy of Dermatology mengatakan stresor ini dapat mencakup pembedahan, melahirkan, bercerai atau kehilangan pekerjaan, demam tinggi, dan sembuh dari penyakit. Mayo Clinic mengatakan, kerontokan rambut secara tiba-tiba karena telogen effluvium bahkan bisa terjadi beberapa bulan setelah kejadian yang membuat stres.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Rambut Rontok

Lalu, alopesia areata. Jenis kerontokan rambut ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang folikel rambut. Rambut mungkin tumbuh kembali dengan sendirinya atau dengan perawatan, kata American Academy of Dermatology.

Kerontokan rambut juga bisa dipicu masalah medis lainnya. Profesor dermatologi Yale, David J. Leffell, menulis bahwa penyakit termasuk kondisi tiroid dan penyakit usus bisa jadi penyebabnya.

Kemudian, obat-obatan tertentu. Pengencer darah atau obat kemoterapi bisa jadi penyebab kerontokan rambut Anda secara tiba-tiba. Terakhir, masalah nutrisi. Ini bisa termasuk mendapatkan terlalu sedikit zat besi atau terlalu banyak vitamin A.

3 dari 5 halaman

Perawatan Rambut Rontok

Ada banyak perawatan untuk rambut rontok. Beberapa bahkan dapat membantu membalikkannya. Perawatan yang tepat tergantung pada penyebab kerontokan rambut Anda, itulah mengapa penting untuk menemui dokter dan didiagnosa.

Semakin cepat mengatasi gejala kerontokan rambut, semakin besar kemungkinan Anda untuk mencegah kerusakan permanen. Bicaralah dengan profesional medis untuk memulai perjalanan Anda menuju rambut yang lebih tebal.

4 dari 5 halaman

Rangkaian Produk Perawatan Rambut

Terkait rangkaian perawatan rambut, selain penyubur, Mustika Ratu juga punya berbagai produk lain. Langkah perawatannya dimulai dengan hair oil, kemudian sampo, kondisioner, hair tonic, dan ditutup dengan hair mask.

Pilihan samponya ada Shampoo Bayam Mustika Ratu untuk mengurangi kerontokan dan merawat kekuatan akar rambut. Lalu, merawat rambut kering, rapuh, dan pecah-pecah dengan produk Shampoo Daun Waru Mustika Ratu.

Shampoo Merang Mustika Ratu berfungsi menghilangkan ketombe dan menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala. Juga, Shampoo Daun Landep Mustika Ratu yang berguna merawat kilau alami rambut.

Perawatan spesialnya bisa dilakukan dengan kondisioner Bilasan Santan Conditioner Mustika Ratu yang diformulasi untuk menutrisi dan melembapkan rambut. Ada juga minyak rambut: Minyak Cem- Ceman Mustika Ratu untuk merawat kilau alami rambut.

Terakhir, Cem-Ceman Akar Wangi Hair Mask Mustika Ratu yang merupakan masker rambut yang diformulasi untuk menutrisi rambut. Cara pakainya: setelah keramas, oleskan pada bagian yang mengalami kerontokan, botak, dan berketombe. Pijat lembut selama 3--10 menit. Tutup dengan handuk panas.

5 dari 5 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.