Sukses

Menjelajahi Orchard Road Singapura, dari Belanja hingga Wisata di Pusat Kota

Liputan6.com, Jakarta - Orchard Road dikenal sebagai salah satu surga belanja bagi warga setempat juga turis asing. Jalanan sepanjang 2,2 kilometer tersebut sebelumnya merupakan kebun pala, gambir, hingga tanaman anggrek.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, pusat perbelanjaan pertama yang hadir di Orchard Road adalah C.K Tang Department Store pada 1958 silam. Kini, jalanan ini telah bertransformasi menjadi lokasi belanja yang masuk dalam agenda wisatawan.

Di Orchard Road, pengunjung tak hanya dapat berbelanja, tetapi juga menjelajah berbagai keseruan dari staycation hingga wisata di pusat kota. Simak rangkuman selengkapnya seperti dirangkum Singapore Tourism Board (STB) Indonesia, berikut ini.

1. Wisata Sejarah di Pusat Kota

Wisatawan juga dapat menelusuri kawasan ternama ini dengan berwisata sejarah di pusat kota. Salah satunya The Istana, kantor Presiden Republik Singapura yang terletak di 35 Orchard Road.

Gedung ini hanya buka lima hari dalam satu tahun, tepatnya acara open house yang digelar setiap hari raya dan Hari Buruh. Meski begitu, wisatawan masih tetap dapat menyaksikan kemegahan bangunan bergaya Neo-Palladia yang dahulunya adalah kediaman Gubernur Inggris di Singapura.

Informasi lebih dalam mengenai The Istana bisa didapatkan di Istana the Heritage Gallery yang terletak persis di seberang jalan. Galeri ini buka sepanjang tahun dan menjelaskan segala detail The Istana.

Berlanjut ke wisata ke Emerald Hill yang kental dengan suasana era kolonial. Kawasan yang dahulunya daerah perumahan tersebut saat ini dipenuhi kafe, restoran, hingga bar yang rumah-rumahnya tetap mempertahankan desain aslinya yaitu desain kolonial dan peranakan klasik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
 
2 dari 5 halaman

2. Menelusuri Pusat Perbelanjaan Modern

Orchard Road hadir dengan hampir 30 pusat perbelanjaan modern dari berbagai gerai merek lokal juga internasional. Bagi Anda yang akan menunaikan salat dapat berkunjung ke ke Masjid Al-Falah Orchard atau berkunjung kemusala di Wisma Atria Shopping Centre Lantai 7, Takasimaya Shopping Centre Basement 1, dan Lucky Plaza Lantai 8.

Pilihan tempat belanja seru pertama, yakni ION Orchard, sebuah mal dengan fasad gedung unik juga bergaya futuristik. Di dalamnya, ada ragam merek fesyen mewah dan ternama dan ada pula ION Art, sebuah galeri seni yang memamerkan karya seni kontemporer dan modern Asia sepanjang waktu.

Mal yang berlokasi di 2 Orchard Turn, Singapura ini juga memiliki dek obeservasi bernama ION Sky di Lantai 55 dan 56, dengan ketinggian 218 meter di atas permukaan laut. Terdapat taman dan klub yang bisa dikunjungi di lantai sembilan.

Selanjutnya adalah Orchard Central, pusat perbelanjaan yang terletak di 181 Orchard Road ini menghadirkan gerai flagship global Uniqlo dan toko serba ada Jepang Don Donki serta toko aksesoris Jepang Tokyu Hands. Pengunjung juga dapat mampir ke Art Trail dan Roof Garden yang dibuka 24 jam untuk melihat pemandangan Singapura dari ketinggian.

Pilihan lainnya, pengunjung bisa mampir ke Design Orchard, pusat perbelanjaan yang menghadirkan lebih dari 100 merek lokal Negeri Singa. Terletak di 250 Orchard Rd, rooftop Design Orchad hadir Alchemist Cafe dengan taman terbuka dan pemandangan Orchard Road langsung.

