Sukses

Miss Universe 2021 Terselenggara di Israel, Miss Universe Filipina Dikecam karena Pakai Baju Adat Palestina

Penampilan Miss Filipina saat berkunjung ke sebuah daerah di Israel dalam rangkaian acara Miss Universe 2021 dinilai sebagai pencurian budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Miss Universe 2021 di Israel resmi berakhir dengan penobatan wakil India Harnaaz Sandhu sebagai pemegang terbaru mahkota. Ajang ini memunculkan sejumlah kontroversi bahkan sebelum terselenggara, seperti pengunduran diri wakil dari beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia, karena berlangsung di Israel.

Kontroversi lainnya dilakukan Miss Universe Filipina, Beatrice Luigi Gomez. Ia dikecam setelah mengunggah foto sedang mengenakan pakaian tradisional Palestina saat berkunjung ke sebuah daerah di Israel.

Beatrice mengungggah foto dirinya di Instagram yang tengah menyiapkan makanan dan mengenakan pakaian tradisional Palestina  bersama beberapa kontestan lain. Namun, ia menulis tagar #VisitIsrael, tanpa menyebut kata Palestina.

Unggahan pada 5 Desember 2021 itu kemudian menuai kecaman dari sejumlah pengguna media sosial. Penampilan Beatrice dinilai sebagai pencurian budaya.

"Penyelenggara Miss Universe di Israel dan kontestan memanfaatkan budaya Palestina, tanpa pengakuan dari ratusan generasi Palestina yang mewariskan identitas budaya ini," komentar seorang warganet.

Beberapa orang menuduh ajang Miss Universe dan para kontestannya "menghapus kolonialisme" dan menyebut Israel mencoba "mencuri segala sesuatu yang berhubungan dengan Palestina."

Dilansir dari The New Arab, Senin (13/12/2021), penyelenggara berharap ajang tersebut akan mempromosikan Israel sebagai tujuan wisata, walau para aktivis menyerukan untuk memboikot kontes tersebut atas pelanggaran hak asasi manusia Israel terhadap orang Palestina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Kebodohan

Warganet lain menyebut apa yang diunggah Miss Universe Filipina itu sebagai bentuk kebodohan dan pengaburan kolonialisme.

"Sehari dari kehidupan Badui Palestina, memakaiTawb atau Thobe (gamis) Palestina, menyiapkan makanan Palestina/Arab, dan mempromosikan untuk mengunjungi Israel. Jangan sampai selesai bersama Miss Universe 2021. Itu kebodohan, penindasan, dan pengapuran kolonialisme," tulis pengguna Twitter.

Bukan hanya Miss Universe Filipina, peserta lain juga menimbulkan kontroversi menjelang kompetisi. Sebuah video menunjukkan Miss Universe Thailand, Anchilee Scott-Kemmis, memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem yang kemudian memicu kemarahan warga Palestina pekan lalu.

3 dari 4 halaman

Pemenang Miss Universe 2021

Miss Universe 2021 sendiri akhirnya diraih perwakilan India, Harnaaz Sandhu. Puncak acara kontes kecantikan ke-70 ini berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021 waktu setempat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza memakaikan mahkota kemenangan pada Sandhu. Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yaitu 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan). 

Pemandu acara Miss Universe 2021 di belakang panggung, yakni Carson Kressley dan Chesley Kryst, mengungkap format kontes terdiri atas Top 16, Top 10, Top 5, Top 3, dan penganugerahan mahkota. Posisi Top 16 diduduki oleh wakil dari Prancis, Kolombia, Singapura, Panama, Puerto Riko, Bahama, Jepang, Inggris Raya, Amerika Serikat, India, Aruba, Paraguay, Filipina, Venezuela, Afrika Selatan, dan Vietnam (pilihan penggemar).

Penyanyi Jojo turut mengiringi kompetisi gaun malam para kontestan di Top 5 Miss Universe 2021. Mereka yang berhasil menembus babak ini adalah wakil India Harnaaz Sandhu, wakil Afrika Selatan Lalela Mswane, wakil Paraguay Nadia Ferreira, wakil Kolombia Valeria Ayos, dan wakil Filipina Beatrice Gomez.

4 dari 4 halaman

Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.