Sukses

Kanye West Bakal Kolaborasi Bareng Nike dan Jordan?

Liputan6.com, Jakarta - Kanye West membuat penggemarnya heboh dengan mengunggah potret logo Jordan Jumpman di akun Instagram pribadi, Jumat, 21 Januari 2022. Ia juga menyertakan tangkapan layar dari komentar yang ditinggalkan Marcus Jordan, putra tertua kedua Michael Jordan di unggahan Instagram DJ Khaled dengan Ye, menyatakan bahwa dia ingin "mewujudkan percakapan itu."

Dilansir dari Page Six, Minggu (23/1/2022), namun apakah Kanye West akan berkolaborasi dengan Jordan? Rapper yang mengganti namanya menjadi Ye ini sebelumnya pernah menandatangani kesepakatan senilai 10 juta dolar AS (Rp143 miliar) dengan Adidas pada 2013 setelah berselisih dengan Nike.

Pria berusia 44 tahun ini adalah kolaborator non-olahraga pertama Nike. Sinergi ini merilis sneakers Air Yeezy 1 dan Air Yeezy 2 Red October dengan perusahaan tersebut pada 2009 dan 2014.

Namun, secara terbuka mengeluh bahwa dia tidak menghasilkan cukup royalti dari penjualan. Pada 2016, ia merilis lagu Facts," membual tentang kesuksesan besar kemitraan Adidas Yeezy.

"Yeezy, Yeezy, Yeezy, I feel so accomplished / I done talked a lot of s—t but I just did the numbers, (Yeezy, Yeezy, Yeezy, saya merasa sangat berhasil / saya sudah selesai berbicara banyak hal, tetapi saya hanya mengerjakan angka-angkanya)," bunyi lirik itu.

Lirik lain dari lagu diss termasuk, "Yeezy, Yeezy, Yeezy, line up for days / Nike out here bad, they can't give s—t away" (Yeezy, Yeezy, Yeezy, antrean selama berhari-hari / Nike di sini buruk, mereka tidak bisa menyerah). Lirik lagu tersebut juga berbunyi "Nike, Nike treat employees just like slaves (Nike, Nike memperlakukan karyawan seperti budak).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemitraan Kanye

Label Kanye, Yeezy Barat membuatnya menjadi miliarder pada 2018. Rapper ini dilaporkan mengantongi 5 persen dari penjualan bersih koleksi tersebut.

Ia telah menandatangani kontrak kemitraan 10 tahun dengan Gap dan yang terbaru dengan Balenciaga. Meski sudah hampir 10 tahun menjalin hubungan dengan Nike, Kanye tak begitu secara halus memberikan petunjuk bahwa ia mungkin siap berdamai.

Rapper ini memakai merek tersebut beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, seperti dilansir Highsnobiety. Pada 2019, Kanye terlihat mencoba sepasang sepatu kets Air Max 720 saat berbelanja pada hari Thanksgiving, meskipun tidak jelas apakah dia benar-benar membelinya.

3 dari 4 halaman

Memakai Beragam Produk

Pada 2020, dia mentweet kekaguman untuk ISPA Road Warrior, menyatakan bahwa dia "membutuhkan sepasang (sepatu itu)." Pada tahun yang sama, ia kembali men-tweet hanya akan memakai Jordans sampai Adidas menempatkannya pada board, tetapi baru pada 2021 dia melangkah keluar dengan bangga mengenakan sepasang Vandal Highs.

Kanye melanjutkan dengan mengayunkan kaus kaki Nike di pesta pemutaran "Donda" dan pertunjukan couture Balenciaga. Ia bahkan menatanya dengan Foam Runners-nya yang mempolarisasi.

Kanye juga mendukung rekannya, Heron Preston dengan mengenakan sarung tangan kolaborasi desainer dengan Nike. Yang terbaru, pada November 2021, ia mengenakan sepasang Comme des Garçons Homme Plus x Nike Air Foamposites yang belum dirilis.

4 dari 4 halaman

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air