3 dari 5 halaman

3. Menikmati Sajian

STB merekomendasikan beberapa tempat makan di kawasan Orchard Road, salah satunya adalah Maki San. Di restoran ini, pengunjung dapat memilih sendiri komponen salad dan sushi yang diinginkan.

Maki San menyediakan beragam jenis sayuran, protein, dan saus sesuai selera untuk membuat sushi dan salad. Restoran ini berlokasi di Berlokasi di 8 Grange Road, Cineleisure Orchard #B1-06.

Ada pula Amazing Thai Food, restoran Thailand halal yang menyuguhkan som tum (salad pepaya muda), tom yum, dan kari ikan Thailand. Pengunjung dapat mampir ke restoran yang berada di 14 Scotts Road Far East Plaza, #01-20, Far East Plaza.

Selanjutnya adalah Carousel at Royal Plaza on Scotts Hotel, restoran buffet makan sepuasnya. Restoran yang berada di 25 Scotts Road, Royal Plaza ini menyuguhkan sajian internasional, dari Asia, Mediterania, Perancis, dan Jepang.

4 dari 5 halaman

4. Staycation

Orchard Road dan distrik sekitarnya terkenal akan hotel-hotel mewah bintang lima. Hotel-hotel ini juga mengantongi sertifikat SG Clean, sebagai tanda akan pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi kesehatan dan kenyamanan para tamu.

Pertama, Mandarin Orchard Singapore yang merupakan hotel bintang lima legendaris yang berlokasi di 333 Orchard Road. Hotel dengan 1.077 kamar dan suite ini juga menawarkan pemandangan kota yang indah.

Hotel kedua adalah The St. Regis Singapore yang terletak di 29 Tanglin Rd dan dekat dengan Singapire Botanical Garden. Terdapat 299 kamar, termasuk 21 suites eksekutif di hotel ini. Kamar-kamar di St. Regis Singapore berdesain klasik dengan sentuhan seni mewah.

Tak ketinggalan, YOTEL Singapore yang berlokasi di 366 Orchard Road. Hotel butik ini berkonsep dan berdesain modern dengan kamar yang disebut Cabin.

Ada 610 Cabin di YOTEL Singapore yang dilengkapi berbagai fasilitas canggih terkini seperti ranjang yang bisa diatur ketinggiannya, Smart TV dan techno wall (dinding dengan pengaturan cahaya), serta meja kerja yang nyaman.YOTEL juga memiliki staf robot Bernama Yoshi dan Yolanda yang siap membantu para tamu.

5. Aktivitas dan Hiburan Seru

Wisatawan dapat berkunjung ke Bounce Singapura yang berada di Cineleisure, 8 Grange Road #09-01. Destinasi ini menghadirkan taman trampolin indoor dengan area yang luas.

Pengunjung semua usia, dari balita sampai dewasa boleh bermain di arena Bounce. Fasilitas bermain di Bounce sangat beragam mulai dari ring basket untuk slam dunk, lompat tiang di arena Leap of Faith, sampai arena The Wall untuk melatih lompatan dan lari gaya bebas.

Rekomendasi selanjutnya adalah Cathay cineplex di Cineleisure Orchard, 8 Grange Rd. Bioskop legendaris Cathay Cineplex berteknologi canggih untuk membuat sensasi menonton lebih seru seperti bangku ergonomis yang bisa diatur ketinggian kakinya di Elite Club atau sofa pasangan yang empuk di Ultima.

Lalu, K Bowling Club, arena bowling yang berlokasi di 313 Orchard Road 313@Somerset, #03-27. Arena berdesain layaknya di luar angkasa dan di sini tersedia penyewaan sepatu bowling.

Selain bowling, pengunjung juga bisa bermain arcade atau game dingdong, karaoke, dan bermain dart atau tembak panah di dinding. Jika lapar, Anda dapat memesan makanan dan minuman langsung direstoran yang tersedia di K Bowling Club.

5 dari 5 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta Plus Muncul di Singapura dan Malaysia