Sukses

6 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Jujur hingga Berpikiran Terbuka

Menjadi orang yang lebih baik sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Ada sejumlah hal yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan kasih sayang, empati, dan kebaikan.

Liputan6.com, Jakarta Bersikap baik kepada orang lain adalah cara penting untuk menyebarkan kebaikan dan menjalin hubungan yang positif. Selain bermanfaat bagi orang lain, penelitian menunjukkan bahwa jenis perilaku ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental diri sendiri.

Menjadi orang yang lebih baik sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Ada sejumlah hal yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan kasih sayang, empati, dan kebaikan dalam interaksi sehari-hari dengan orang lain.

1. Bertindak dengan Kebaikan

Dikutip dari Verywell Mind, menjadi orang baik berarti bertindak dengan kebaikan, dan penelitian menunjukkan bahwa kebaikan dapat berdampak positif pada otak. Tindakan kebaikan individu memicu pelepasan oksitosin dan endorfin dan dapat mendorong terciptanya koneksi saraf baru.

Bersikap baik adalah kebiasaan yang menguatkan diri sendiri. Ada sensasi tersendiri dari sebuah kebaikan, satu tindakan kebaikan dapat dengan mudah ditularkan ke orang lain.

2. Hindari Menjadi Terlalu Kritis

Mungkin sulit untuk menjadi orang baik ketika dikuasai oleh pikiran negatif. Jadi saat menemukan diri sendiri mengkritik seseorang, cobalah untuk mengadopsi pola pikir yang lebih positif. 

Misalnya, jika rekan kerja melakukan kesalahan, berhentilah sejenak sebelum mengkritik pekerjaan mereka. Mungkin kamu melihat kesalahan mereka sebagai kesempatan untuk membantu mereka daripada menjadi kesal karena mereka tidak sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jujur

Tetap setia pada diri sendiri dan nilai-nilai yang kamu pegang. Kamu bisa mengekspresikan diri dengan baik sambil bersikap jujur. Bersikap baik tidak berarti Anda tidak pernah mengatakan "tidak" kepada orang lain atau melakukan hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan.

Menetapkan batasan yang kuat dan adil sama dengan kamu menjaga kesehatan mental dan emosional. Bersikap baik kepada orang lain bisa lebih alami jika kamu sendiri merasa aman dan dihormati.

4. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Cara kita memperlakukan diri sendiri, termasuk berbicara dengan diri sendiri, memainkan peran penting dalam bagaimana kita memperlakukan orang lain.

Perhatikan bagaimana kamu berbicara kepada diri sendiri dan bagaimana reaksinya ketika terjadi kesalahan, apakah menyalahkan atau menghukum diri sendiri? Dengan melatih kesabaran dan kebaikan terhadap diri kita sendiri, kita membuatnya lebih mudah untuk bersikap baik kepada orang lain.

3 dari 3 halaman

5. Berpikiran Terbuka

Hidup ini penuh dengan perubahan. Saat kita dihadapkan dengan ide, situasi, atau orang yang tidak kita kenal, emosi negatif bisa muncul yang membuat kita sulit bersikap baik.

Keterbukaan pikiran adalah kualitas penting untuk mempelajari dan menyerap informasi tanpa menghakimi. Tetap berpikiran terbuka dapat membantu kamu untuk menentukan pilihan sambil tetap tenang dan santai.

6. Bersikap sopan

Kesopanan adalah cara penting untuk mengatur nada positif dalam interaksi sosial. Jika orang lain bersikap tiba-tiba atau kasar, menanggapi dengan kesopanan bisa menjadi cara untuk mengubah arah interaksi.

Lebih dari itu, berusahalah untuk menemukan cara-cara kecil untuk membantu dalam interaksi sehari-hari kamu dengan orang lain. Dari tersenyum pada orang lain di toko kelontong hingga membantu rekan kerja dalam sebuah proyek, membantu bisa menjadi cara yang bagus untuk berlatih bersikap baik sepanjang hari-harimu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.