Sukses

Sambut Hari Ibu, Dukung ASI Berkualitas buat Ibu dan Bayi

ASI merupakan sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu di Indonesia diperingati tiap tanggal 22 Desember. Hari istimewa ini menjadi bagian penting bagi para ibu di Indonesia, khususnya kepada ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya.

Sebagai sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi maka Lancar ASI Plus DHA ingin memberikan solusi terbaik bagi setiap ibu di seluruh Indonesia untuk memperlancar serta meningkatkan kualitas produksi asi yang diberikan kepada sang buah hati.

“Sebagai produk yang telah hadir sejak tahun 1997, kami ingin para ibu yang sedang menyusui bisa memberikan ASI terbaiknya buat bayi-bayi mereka. Momentum Hari Ibu ini rasanya menjadi sangat penting untuk kembali mengingatkan manfaat ASI kepada bayi maupun para wanita yang baru memiliki bayi,” kata Yurita Tjahaja, Direktur Utama PT Mecosin Indonesia, pada launching produk Lancar ASI Plus DHA di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Yurita mengatakan pada produk terbaru Lancar ASI Plus DHA ini pihaknya masih tetap menggunakan bahan utama dari ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus). Berdasarkan riset ilmiah, ekstrak daun katuk dan DHA ini mempunyai fungsi ganda (double action) yaitu daun katuk bermanfat untuk meningkatkan air susu ibu dan DHA yang berguna untuk tumbuh kembang otak sikecil.

“Sebelum diluncurkan ke pasar, pada tahun 1995 Ekstrak Daun Katuk ( EDK ) dalam Lancar Asi ini telah dilakukan uji pra klinis berupa uji toksitas, efek lactogogum dan Farmakologi Ekstrak Daun Katuk Uji pra klinis ini merupakan kerjasama kami dengan Pokja Obat Tradisional FK UI dan Fakultas Kedokteran Hewan IPB jurusan Fisiologi dan Farmakologi,” papar Yurita.

Dalam melakukan ekspansi bisnis, Yurita juga menjelaskan pihaknya melirik segmentasi wanita menyusui berusia 25-40 tahun dengan letak geografi terbesar di wilayah sub urban. “Target utama market Lancar Asi ini masih tetap berada di wilayah Pulau Jawa,” jelasnya.

Praktisi kesehatan, Boy Abidin, Sp.OG, turut pula menjelaskan ASI ini merupakan sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi. Ia mengatakan dengan diberikannya asupan ASI ini maka bisa membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas. Selain itu, ASI dapat pula melindungi bayi dari kuman serta dapat mencegah diare dan malnutrisi.

“Di dalam ASI itu terkandung asam lemak yang bermanfaat bagi perkembangan otak, dan juga membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi,” jelas dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Makanan

Dalam kesempatan tersebut, Boy turut pula menjelaskan peranan penting DHA terhadap perkembangan otak bayi. Ia menganjurkan kepada setiap ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak esensial.

“Asam lemak rantai panjang yang paling banyak didapatkan dalam fosfolipid otak adalah AA dan DHA. Sementara DHA itu dapat diperoleh dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya sendiri,” terang Boy yang juga berprofesi sebagai konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi ini.

Boy mengatakan sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial adalah minyak kanola, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, minyak ikan, serta ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden. “Bagi ibu hamil juga bisa mendapatkan DHA ini dari suplemen khusus untuk ibu hamil yang kaya DHA,” ucapnya.

Sementara itu terkait manfaat ASI, Boy juga memaparkan hal ini bisa lebih memperkuat ikatan emosional antara ibu dan bayi. Dengan pemberian ASI yang baik dan teratur, maka dapat pula memberikan manfaat kepada sang ibu untuk terhindar dari risiko terkena kanker rahim dan payudara. “ASI ini juga penting dalam membantu ibu untuk memberi jarak terhadap kelahiran metode kontrasepsi alami,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.