Sukses

Dirancang Desainer Filipina, Nigeria Menangkan Kostum Nasional Terbaik Miss Universe 2021

Di Miss Universe 2021, Okpala mengenakan kostum nasional yang terinspirasi dari topeng tradisional terkenal dari suku di bagian tenggara Nigeria.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Miss Universe 2021 telah selesai digelar di Israel pada Minggu, 12 Desember 2021, waktu setempat, dengan wakil India Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Selain pemenang utama, ada juga pemilihan Kostum Nasional Terbaik.

Para kontestan Miss Universe 2021 membawa kostum nasional dengan suguhan semarak dan penuh makna. Yang menjadi pemenang adalah Miss Universe Nigeria, Maristella Okpala.

[bacajuga:Baca Juga](4175353 4737860 4737204/)

Okpala mengenakan kostum nasional yang terinspirasi dari topeng tradisional terkenal dari suku tenggara Nigeria yang disebut Mmanwa. "Mmanwa adalah kostum topeng perempuan yang dirancang untuk tujuan seremonial dan perayaan warisan budaya Nigeria yang kaya dengan memperhatikan lebih dekat kekuatan yang dimiliki perempuan," tulis Okpala dalam unggahan di akun Instagram-nya, Jumat, 10 Desember 2021.

"Saya memilih kostum spesial ini karena saya melihat refleksi diri dari tujuan saya di Mmwanwa ini yang melindungi anak-anak dan wanita dari segala bentuk pelecehan," tambahnya.

"Terakhir, kostum ini memperhatikan keinginan kuat para wanita untuk mencapai impian, entah seberapa tinggi itu, terlepas dari tantangan yang dihadapi saat mencapai tujuan yang diinginkan," lanjutnya.

Uniknya, kostum tersebut dirancang mahasiswa mode asal Filipina, Kenny Gasper. Melansir Rappler, Senin (13/12/2021), Gasper merancang kostum tersebut dari hiasan kepala manik-manik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hiasan Kepala

Lalu, ada topeng suku Mmanwa yang rumit dengan jubah belakang kuno yang berwarna-warni. Usai Okpala dinobatkan sebagai pemenang Kostum Nasional Terbaik, Gasper mengungkap rasa terima kasihnya dalam sebuah unggahan di Facebook.

"Terima kasih Tuhan atas kemenangan ini. Aku merasa terberkati," tulisnya dalam unggahan pada Senin (13/12/2021). Ini adalah kedua kalinya Gasper membuat kostum untuk ajang Miss Universe.

Saat pergelaran Miss Universe ke-69 pada Mei 2021, Gasper membuat kostum "Lioness" yang dikenakan Miss Universe Kamerun 2020 Kossinda Angeles.

3 dari 4 halaman

Pemenang Miss Universe 2021

Sementara itu, Harnaaz Sandhu berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2021, mengungguli dua kontestan lain di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan). Langkah Harnaaz dimulai ketika ia berhasil menembus posisi Top 16.

Setelahnya diumumkan Top 10 yang meloloskan wakil Aruba, Kolombia, Prancis, India, Paraguay, Filipina, Puerto Riko, Afrika Selatan, Bahama, dan Amerika Serikat. Langkah Sandhu kian melesat ketika ia menjadi salah satu nama yang dipanggil di Top 5 dan kemudian Top 3. Di Top 3, mereka mengikuti tantangan Final Question dan masing-masing diberi waktu 30 detik untuk menjawab pertanyaan yang sama.

"Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada remaja putri yang menonton tentang bagaimana menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini?" demikian bunyi pertanyaan di Final Question tersebut.

Harnaaz Sandhu menjawab pertanyaan tersebut dengan tenang sambil melihat ke arah penonton. Menurutnya, tekanan terbesar anak muda saat ini adalah percaya pada diri sendiri dan perlu membuat diri lebih baik.

"Berhenti membandingkan Anda dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia," jawabnya tegas. "Anda adalah suara Anda sendiri, saya percaya pada diri saya sendiri dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.