Sukses

Menikmati Acara IdeaFest 2021 Sambil Jalan-Jalan Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Keseruan acara IdeaFest 2021 masih berlangsung hingga 28 November 2021. Gelaran ke-10 ini mengusung konsep hybrid yang dapat dinikmati pengunjung, baik secara offline di M Bloc Space Jakarta dan virtual di laman Jagat.Live.

"Akhirnya kembali mengadakan secara offline sebagai (bagian) konsep hybrid setelah dua tahun tidak bertemu secara fisik. Spiritnya masih sama sebagai platform untuk menghubungkan industri kreatif dan mengundang international speakers, kolaborator, inspirator, pemerintah, dan insan kreatif," kata co-founder IdeaFest Ben Soebiakto dalam konferensi pers virtual IdeaFest 2021, Kamis (25/11/2021).

IdeaFest 2021, dikatakan Ben, turut menyuguhkan pengalaman berbeda, yakni memungkinkan pengunjungnya jalan-jalan virtual di Jagat.Live. Inisiatif ini akan menyesuaikan waktu pengunjung hadir, yakni siang atau malam hari.

"Kalau siang hari, udara bersih dan sinar matahari masih terang. Kalau sore atau malam, lampu menyala dan langit semakin gelap. Nanti bisa masuk ke ruangan seolah-olah berada di area festival," tambahnya.

Keselarasan lainnya pada laman ini adalh sentuhan warna-warna dekorasi, keramaian, dan pemutaran musik. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan teman-teman yang hadir dengan berkirim pesan.

"Bisa create profile, bisa cari avatar, add friends, punya member card, bisa personalisasi yang hadir. Pelan-pelan jalan ke depan masuk ke area lift. Versi 1.0 kita menampilkan view 360, merasakan (situasi) kanan-kiri," ungkap Ben.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Interaksi

Di Jagat.Live, pengunjung juga bisa menikmati beragam acara yang tersedia. Bagi mereka yang punya tiket, bisa membeli tiket kegiatan secara langsung di laman tersebut.

"Jagat.Live ini penciptaannya karena pada 2020 online event kebanyakan video platform one way chatexperience-nya tidak dapat. Kita berusaha semaksimal mungkin menghadirkan interaksi," jelasnya.

Ben mengatakan, pengalaman itu juga termasuk dapat menggunakan lightstick saat menghadiri music hall. "Kami menambahkan experience interaksi, baik pembicara dan pengunjung," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Ragam Acara

IdeaFest 2021 menyuguhkan sederet acara seru. Selain conference dan talkshow, pihaknya juga bekerja sama dengan Juni Records menghadirkan IdeaFest Music Camp, mencatatkan 200 musisi baru yang ingin mendaftarkan diri.

Pihaknya membuat program kurasi bagi musisi baru untuk dibentuk dan dikembangkan. Turut digelar appreciation night untuk tokoh-tokoh kreatif terbaik di Indonesia. Ada pula puluhan komunitas lokal, serta 12 pertunjukan musik yang terbagi hingga 70 sesi.

Ada lebih dari 140 speakers dari dalam dan luar negeri yang terlibat dalam gelaran ini. Mereka adalah musisi hip hop Tablo, director, sekaligus executive producer serial Netflix, Chef's Table dan Street Food Brian McGinn, hingga Raffi Ahmad yang mendirikan Rans Entertainment.

 
4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19