Sukses

Sosok Putri Fadzilah, Anak Sultan Brunei yang Gelar Pesta Pernikahan 10 Hari Berturut-Turut

Liputan6.com, Jakarta - Di antara anak-anak Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, nama Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah tidak setenar saudaranya, Abdul Mateen Bolkiah atau Pangeran Mateen. Namun, sosoknya baru-baru ini mencuri perhatian karena akan menikah dengan pesta yang digelar selama 10 hari berturut-turut.

Acara pernikahan Fadzilah Lubabul Bolkiah sudah dimulai sejak 16 Januari dan akan berlangsung sampai 25 Januari 2022. Akad nikah akan digelar esok hari, Kamis, 20 Januari 2022, dengan resepsi megah dilaksanakan Sabtu ini.

Dilansir dari SCMP, 18 Januari 2022, Putri Fadzilah terkesan lebih menutup diri sehingga banyak yang tidak mengetahui sosoknya. Putri Fadzilah merupakan putri Sultan Hassanal Bolkiah dari pernikahan keduanya.

Perempuan kelahiran 23 Agustus 1985, ini merupakan putri bungsu Sultan Brunei dengan mantan istrinya, Hajah Mariam Abdul Aziz. Saudara kandung Putri Fadzilah, yakni mendiang Pangeran Azim meninggal pada Oktober 2020 karena penyakit autoimun dan cukup dikenal di kalangan sosialita di Amerika Serikat (AS).

Sementara, adik kandungnya, Pangeran Mateen namanya sudah dikenal luas. Mateen bahkan cukup terkenal di Indonesia setelah mendampingi ayahnya menghadiri pelantikan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober 2019.

 

2 dari 4 halaman

Kuliah di Inggris dan AS

Sultan Hassanal Bolkiah sudah berkuasa di Brunei sejak 1967 dan merupakan pemimpin kerajaan terlama di dunia setelah Ratu Eizabeth II di Inggrus. Keluarga penguasa Brunei ini juga termasuk salah satu keluarga kerajaan terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sekitar 28 miliar dolar AS atau sekitar Rp406 triliun.

Putri Fadzilah menempuh pendidikan tinggi di Inggris dan AS. Pada 2008, saat usianya 22 tahun, Fadzilah memperoleh gelar dalam studi internasional dari Kingston University di London, Inggris.

Kemudian pada 2015, sang putri memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis atau MBA dari Hult International Business School di Cambridge, Massachusetts, AS.  Walaupun sedikit tertutup, ternyata Putri Fadzilah juga disebut sebagai putri yang sporty dengan aktif bermain polo dan berkuda sejak remaja.

3 dari 4 halaman

Upacara Kerajaan

Ia juga merupakan kapten tim bola net nasional Brunei. Ia pernah mengungkapkan pada Channel News Asia bahwa rekan satu timnya memanggil dirinya dengan sebutan Fad, dan dikenal orang yang iseng.

Putri Fadzilah nampaknya sangat senang berolahraga dan berharap bisa terus mendukung dan menghasilkan atlet yang lebih terampil di Brunei. Berbicara tentang pernikahannya, Putri Fadzilah akan menikah dengan Abdullah Nabil Mahmoud Al-Hasimi.

Hari pertama upacara dimulai dengan upacara kerajaan diikuti dengan pembukaan, perjamuan kerajaan dan upacara penutupan. Menurut situs Malaysia Hype, upacara pernikahan digelar tertutup karena hanya mengundang tamu-tamu khusus. Pihak kerajaan Brunei Darussalam sudah menggelar upacaara penerimaan tanda kerajaan dan pertunangan yang dilaksanakan di Istana Nurul Iman, pada 18 Januari 2022.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa