Sukses

Yuk, Intip Prediksi Tren Tanaman Hias di 2022

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman hias selalu memiliki pesonanya tersendiri di setiap sudut rumah. Tak hanya membuat hunian tampak lebih hijau, tanaman hias juga menciptakan kesan estetis, nyaman, dan menyenangkan.

Memasuki Tahun Baru, ada beberapa tren tanaman hias 2022 yang diprediksi oleh ahlinya. Hal ini setidaknya dapat Anda sontek menjadi inspirasi untuk menata rumah atau sekadar menambahkan sentuhan hijau yang menyegarkan.

Lantas, apa saja prediksi tren tanaman hias di 2022? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Architectural Digest, Selasa (4/1/2022), berikut ini.

1. Tanaman hias yang lebih besar

Orang akan merasa lebih percaya diri merawat tanaman hias yang lebih besar di 2022. Menurut Maryah Greene, penata tanaman dan pencipta Greene Piece, "tanaman hias yang lebih besar akan menjadi daya tarik tahun depan."

Banyaknya informasi mengenai merawat tanaman hias dan banyaknya ahli hingga stylist tanaman yang akan digunakan jasanya, akan ada lebih banyak pecinta tanaman yang mencoba merawat spesies yang sangat besar. "Semakin banyak orang mulai kembali ke kantor, mereka akan terinspirasi oleh tanaman yang lebih besar yang mereka lihat tumbuh subur di ruang kantor yang lebih besar itu," tambahnya.

Maryah memprediksi tanaman hias yang lebih besar seperti tanaman bird of paradise dan Ficus audrey akan populer. Pakar tanaman dan stylist Hilton Carter juga menyebut Ficus audrey sebagai tanaman yang diminati di 2022.

"Ini adalah salah satu tanaman hias seperti pohon yang dapat tumbuh hingga 50 kaki di dalam ruangan dan benar-benar mengubah ruang," kata Carter. "Meskipun itu sepupu dari fiddle-leaf fig, itu bisa tumbuh menjadi pohon besar, menjadikannya tanaman pernyataan yang benar."

Jika ingin lebih besar, tetapi tidak setinggi 50 kaki, Hilton menyarankan Ficus triangularis (tumbuh hingga delapan kaki), atau pohon Sweetheart, sebagai alternatif. Daun segitiganya yang unik diwarnai dengan garis-garis abu-abu-hijau yang tidak akan jatuh semudah sepupunya, Ficus benjamina (alias the weeping fig).

"Salah satu tanaman yang sangat saya sukai saat ini adalah Ficus triangularis, yang merupakan sepupu lain dari fiddle-leaf fig, tetapi dalam bentuk yang hampir seperti bayi dengan dedaunan beraneka ragam," katanya. Ia yakin ini akan menjadi populer di 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

2. Tanaman hias merambat dan berbunga

Seorang desainer tanaman interior, desainer lanskap, dan pemilik Dirt Queen NYC Jarema Osofsky, memperkirakan ada yang menginginkan lebih banyak warna dari tanaman pada 2022. "Saya yakin tanaman berbunga akan menjadi tren di 2022 juga dan tanaman yang merambat seperti Rhaphidophora tetrasperma, yang benar-benar memiliki kualitas pahatan saat merambat," katanya.

Tanamana ini juga memiliki daun terbelah dari Monstera deliciosa, tanaman ini akan tampak lebih apik saat diletakkan di apartemen kecil. Baru-baru ini, Jarema melapiskan anggrek ke dalam pot gantungnya untuk memperkenalkan variasi warna yang lebih luas.

Anggrek mungkin sangat sulit untuk dikerjakan, tetapi Anda benar-benar dapat merawat hampir semua tanaman. Dimulai dengan memilih tanaman yang tepat untuk ruangan.

"Aturan es batu anggrek perlu dihapuskan, karena tidak ada es batu di hutan hujan. Anda ingin meniru lingkungan alami anggrek, tempat mereka tumbuh di sudut pohon dan menggantung. Jadi, Anda ingin menyiraminya dengan saksama dan kemudian membiarkannya mengering, meniru hujan deras dan kemudian matahari yang cerah menyinari," kata Jarema.

Dengan membawa bunga dan tanaman merambat ke dalam ruangan, Anda harus menciptakan kembali apa yang Anda alami dan lihat di luar. "Anda bahkan dapat memandu tanaman merambat dengan pengait atau menggunakannya untuk membingkai jendela di rumah Anda untuk memberikan nuansa hutan," terang Jarema.

Selain tanaman merambat, Anda bisa pula memilih tanaman hias yang berbunga untuk sentuhan lebih santai. "Bunga peace lily adalah tanaman berbunga terbaik untuk pemula," kata Stephanie Watkins dari Casa Watkins Living.

"Tidak hanya damai, jika Anda memiliki ingatan sesaat dan lupa menyiram, tetapi bunga yang indah membuat tanaman ini menjadi pusat perhatian yang indah di rumah." Belum lagi, peace lily hadir dalam berbagai warna dan ukuran.

"Yang saya suka anjurkan dalam mendekorasi dengan tanaman, adalah menggunakan tanaman sebanyak mungkin," tambahnya. "Bunga peace lily tampil apik di bagian tengah meja dan sebagai dekorasi rak, dengan bonus tanaman hias berbunga dapat memberikan palet warna yang lebih besar."

 
3 dari 4 halaman

3. Pakis

Tiga dari empat ahli tanaman hias setuju Anda dapat melihat lebih banyak pakis pada 2022. Mungkin lebih banyak pohon daripada pakis, pakis pohon Australia adalah contoh utama, menurut Hilton.

"Saya suka pakis pohon Australia yang bagus," katanya. "Mereka hadir dengan baik di area dengan kelembapan tinggi, tetapi Anda dapat menciptakan kembali kelembapan itu di rumah Anda dengan pelembap udara atau dengan sering mengaburkannya. Mereka menumbuhkan batang yang bagus, menjadi lebih seperti perpaduan yang menarik antara pakis dan palem."

Faktanya, keinginan pakis akan air yang melimpah mungkin yang pada akhirnya memikat pecinta tanaman yang memilih tanaman hias yang perlu sering dirawat. Seperti yang dijelaskan Maryah, "Jika Anda mencari sesuatu yang dapat Anda pantau secara teratur karena Anda ingin tanaman itu berfungsi sebagai tanaman perawatan diri Anda, saya pikir pakis adalah pilihan yang bagus. Mereka mendapat cap buruk karena mereka agak sulit untuk dirawat. Tapi saya punya klien yang hanya punya pakis. Dan itu benar-benar proses meditatif mereka."

Jarema berpikir bahwa pakis akan menjadi besar pada 2022. "Pakis senang berada di antara satu sama lain, jadi selalu menyenangkan untuk mengumpulkan beberapa dan membangun keluarga pakis di rumah Anda. Mereka sangat menyukai kelembapan yang diciptakan bersama," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit