Sukses

Cerita Perempuan Kapok Ketagihan Smoothing, Kini Memilih Punya Rambut Keriting

Seorang perempuan mengaku mulai smoothing secara rutin sejak 20 tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa rambut lurus akan membuat penampilan lebih cantik. Rambut lurus bahkan terkesan dinilai sebagai standar kecantikan seorang wanita sehingga berbagai macam hal dilakukan agar bisa terlihat lurus, termasuk dengan smoothing.

Smoothing adalah proses meluruskan rambut dengan menggunakan obat yang mengandung keratin. Belum lama ini, seorang perempuan membagikan pengalamannya yang sempat ketagihan prosedur smoothing untuk meluruskan rambut.

Lewat unggahan di TikTok, cerita wanita dengan akun @alientimurtengah itu menjadi viral. Ia mengungkap awalnya disarankan smoothing oleh pemilik salon karena rambutnya agak ikal.

"Rambutnya dilurusin aja ya biar bagus? - pemilik sebuah salon," tulisnya sambil membagikan foto-fotonya dengan rambut lurus. Sejak 2006, ia mulai meluruskan rambut dan terus melakukannya setiap tahun.

"Akhirnya ketagihan smoothing selama 20 tahun. Makanya rambut jadi rusak dan rontok karena tiap tahun smoothing," terangnya lagi. Setelah menyadari rambutnya rusak, perempuan ini mengambil keputusan untuk berhenti smoothing. Ia membiarkan rambutnya tumbuh alami.

"Perjuangan banget untuk tahan nggak smoothing lagi. Atas keriting, bawah lurus," tulisnya lagi.

Setelah beberapa saat, perempuan ini juga memberanikan diri untuk memotong sisa rambut yang di-smoothing. Meski begitu, ia mengakui masih sempat bandel dan mencatok rambutnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampil Percaya Diri

Akhirnya, ia memberanikan diri untuk tampil dengan rambut keriting alami. "Pembelajaran: jangan ikutin omongan orang. Kamu paling tahu yang terbaik buat diri sendiri," tulisnya lagi.

"Standar kecantikan itu nggak ada," tambahnya di keterangan video. Perempuan ini juga menambahkan bahwa dirinya ditawari smoothing saat masih SD dan belum tahu cara merawat rambut. Ia juga pernah dirundung karena punya rambut mengembang.

Sejak dibagikan, curhat perempuan yang ketagihan smoothing rambut ini sudah dilihat lebih dari 1,9 juta kali dan disukai lebih dari 235 ribu kali. Tak hanya itu, warganet juga ramai memuji keputusannya untuk tampil percaya diri dengan rambut keriting miliknya.

"Mirip Millie Bobby Brown," komentar seorang warganet. "Udah curly gitu aja, lucu, lagian tetep cantik ah," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Alami

Cara meluruskan rambut secara alami sebenarnya tidak begitu sulit dipraktikkan. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan alami yang dibutuhkan atau menggunakan peralatan yang sederhana untuk perawatannya.

Berbagai bahan yang mungkin sudah terkenal baik digunakan pada rambut adalah lidah buaya, pisang, hingga minyak zaitun. Bahan-bahan alami tersebut memilki nutrisi tertentu yang baik untuk meluruskan sekaligus menyehatkan rambut. Cara meluruskan rambut secara alami ini bisa menjadi alternatif daripada melakukan smoothing atau rebonding. Kedua proses tersebut tentunya memakan biaya dan juga memerlukan perawatan rambut yang intensif agar rambut tidak rusak.

Jika ingin menggunakan lidah buaya, cukup dikemas dengan enzim yang membantu menjaga rambut halus dan lembut sambil meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahan ini menembus batang rambut, melembapkannya dan menghaluskan rambut keriting.

Panaskan seperempat cangkir minyak kelapa atau zaitun. Campurkan minyak dengan seperempat cangkir gel lidah buaya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke rambut. Biarkan selama sekitar 40 menit. Bilas dengan air dingin dan keramas dengan sampo.

4 dari 4 halaman

Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.