Sukses

Sosok Shatu Garko, Hijaber Pertama Pemenang Miss Nigeria 2021

Shatu Garko berhasil menyabet gelar Miss Nigeria 2021 dan mencetak sejarah menjadi hijaber pertama yang memenangkan kontes kecantikan ini dalam 44 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Shatu Garko berhasil menyandang gelar sebagai Miss Nigeria 2021. Perempuan yang baru menginjak usia 18 tahun ini mencetak sejarah sebagai hijaber pertama yang memenangkan kontes kecantikan ke-44 tersebut.

Dilansir dari BBC, Jumat (31/12/2021), Shatu Garko dinobatkan sebagai Miss Nigeria 2021 dalam final yang berlangsung di Landmark Center, Victoria Island, Lagos, Nigeria, 17 Desember 2021 lalu. Posisi runner-up pertama diraih Nicole Ikot dan Kasarachi Okoro keluar sebagai runner-up kedua.

Shatu Garko dimahkotai Miss Nigeria 2019 Etsanyi Tukura. Etsanyi yang berasal dari Taraba State sebelumnya meraih kemenangan di Miss Nigeria ke-43.

Berdasarkan penyelenggara kontes, Miss Nigeria 2021 dihadiahi 10 juta Naira atau setara Rp34 juta. Selain itu, pemenang juga mendapat tempat tinggal selama satu tahun di apartemen mewah, mobil baru, dan peluang menjadi brand ambassador.

Kontes kecantikan ini memberi kesempatan bagi perempuan Nigeria untuk menunjukkan keunggulan dan karakter positif setiap tahunnya. Shatu Garko mewakili wilayah Barat Laut di ajang Miss Nigeria 2021.

Dilansir dari Premium Times, ajang Miss Nigeria 2021 ini diikuti oleh ribuan pendaftar. Jumlah tersebut diperkecil menjadi 37 besar dan tambahan tiga semifinalis wildcard.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Penyelenggara

Manajer organisasi Miss Nigeria Chioma Nwigwe menyampaikan masyarakat umum berkesempatan ambil bagian dalam pemilihan kontes hingga 21 finalis masuk Bootcamp Miss Nigeria. Kini, proses tersebut telah dipangkas menjadi 18 finalis teratas yang masuk final.

Selama pidatonya, sang ratu batu menyebut ia bersemangat membuktikann bahwa agama dan budaya bukanlah penghalang mengejar impian dan mencapai apapun. Ia berjanji akan menjunjung tinggi cita-cita kontes Miss Nigeria.

Shatu Garko juga baru-baru ini menjadi model berhijab pertama yang mendapatkan pekerjaan modeling di Nigeria. Menurut biografinya di kontes ini, ia juga penyuka berkuda.

3 dari 4 halaman

Ramai Peminat

Pendiri Folio Media Group, Fidelis Anosike, penyelenggara Miss Nigeria 2021 menyampaikan visinya terkait kontes kecantikan ini. Ia bervisi menciptakan pemberdayaan nasional dan panutan yang akan menjadi inspirasi bagi anak perempuan.

Creative Director Miss Nigeria sekaligus Miss Nigeria 2013 Ezinne Akudo, juga mengungkapkan bahwa seleksi tahun ini lebih sengit dengan tuntutan yang lebih besar. Akudo melanjutkan hal tersebut merujuk pada banyaknya jumlah peserta yang mendaftar kontes ini.

Sebelumnya, kontes ke-43 diselenggarakan di Eko Convention Center, Lagos dan dimenangkan Etsanyi Tukura. Ia adalah sosok pebisnis online yang menjual barang bermerek asli dari berbagai desainer dunia.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.