Sukses

6 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini membuat bisnis kuliner dinilai menjanjikan. Pasalnya, kita bisa pesan makanan dari mana dan kapan pun hanya melalui aplikasi.

Melihat kemudahan itu, membuat banyak orang memulai bisnis kuliner. Namun, bukan hanya asal buka usaha, perlu adanya strategi untuk memulai bisnis kuliner. Mulai dari modal sampai konsepnya.

Nah, bagi kamu yang ingin terjun di dunia kuliner, dilansir liputan6, berikut tips yang bisa dijalankan.

Budget

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah modal awal. Hal itu bisa berpengaruh ke jenis bisnisnya. Jika dengan modal yang minim, kamu bisa menyesuaikan tempat dan menu yang ditawarkan. Berbeda dengan modal besar yang bisa memilih lokasi yang stratgeis serta varian menu yang banyak. 

Selain itu, besar kecilnya modal yang kamu miliki ini tergantung dari bagaimana usaha yang akan kamu jalankan. Jika usaha yang kamu rintis telah berjalan, kamu bisa menyisihkan separuh keuntungan untuk menjadikannya modal tambahan.

Tentukan Bisnis

Menentukan jenis kuliner menjadi hal yang penting.  Cara memulai usaha kuliner pertama adalah menetapkan bisnis yang diinginkan. Hindari untuk memulai usaha kuliner hanya karena mengikuti tren saja. Karena tren lama-kelamaan bisa hilang. Jika kamu hanya mengikuti tren, maka di masa depan usaha yang kamu buka bisa mengalami kegagalan.

Kamu bisa memulai usaha kuliner dengan ketertarikan dan juga kemampuan yang dimiliki. Selain itu, memulai usaha kuliner dengan usaha sesuai dengan ketertarikan sendiri bisa lebih niat dan juga berkomitmen dengan usaha yang kamu rintis tersebut.

Cermati Potensi Bisnis

Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya kamu melakukan survei potensi bisnis. Dengan survei ini, kamu bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner kamu.

Pilih lokasi

Cara memulai usaha kuliner berikutnya dengan menentukan lokasi. Pilihlah lokasi usaha kuliner yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

Jangan sampai modal kamu terkuras hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha, Kamu pun dapat melakukannya tanpa mempunyai tempat usaha tapi dengan menitip produk usaha dengan memilih ke lokasi strategis atau tempat usaha mitra.

Ada beberapa lokasi usaha makanan yang strategis seperti di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, dan tempat wisata.

Memiliki Menu Andalan

Sebelum memulai usaha kuliner, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Lalu pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

Bergabung dengan platform

Saat ini kamu bisa bergabung dengan ManisdanSedap.com. Platform yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com ini bukan hanya memudahkan pembeli memesan produk dari seluruh Nusantara.

ManisdanSedap.com juga menjadi ‘etalase’, dengan memajang jualan mereka dan menambahkan fitur pembelian langsung ke nomor WhatsApp Seller. Mudah berinteraksi dan bertransaksi, harapannya makin mudah menjaring pembeli, yuk gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!