Sukses

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan dalam jeruk nipis, terutama antioksidan dan vitamin C, tercatat bermanfaat baik untuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bahwa tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air, jadi tidak mengejutkan bila air sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat Anda tetap berenergi.

Dilansir Dr Health Benefits, Senin (15/11/2021), setiap orang direkomendasikan minum setidaknya dua liter cairan setiap hari. Namun, jika tidak suka dengan rasa air mineral, Anda dapat memilih alternatif untuk tetap memenuhi kebutuhan air harian.

Misalnya, jika tidak bisa minum air tanpa rasa, sedikit perasan jeruk nipis dapat membuat minuman lebih baik. Selain itu, menikmati jeruk nipis dalam air dapat memberi Anda tambahan antioksidan.

Antioksidan berguna dalam menghentikan kerusakan yang disebabkan radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain pada orang biasa, jeruk nipis juga punya manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tambahan Vitamin C

Ibu hamil umumnya mengalami efek buruk dari kekurangan vitamin C. Karena itu, mendapatkannya dari jeruk nipis tentu jadi ide bagus. Selain, konsumsinya juga bisa melengkapi suplemen vitamin sesuai rekomendasi dokter.

3 dari 8 halaman

2. Meningkatkan Pencernaan

Jus jeruk nipis dikenal menyegarkan dan meningkatkan pencernaan, di samping juga dapat mencegah penyumbatan dan mengontrol kelonggaran usus. Ini berguna karena banyak ibu hamil yang mengeluh sakit maag dan obstruksi selama periode kehamilan mereka.

4 dari 8 halaman

3. Membantu Proses Persalinan

Mengkonsumsi campuran air jeruk nipis dengan madu sejak bulan kelima kehamilan hingga persalinan dipercaya akan membuat proses melahirkan bayi jauh lebih mudah bagi ibu hamil.

5 dari 8 halaman

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang terjadi secara terus-menurus dapat memicu toksemia. Karena itu, dokter perawatan primer selalu memeriksa tekanan darah setiap kali kunjungan ibu hamil.

Jus jeruk nipis dapat membantu menurunkan denyut nadi dan melindungi kehamilan. Anda dapat memeras jeruk nipis ke dalam air dan memasukkan dua sendok makan krim tartar. Minum campuran ini sekali sehari secara berkala untuk membantu menormalkan tekanan darah Anda.

6 dari 8 halaman

5. Berguna untuk Bayi yang Belum Lahir

Anda dan bayi Anda yang belum lahir bisa mendapatkan keuntungan dengan jus jeruk nipis yang Anda konsumsi. Kadar potasium yang tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu membangun tulang pada bayi yang belum lahir, serta mendorong perkembangan sel-sel otak dan saraf.

7 dari 8 halaman

6. Mengobati Kaki Bengkak

Saat kehamilan, wanita mengalami pembengkakan di kaki atau biasa disebut edema. Mengonsumsi air jeruk nipis dipercaya bisa membantu mengurangi pembengkakan. Caranya, cukup minum satu sendok teh air jeruk nipis dengan segelas air hangat.

8 dari 8 halaman

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.