Sukses

Koleksi 3Second x Danjyo Hiyoji dan Greenlight x Ican Harem Bakal Show di Paris Fashion Show 2022

Liputan6.com, Jakarta - Dua brand lokal asal Bandung, 3Second dan Greenlight akan melenggang ke Paris Fashion Show yang penyelenggaraannya berbarengan dengan Paris Fashion Week 2022. Kedua brand ini turut menggandeng Danjyo Hiyoji dan desainer Ican Harem untuk memamerkan koleksi kolaborasi di sela pekan mode bergengsi berlangsung.

"Kami mendapat kepercayaan dari Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) untuk mewakili Indonesia di ajang internasional Paris Fashion Week pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome, Prancis," kata Hendri Sase, Marketing Manager 3Second dan Greenlight dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/2/2022).

Hendri melanjutkan, ini menjadi salah satu kebanggaan pihaknya dan sebagai milestone dapat membawa brand lokal Indonesia ke kancah dunia. Momentum tersebut hadir menjelang dua dekade brand lokal ini berkiprah di industri fashion Tanah Air.

Untuk kolaborasi 3Second x Danjyo Hiyoji mengusung tajuk "Heeji" atau dalam bahasa Sunda berarti "satu". Sinergi keduanya siap mempersembahkan koleksi Fall/Winter 2023.

Co-Founder dan Director Danjyo Hiyoji, Dana Maulana menyampaikan koleksi 3Second x Danjyo Hiyoji terinspirasi dari Jawa Barat, tepat lahirnya 3Second. Menurutnya, ada banyak hal menarik dari Jawa Barat yang dapat diangkat.

"Salah satunya untuk koleksi kali ini kita mengangkat upacara Seren Taun, adalah selebrasi panen padi. Jadi itu yang kita taruh di koleksi," ungkap Dana soal koleksi 3Second x Danjyo Hiyoji.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3Second x Danjyo Hiyoji

Dana melanjutkan dalam koleksi tersebut juga ditambahkan elemen padi dan sentuhan instrumen dalam upacara. Alat musik Jawa Barat yang telah banyak dikenal, seperti angklung, kendang, hingga karinding, nantinya akan hadir dalam koleksi "Heeji".

"Di dalam koleksi ini bentuknya dalam print kain, bordir, dan payet," terang Dana.

Dikatakannya, Jawa Barat menjadi salah satu daerah pertanian. Inspirasi warna koleksi juga akan merujuk dari hal tersebut.

"Ada hijau sawah, krem tanah, dan marun bata, kita masukkan ke dalam koleksi. Cuma kita kemas jadi lebih modern," tambahnya.

Dana menerangkan bahwa pihaknya juga ingin memperlihatkan sisi modern yang akan ada dalam penggabungan elemen-elemen seperti Gedung Sate dengan gedung modern. Penggabungan tradisional dan modern ini akan menjadi satu pattern.

"Kita ingin nanti dunia luar tidak hanya lihat tentang tradisional Indonesia, bisa melihat modernnya Indonesia khususnya Jawa Barat. Singkatnya membawa mengemas tradisi dalam balutan kemajuan zaman di koleksi "Heeji" untuk 3Second x Danjyo Hiyoji," kata Dana.

3 dari 5 halaman

Greenlight x Ican Harem

Sementara, kolaborasi Greenlight x Ican Harem mengusung tajuk "Traffic Tribe". "Saya membayangkan ada suku-suku yang lahir dari lampu merah atau lampu lalu lintas yang ada di wilayah urban Indonesia," kata Ican Harem.

Ia menyoroti budaya sub-urban hingga budaya-budaya jalanan yang terinspirasi dari pedagang asongan juga pengamen. Salah satu awal dari gagasan ini, dikatakan Ican, hadir ketika ia mendengar para pengamen menyanyikan salah satu hits di album pertama Peterpan, bertajuk Mimpi Yang Sempurna.

"Yang pastinya, koleksi saya tidak akan pernah dilihat di mana pun dan kapan pun, hanya di Paris Fashion Week (ralat: Paris Fashion Show)," lanjut Ican.

4 dari 5 halaman

Gandeng Pesohor Pekerja Seni dan Content Creator

Koleksi Greenlight x Ican Harem terdiri dari beberapa jaket, jas, celana, top, dan beberapa aksesori yang nantinya akan dipresentasikan. "Ada 10 looks yang akan saya presentasikan nanti di kolaborasi saya bersama Greenlight," tutur Ican.

Selain Danjyo Hiyoji dan Ican Harem, 3Second dan Greenlight juga menggaet Ariel Noah selaku Brand Ambassador Greenlight dan rekan pekerja seni dan content creator lainnya, seperti Anya Geraldine, Keanuagl, Reza Arap, Wendy Walters, Adipati Dolken, Canti Tachril dan Tyna Dwijayanti. Mereka akan mendukung 3Second dan Greenlight secara langsung di Paris pada 6 Maret 2022.

 

Catatan redaksi: konten artikel sudah diubah sesuai dengan informasi yang benar.

5 dari 5 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.