Sukses

Sosok Pengisi Suara Pengumuman di Kereta Api Terungkap

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sering naik kereta api, tentu pernah mendengar suara petugas memberi pengumuman lewat pengeras suara. Pernahkah Anda penasaran sosok pengisi suara di balik pengumuman yang kerap disampaikan saat di stasiun atau naik kereta api?

Siapa sangka pemilik suara merdu itu merupakan seorang perempuan yang juga sering menjadi Voice Actor di berbagai iklan televisi. Melansir laman Instagram PT Kereta Api Indonesia @kai121_, pengisi suara itu bernama Selma Sita.

Ia menceritakan perjalanan kariernya sebagai pengisi suara sejak tahun 2000. "Awal mula saya menjadi voice over talent pada tahun 2000, waktu itu jadi penyiar radio," ungkap Selma.

Pemilik akun Instagram @selma_sita lin mengatakan telah menjadi pengisi suara announcement di PT KAI (Kereta Api Indonesia) sejak 2014. "Jadi dulu teman saya mengajak untuk mengisi tawaran suara announcement di kereta, akhirnya bisa lolos. Pada tahun 2014, saya melakukan rekaman untuk pertama kalinya mengisi suara announcement di kereta," terang Selma.

Menurut Selma, ada beberapa tantangan menjadi pengisi suara announcement. Di antaranya, kondisi tubuh harus tetap sehat dan suara pun harus tetap dijaga agar bisa menyampaikan informasi dengan jelas.

"Sebelum proses pun harus sudah mempersiapkan diri. Jangan sampai ketika akan melakukan take suara, kita serak atau batuk," jelas Selma. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Di Seluruh Indonesia

Ia mengaku, tidak menduga bahwa suaranya akan digunakan untuk seluruh kereta api yang ada di Indonesia. "Pastinya senang banget, awalnya saya nggak mengira ini announcement untuk KA diseluruh Indonesia. Merasa sangat bangga tentunya suara saya bisa dijadikan announcement untuk di kereta api," ujar Selma.

Unggahan itu mendapat banyak komentar dari warganet.  "Akhirnya tdr nyenyak😢 selama ini penasaran banget," tulis seorang warganet.

"Suaramu selalu bikin kangen naik kereta mbak," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggagan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 1.050 komentar. 

3 dari 4 halaman

Pramugari Kereta

Profesi lain yang berhubungan dengan kereta api adalah pramugari. Meski beda jenis transportasinya, pramugari pesawat dan kereta sama-sama bertugas memberi kenyamanan kepada pelanggan.

Pramugari kereta api bernama Safira beberap waktu lalu membagikan tips untuk menjadi pramugari melalui beberapa video unggahannya di akun TikTok @safirarfd. Syarat utamanya adalah pria atau wanita berusia maksimal 27 tahun.

Pelamar juga diminta berpenampilan menarik, tidak menggunakan kacamata, dan tidak memakai behel. "Tidak harus cantik, yang jelas harus good looking. Jadi harus rapi, bersih dan wangi, itu sudah cukup dibilang berpenampilan menarik," terang Safira.

"Kalau tinggi badan seingatku minimal sekitar 158 sampai 160 cm. Kalau pendidikan minimal SMA atau SMK jadi nggak harus lulus kuliah karena aku juga cuma lulusan SMA. Kalau untuk bahasa Inggris tidak wajib tapi bisa jadi keuntungan kalau kita bisa," jelasnya lagi. Usai lolos wawancara dan diterima, tahap selanjutnya adalah menjalani masa pelatihan sebelum resmi bekerja sebagai pramugari kereta api.

4 dari 4 halaman

Jalur Kereta Api Indonesia