Sukses

Masjid di Mal Dubai Punya Fasilitas Serba Digital dan Sajadah Sekali Pakai

Bukan hanya bersih dan apik, fasilitas di masjid di Dubai ini juga canggih dan serba digital. ]

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak tempat umum yang menyediakan tempat ibadah bagi umat muslim, baik masjid maupun musala. Misalnya di mal, pom bensin, restoran, gedung olahraga, gedung pertemuan dan masih banyak lagi.

Bagi umat muslim yang harus melaksanakan ibadah lima waktu, keberadaan tempat ibadah di setiap tempat umum tentu sangat membantu. Di mal misalnya, Anda bisa menemukan musala yang biasanya terletak di lantai dasar.

Di beberapa mal besar, musala tersebut bahkan dibangun dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Contohnya, sebuah masjid di Dubai Mall di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Mengutip dari unggahan akun TikTok @udadubai, penampakan kamar mandi milik masjid di Dubai Mall terlihat begitu luar biasa. Bukan hanya bersih dan apik, fasilitas di masjid ini juga canggih.

Masjid ini mempunyai tempat wudu yang keren dan menarik. Anda tak perlu wuhu sambil berdiri, karena sudah disediakan tempat duduk agar bisa wudu dengan nyaman.

Bukan itu saja, keran air yang dipakai juga sudah menggunakan sistem sensor. Air akan keluar jika anggota tubuh didekatkan langsung ke keran. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Sensor

Begitu juga dengan fasilitas toilet yang disediakan. Jemaah yang ingin buang air kecil atau besar disediakan jamban duduk.

Kemudian air penyiramnya menggunakan sistem sensor, jadi tidak perlu ditekan.  Usai berwudu, jemaah yang hendak salat memasuki ruang utama masjid dengan fasilitas penyejuk udara yang sangat dingin.

Pencahayaan dan lampu juga terlihat sangat terang di setiap sisi ruangan. Hal lain yang juga menarik perhatian mata adalah sajadah yang disediakan oleh masjid tersebut.

Bukan terbuat dari kain, sajadah sekali pakai ini terbuat dari kertas dengan ukiran di atasnya. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang diterapkan secara internasional.

 

3 dari 4 halaman

Ada di Indonesia

Meski menggunakan sajadah berbahan kertas, pengunjung atau jemaah tak perlu khawatir karena ada karpet yang sudah terpasang, sehingga tidak langsung shalat di atas lantai. Sajadah yang sudah dipakai bisa dibuang ke tempat sampah yang disediakan.

Video yang diunggah pada 23 Januari 2022 itu sempat viral dan sampai berita ini ditulis sudah ditonton 13,9 juta kali. Beragam tanggapan dari warganet memenuhi kolom komentar unggahan tersebut.

Mereka menyebutkan beberapa masjid di Indonesia sudah ada yang memiliki fasilitas yang sama seperti masjid di Dubai Mall. "dubai masalah fasilitas masjid jangan ditanya no 1 pokonya... bersih banget nget.... trs klo masuk kayak hati tu cezzzz betah klo udah didlm," komentar seorang warganet.

"auto pengen sholat terus walau belum waktunya, hehehe," canda warganet yang lain. "FYI, Untuk Sajadah Kertas/Sajadah Sekali Pakai ini sebenarnya sudah diterapkan di Masjid Siti Djirzanah Malioboro Jogja," komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.