Sukses

3 Pelancong Dinyatakan Positif Omicron ketika Tiba di Koh Samui Thailand

Tiga penumpang dari dua negara dinyatakan positif Omicron saat tiba di Koh Samui.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Covid-19 varian baru Omicron juga terjadi di Thailand. Tiga pelancong yang baru-baru ini tiba di Teluk Pantai Koh Samui dan terdeteksi dengan penyakit tersebut.

Melansir dari laman The Thaiger, Senin, 20 Desember 2021, mereka yang terdeteksi Omicron berasal dari dua negara. Dua pelancong merupakan warga negara Inggris dan seorang pelancong dari Belgia.

Ketiganya adalah seorang wanita Inggris berusia 54 tahun, seorang pria Belgia berusia 55 tahun dan seorang pria Inggris berusia 56 tahun. Tiga kasus baru tersebut adalah yang pertama, tidak hanya untuk pulau liburan, tetapi juga yang pertama untuk provinsi Surat Thani. Ketiganya tiba Kamis lalu dengan penerbangan terpisah.

Kasus 1: Wanita Inggris berusia 54 tahun itu datang bersama suaminya. Dia sejauh ini dinyatakan negatif. Mereka tiba melalui BKK dan Bandara Singapura, dari Inggris

Kasus 2: Pria Belgia berusia 55 tahun itu juga datang dari BKK dari Belgia, melalui UEA dan Singapura.

Kasus 3: Pria Inggris berusia 56 tahun itu berasal dari Inggris dan tiba di Koh Samui dari penerbangan langsung dari Singapura.

Ketiganya tiba di Koh Samui dalam program Test and Go. Mereka dilaporkan dengan gejala "ringan" Omicron ketika mereka tiba. Sebanyak 49 awak dan penumpang lainnya telah dites setelah dinilai berisiko tinggi dari penerbangan ke pulau itu. Selanjutnya 8 orang yang menginap di hotel yang sama dengan penumpang yang terinfeksi ketika mereka tiba juga telah dites. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Ulang

Pejabat kesehatan Thailand mengatakan mereka akan menguji ulang orang-orang berisiko tinggi lagi dalam beberapa hari ke depan. Sementara itu, diskusi sedang berlangsung untuk membahas kemungkinan pembatalan skema bebas karantina Test & Go Thailand, karena meningkatnya kasus Omicron.

Tetapi, setidaknya, CCSA sedang meninjau daftar negara yang dianggap "berisiko rendah" untuk Covid-19 dan mempertimbangkan apakah akan melarang pelancong dari negara-negara "berisiko tinggi". Saat ini, wisatawan dari 63 negara berisiko rendah diizinkan masuk ke Thailand pada program Test and Go.

Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan, kementeriannya membuat proposal kepada CCSA untuk membatalkan program tersebut. Namun, yang memungkinkan pelancong yang divaksinasi dari negara-negara yang disetujui untuk memasuki Thailand, itu pun dengan isolasi satu malam ketika mereka tiba sambil menunggu hasil tes. 

 

3 dari 4 halaman

Koh Samui

Koh Samui merupakan lokasi liburan tropis yang terletak di teluk Thailand. Destinasi ini menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan pantai-pantai lain di Thailand, dilansir dari kanal Citizen Liputan6.com.

Setelah Phuket, ternyata Koh Samui menduduki posisi kedua terbesar dalam hal ukuran pulau. Sementara posisi ketiga diduduki oleh Koh Chang di provinsi Trat.

Kelebihan lainnya, destinasi ini dikelilingi oleh Taman Laut Pulau Samui dikelilingi oleh Taman Laut Nasional Angthong dan pulau-pulau di sekitarnya yang masih terjaga keasriannya. Wisatawan bisa memilih satu hari kunjungan untuk menikmati keindahan pulau tersebut.

4 dari 4 halaman

[INFOGRAFIS] Kutukan Kudeta di Negeri Gajah Putih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Koh Samui

  • travel