Sukses

Semangat Jalani Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Motivasi menerapkan pola hidup sehat dapat bersumber dari berbagai hal. Terlepas dari itu, tentu bukan hal yang mudah untuk menetapkan tujuan, berkomitmen menjalankannya, dan menepis rasa malas.

Berdasarkan misi tetap hidup sehat di masa pandemi Covid-19, PT Kalbe Farma telah merampungkan program tantangan sehat bagi wartawan. Program tersebut berlangsung sejak 5 Oktober 2021 hingga 9 Januari 2022.

"Mencoba untuk men-challange kita semua, termasuk teman-teman wartawan untuk bisa memiliki pola hidup sehat," kata Hari Nugroho, Head of External Communication and Stakeholder Relation PT Kalbe Farma Tbk. dalam penutupan virtual Tantangan Sehat, Selasa, 18 Januari 2022.

Hari melanjutkan, pihaknya mendorong setiap elemen bangsa untuk bisa hidup sehat. Ia berharap ada perubahan yang dirasakan oleh peserta selama mengikuti tantangan ini.

"Kemarin ada beberapa yang info, ternyata ada perubahan-perubahan di dalam pola makan, olahraga, dan berat badan semakin ideal. Mudah-mudahan ini berguna," tambahnya.

Hari menyampaikan bahwa program ini bertujuan mengubah perilaku dan cara pandang untuk hidup sehat dan kemenangan adalah sebuah bonus bagi peserta. Misi ini juga sebagai tindakan preventif di masa pandemi Covid-19.

"Dalam masa (penyebaran) Omicron, stamina dan kesehatan menjadi penting," terang Hari mengenai tantangan sehat ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tantangan

Program tantangan sehat ini mengacu pada pola hidup sehat. Beberapa di antaranya meliputi pola makan yang baik dan sehat, olahraga, serta pendampingan dalam mengonsumsi nutrisi selama program berlangsung.

Program ini sebenarnya telah berjalan sejak 2019. Namun, karena hantaman Covid-19, tantangan sehat baru dapat kembali dibangkitkan pada 2021 dengan sederet perubahan teknis terkait protokol kesehatan.

Selama program, pemeriksaan kesehatan dan pendampingan peserta dilakukan oleh KalCare. Ini adalah salah satu anak usaha Kalbe yang berkecimpung di layanan produk dan edukasi kesehatan.

3 dari 4 halaman

Sederet Program Pendampingan

Detail dari program adalah mengukur kondisi kesehatan peserta dengan indikator, yakni berat badan dan tinggi badan, indeks massa tubuh, persentase lemak tubuh, persentase massa otot, usia organ tubuh, viseral fat, lingkar pinggang, tekanan darah, gula darah, kolestrol, dan asam urat.

Ahli gizi turut mendampingi para peserta dalam perencanaan menu makan, nutrisi, dan pengecekan kondisi kesehatan. Kriteria dan bobot penilaian merujuk pada perubahan BB dari target, penurunan visceral fat, dan penurunan lingkar pinggang.

Penilaian juga berdasarkan penurunan persentase lemak tubuh, membagikan menu makan sehat melalui WhatsApp grup juga nutritionist assistance, dan membagikan aktivitas pola hidup sehat di media sosial. Pemenang meraih Elvasense Portable Nasal Washer Kit dan sejumlah paket produk Kalbe.

4 dari 4 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer