Sukses

Khasiat Pewangi Ruangan, Bukan Cuma Usir Bau Tak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hunian yang nyaman dan sehat, bersih saja tidak cukup. Perlu ada sesuatu yang bisa memberikan semangat dan sensasi yang berbeda. Sesuatu itu salah satunya adalah pewangi ruangan. Tak ada yang lebih baik dari sebuah rumah dan ruangan yang wangi, apalagi banyak benda yang bisa mengeluarkan bau tak sedap dan mengganggu.

Bentuk dan jenis pewangi ruangan beraneka macam, mulai dari spray, lilin aromaterapi, minyak aromaterapi, hingga diffuser. Sejatinya, pewangi ruangan tidak hanya sekadar alat untuk menghilangkan bau tak sedap, tapi juga memberikan sejumlah manfaat dan khasiat bagi pengguna. Apakah itu? Kamu bisa simak beberapa ulasan di bawah ini seperti dikutip dari Dekoruma.

1. Tingkatkan Suasana Hati

Pengharum ruangan memiliki manfaat dapat meningkatkan suasana hati. Aroma yang terhirup akan merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati. Setiap orang yang menghirup aromanya pasti akan merasa lebih senang dan tenang.

2. Dongkrak Konsentrasi

Bukan saja suasana hati yang meningkat, pengharum ruangan dapat meningkatkan konsentrasi seseorang hingga 54%. Konsentrasi yang terjaga akan memicu diri untuk lebih produktif. Salah satu aroma pengharum ruangan yang disarankan adalah lemon. Karena sifatnya yang menenangkan dan mampu menjernihkan pikiran. Dengan demikian, perasaan seseorang bisa terbebas dari emosi, seperti marah dan cemas yang berlebihan.

2 dari 2 halaman

3. Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Seringkali mengalami kesulitan tidur nyenyak? Maka saatnya menyediakan pengharum ruangan yang cocok. Untuk membantu tidur lebih nyenyak, para ahli menyarankan untuk menggunakan wangi seperti lavender, bergamot, jeruk, melati, sandalwood, mawar, teh, dan blueberry.

4. Ciptakan Aroma Khas

Aroma wangi yang khas dan familiar bisa memicu ingatan seseorang. Sehingga dapat membantu meningkatkan mood di tengah kesibukan. Misalnya, ketika kamu menggunakan pengharum ruangan beraroma mawar, maka orang tersebut akan langsung teringat denganmu ketika mencium aroma yang sama.

5. Dekorasi di Sudut Ruangan

Seperti yang sudah disinggung di awal, bentuk dan jenis pengharum ruangan berbeda-beda. Semakin kesini, banyak desain yang unik dan estetik, misalnya yang berbentuk reed diffuser atau menggunakan wadah pembakaran. Desain pengharum ruangan tersebut menjadikannya cocok diletakkan di sudut ruangan sebagai dekorasi, misalnya di sudut kamar tidur ataupun ruang keluarga.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat dari pengharum ruangan, kini kamu hanya perlu memilih aroma dan desain yang paling sesuai dengan gaya interior maupun kepribadian kamu.

 

(*)